Mar 24, 2011

Brand dan Lomba Makan

Sebuah rumah makan pasti memiliki strategi untuk merebut hati calon pelanggan dan pelanggan. Biasanya selain memberikan pelayanan dan kenyamanan yang baik pada pelanggan tentunya ada promosi – promosi yang diberikan pada pelanggannya. Ada promosi yang cukup unik dalam mempromosikan rumah makan yaitu dengan memberikan waktu kepada para pelanggan untuk memakan makanan yang sangat pedas atau makanan yang sangat banyak yang sudah disediakan oleh restaurant tersebut, tentunya ada hadiah yang diberikan bila waktu yang ditentukan tercapai.

Coba yuk kita lihat beberapa contoh yang menjadikan lombah makan sebagai bagian dari strategi promosi mereka:

1. Gokana Tepan
Melakukan promosi dengan memakan semangkuk mie yang sangat pedas dalam waktu 15 menit. Bila pelanggan mampu menghabiskan dalam waktu 15 menit, maka pelanggan tersebut tidak harus membayar bahkan mendapatkan tambahan voucher makan. Ada juga kompetisi yang dapat diikuti bila mengikuti tantangan yang diberikan oleh Gokana, yaitu dapat makan mie yang sangat pedas dengan sangat cepat. Diperkirakan waktu yang tercepat sampai dengan 2 menit. Tentu saja hadiah yang cukup besar menanti.

2. Platinum Restoran
Membuat promosi dengan menantang pelanggannya untuk memakan nasi goreng double porsi sama juga waktu yang diberikan yaitu 15 menit. Walaupun tidak pedas seperti mie ramen yang ada pada rumah makan gokana, nasi goreng Platinum ini sangat banyak. Sama halnya bila nasi goreng habis dalam 15 menit selain tidak perlu membayar, ada voucher tambahan yang didapatkan.

3. Ada juga Bakmi Ko Fei,
Membuat promo  bila mampu menghabiskan mie yang sangat besar dalam waktu 30 menit akan mendapatkan uang tunai 1 juta rupiah. Dan juga ada kompetisi bertahap dimana dicari orang yang mampu makan mie tercepat dan kategori yang lain adalah terbanyak. Pelanggan harus melakukan babak penyisihan agar bisa mengikuti kompetisi utama yang berhadiah puluhan juta rupiah.

4. Hotel Aston
Juga tidak mau ketinggalan mengikuti jejak promosi rumah makan, uniknya dari hotel ini adalah menyediakan dalam ukuran yang lebih besar, tidak seperti mie dan nasi goreng. Burger yang disediakan oleh Hotel Aston ini dalam ukuran yang sangat besar. Bila burger mampu dihabiskan dalam waktu 15 menit maka tidak perlu membayar 70000 di restoran yang memiliki standar bintang 4.
 
Nah sekarang mari kita coba sedikit diskusi mengenai strategi-strategi di atas, apa sih sebetulnya manfaat dari bentuk promosi dengan bentuk lombah makan tersebut:

1. Word of Mouth
Biasanya bila ada rumah makan yang baru dibuka, promosi yang dilakukan ke rekan – rekan adalah “ Udah coba restoran A belum? Suasanya enak loh, atau makananya enak loh.” Tetapi setelah ada promosi ini, mau ga makan 15 menit habis gratis. Efek yang diberikan pada pelanggan lebih terasa dan berbeda. Promosi dari mulut ke mulut ini lebih cepat menyebar dan akan memberikan keuntungan yang besar bagi rumah makan selain biaya promosi yang tidak terlalu mahal juga.

2. Membentuk brand positioning
Setelah dilaksanakan lomba makan seperti yang disebutkan diatas, pelanggan mungkin mengingat rumah makan tersebut dengan asosiasi makanan yang dilombahkan, gokana terkenal dengan mie ramen yang pedas. Brand gokana melekat di pelanggan sebagai rumah makan ramen pedas.

3. Potensi Pelanggan
Walaupun bila kebanyakan pelanggan dapat menyelesaikan tantangan dan tidak membayar kepada rumah makan sehingga tidak ada pemasukan, tetapi ada juga pelanggan yang ingin mencoba atau memilih menu makanan yang lain. Hal ini berarti potensi pelanggan yang akan kembali datang ke depannya.

Nah bagaiamana dengan rumah makan Anda?

Sumber : katalogpromosi.com champ-group.com
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150441565230611&set=pu.209010060610
tribunnews.com
wisataseru.com

No comments: