Posts

Showing posts from April, 2011

TaxiBike, From "Ojek" to Brand

Image
Kemarin saya menerima bbm blast dari seorang teman, seperti bbm blast-bbm blast yang sering saya terima, biasanya bbm blast ini isinya promo-promo. Tapi promo yang satu ini sempat membuat saya berhenti untuk lebih detil membaca apa yang ditawarkan. Menarik!! Kata2 itu yang terlintas di pikiran saya ketika membaca “bagian tengah” fasilitas yang ditawarkan.

Sebetulnya promo dan jenis jasa yang ditawarklan bukanlah “barang baru” bagi para marketers yang juga aktif di social media, karena saya sudah beberapa kali melihat promo ini di sebar di berbagai social media, twitter khususnya. Yang kemudian menjadi unik karena brand ini “mengemas” sebuah layanan jasa antar jemput, yang biasanya kita sebut ojek secara out of the box.

Korean Wave

Image
Korean wave ini disebut juga Hallyu wave, mengacu pada penyebaran budaya Korea Selatan di seluruh dunia. Istilah ini diciptakan di China pada pertengahan 1999 oleh jurnalis Beijing terkejut oleh popularitas yang berkembang pesat hiburan dan budaya Korea di Cina.

Tidak bisa dipungkiri, cukup banyak orang yang tertarik menonton drama Korea, mendengar music K-pop (Korean pop), makanan khas korea, pakaian khas korea, belajar berbahasa korea (hangul) bahkan brand-brand dari korea mulai merajalela di tengah krisis global ini. Bagaimana bisa? Di saat dunia mengalami krisis, Korea Selatan bangkit dan menebarkan fenomena yang berbeda. Mereka bangkit menjadi salah satu  negara paling maju di antara negara-negara Asia lainnya.

Yogya Xpress

Image
Ada sesuatu yang baru buat saya ketika berkunjung ke Ciwalk beberapa minggu lalu yaitu Yogya Xpress. Sebuah konsep  hmmm..............Bagaimana yah menjelaskannya hehe, yah kalo Anda pernah lihat Seven Eleven atau Circle K nah kita-kira seperti itulah konsep dari Yogya Epress ini, cuma mungkin bedanya (atau dalam bahasa saya anehnya) Yogya Xpress ini ada di dalam Mall yang biasanya jam operasional terbatas.

Ketika masuk ke dalamnya, terasa sekali Yogya Xpress ingin memberikan nuansa expreience yang berbeda dengan minimarket atau supermarket pada umumnya walaupun juga ga baru-baru amat sih, kalo di jakarta mungkin bentuk Yogya Xpress ini sudah cukup umum kita lihat lewat Seven Eleven, tapi yah khan itu di Jakarta, kalo di bandung mungkin ada Circle K namun tempatnya juga hanya di beberapa spot circle K.

Traditional Style Brand

Image
Seperti bisa kita amati bahwa konsep bisnis hospitality yaitu hotel, restoran dan tempat-tempat wisata  kian kembali ke style tradisional. Sebut saja tren ini di-gong-kan oleh sebuah restoran Sunda Bumbu Desa, yang kemudian diikuti begitu banyak followersnya. Hingga saat ini jadi begitu banyak pebisnis untuk memilih berstyle tradisional untuk menarik minat para konsumen.

Dari beberapa penelitian sebelumnya disebutkan bahwa semakin modern suatu kebiasaan masyarakat, maka kebutuhan mereka terhadap sesuatu yang asli/original/tradisional pun semakin besar. Karena pada dasarnya di dalam diri mereka ada satu kerinduan berinteraksi dengan identitas asli mereka, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengalami budaya tradisional itu sendiri, mis. saat mereka kecil atau saat mereka pulang kampung.

Alon-alon asal klakon!

Image
Siapa juga yang ga ingin bisnis dan brand nya berkembang? Tentu perkembangan bisnis bisa beragam, dari mulai penambahan channel distribusi sampai penambahan produk yang dijual di setiap channel distribusi.

Ide dari penulisan artikel ini didapatkan dari fenomena yang saya amati akhir-akhir ini terutama di beberapa brand pemimpin pasar bisnis gerai teh di Indonesia, yaitu Tong Tji dan 2Tang. Pertama kali mendapatkan kiriman foto di BBM group, bahwa di luar kota Tong Tji yang dari yang awalnya Cuma sekedar teh-teh saja kini menjual makanan. Bisa dibilang ini adalah bentuk pengembangan bisnis yang ia lakukan, dengan cara menambah varian makanan pada produk yang ia jual.

Dibohongi Google

Image
Setiap hari pasti saya membuka Twitter dengan tujuan utama melihat Trending Topic. Hari ini tanggal 1 April, bagi saya tidak ada yang istimewa dengan tanggal ini. Semua berjalan biasa saja di hari Jum’at ini. Iseng saya klik salah satu Trending Topic yang sedang berjalan, yaitu Gmail Motion..wah senang rasanya ada hal baru dari Gmail yang memang telah menemani hari-hari saya sejak diluncurkan pada tahap Beta di tahun 2005.

Sudah tentu, saya klik salah satu tweet yang membicarakan Gmail Motion ini, pastinya saya penasaran juga dengan link yang ada di salah satu tweet tersebut..segera saya klik dan sampailah saya pada halaman depan dari Google Motion Beta. Saya pun berpikir, “wah masih tahap Beta..jadi inget waktu Gmail masih Beta tahun 2005 yang lalu, pingin nyoba ah..Google selalu ada hal baru dan keren”. Ada tulisan “A new way to communicate Introducing Gmail Motion -- now you can control Gmail with your body.”

Brand dan Diskon

Image
Siapa yang tidak tertarik dengan SALE 70%?? Atau Diskon 80%?? Apalagi jika diskon tersebut adalah tempat atau barang yang sudah lama kita incar? Menariknya lagi, begitu mudahnya voucher diskon bisa Anda dapatkan.

Begitulah tren online shopping saat ini semakin berkembang. Bukan hanya menjual berbagai macam brand, tetapi kini voucher diskon dari berbagai merchan pun ramai dipasarkan di media online nasional.

Know Your Market and Build Your Brand

Image
Beberapa waktu yang lalu tim kami bertemu dengan salah satu pengusaha yang cukup sukses bergerak di bisnis produksi pakaian (garment). Kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini bahkan membuat kapasitas produksi yang dimiliki sudah memenuhi 100%  dari kapasitas yang ada, dan bahkan mereka kebanjiran order! Dengan klien eksisting yang merupakan brand-brand terkenal membuat pemilik bisnis merasa percaya diri untuk membuat brand sendiri, yang langsung menyasar pasar retail.

Membaca dari portfolio bisnis yang ada, terlihat bahwa semua usaha yang dilakukan akan berjalan lancar-lancar saja, coba bayangkan apa susahnya sih tinggal buka gerai di banyak toko dengan koneksi yang cukup banyak , toh secara produksi tentunya sudah sangat dikuasai dan dari segi wawasan desainpun nampak tidak sulit dalam mengikuti trend dari brand-brand besar yang mereka tangani. Namun, semua ekspektasi kemudahaan di awal tersebut nyatanya tidak seindah yang dibayangkan. Kenyataannya grafik penjualan selama 3 tahun be…

Jualan Online Part 2

Image
B. Facebook
Berjualan lewat facebook juga menjadi salah satu yang mudah untuk dilakukan. Namun perlu diperhatikan, Anda perlu membuat account name yang akan mudah di ‘approve’ orang. Sebaiknya tidak menjurus yang terlalu komersil. Misalnya Anda berjualan pakaian, nama Butik Unik akan jauh lebih baik dibandingkan Jualan Baju Online, atau Butik Murah, Pasar Murah, dll. Kemudian account facebook biasa lebih disarankan dibandingkan account fanpage, karena untuk account facebook biasa, Anda bisa melakukan aktivitas meng-add friend, sedangkan account fanpage, Anda harus menunggu orang me’like’ Anda sedangkan jika Anda belum terkenal, siapa yang me-‘like’ Anda?

Berikut contoh facebook jualan :













Tips lainnya soal facebook, Anda harus melakukan update setiap hari! Dari mulai wall post, apalagi foto-foto produk Anda. Foto produk pun harus dibuat menarik!

C. Forum jual beli kaskus
Siapa yang ga kenal Kaskus? Kaskus merupakan salah satu forum jual beli yang mudah untuk digunakan dan memiliki traf…

Jualan Online Part 1

Image
Dengan berkembangnya dunia online pada dasarnya siapa saja bisa menjadi pebisnis. Siapa saja bisa memulai berjualan dan siapa saja bisa meraup pasar yang begitu terbuka lebar. Pertanyaannya bagaimana? Melalui pembahasan singkat di bawah ini akan dijelaskan mengenai mengapa peluang berjualan melalui online begitu perlu untuk dimanfaatkan dan bagaimana caranya.

Mengapa peluang berjualan online begitu perlu untuk dimanfaatkan?

Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa ‘pasar’ mulai terbagi menjadi pasar offline dan pasar online. Pasar offline dapat Anda temui sehari-hari di pusat-pusat perbelanjaan, di pasar, di mall atau di kehidupan jual-beli temu muka yang kita temukan di sekeliling kita. Sedangkan pasar online ada di berbagai media online baik forum jual beli, forum diskusi, situs sosial media, atau bahkan melalui email Anda! Apakah jumlah pasar di dunia online sedikit? Jawabannya adalah tidak! Karena pasar online membuka jaringan Anda di seluruh dunia. Produk Anda bisa diakses oleh selu…

Belajar dari Brand Juara

Image
Membaca hasil survey terbaru dari perusahaan-perusahaan yang paling diminati di dunia (versi para pebisnis), sangat menarik melihat no.1 dan no. 2 nya. Menarik sekaligus sudah dapat ditebak, karena kedua perusahaan tersebut pula yang populer di satu dekade terakhir. Siapa lagi kalau bukan Apple dan Google.

Apple yang di awal tahun ini hampir membukukan profit dua kali lipat dari tahun lalu, menduduki posisi pertama perusahaan terfavorit versi para pebisnis. Apple dinilai demikian karena kemampuannya dalam menciptakan produk teknologi inovatif dan cepat. Perusahaan yang sempat mengalami penurunan pamor dari sisi nilai saham ini -dikarenakan founder sekaligus CEO populernya Steve Jobs mengundurkan diri karena sakit- tidak hanya mengambil hati dari sisi teknologinya namun dalam hal kemampuan membaca selera pasar di masa depan, bahkan dikategorikan sebagai menciptakan kebutuhan.

Dan perusahaan di nomor 2 adalah Google, yang masih menduduki sebagai peringkat 1 mesin pencari. Google yang k…