Apr 8, 2011

Brand dan Diskon














Siapa yang tidak tertarik dengan SALE 70%?? Atau Diskon 80%?? Apalagi jika diskon tersebut adalah tempat atau barang yang sudah lama kita incar? Menariknya lagi, begitu mudahnya voucher diskon bisa Anda dapatkan.

Begitulah tren online shopping saat ini semakin berkembang. Bukan hanya menjual berbagai macam brand, tetapi kini voucher diskon dari berbagai merchan pun ramai dipasarkan di media online nasional.



Merchan yang ditawarkan pun sangat lengkap dari restoran , hotel, tempat rekreasi, perawatan kecantikan, tiket entertain, kartu kredit serta alat-alat elektronik, dengan diskon gede-gedean. Jangan khawatir mengenai wilayah, karena voucher diskon bukan hanya tersebar di Jakarta, tetapi juga di kota besar lain seperti Bandung, Surabaya, Bali, Manado, Makasar, Medan, Semarang, serta Thailand dan Philipina pun ada.

Konsumen tentunya begitu dimanjakan dengan adanya media online penyedia voucher diskon ini. Begitu positifnya respon konsumen, tentunya membuat pasar bisnis media online voucher diskon semakin ‘menggairahkan’. Berbagai situs yang ‘bermain’ dibisnis ini yaitu DealKeren.com, Disdus.com, Lapar.com, evoucher.com, klikhotel.com (situs nasional mirip agoda.com), dan banyak lagi.

Dari sisi brand yang melakukan komunikasi melalui situs-situs ini, tentunya situs online penyedia voucher diskon ini bisa dijadikan salah satu jalur media komunikasi brand yang menarik, dengan pertimbangan sebagai berikut:
  • Alternatif promosi yang lebih murah dan lebih massive karena sifat media onlline yang spreadingnya biasanya jauh lebih luas dibandingkan media BTL lainnya.
  • Promo diskon besar-besaran yang dikemas secara Wah!! dan Unik ini tentunya dapat menarik perhatian calon pembeli untuk mencoba brand kita, dengan asumsi : tidak ada salahnya mencoba jika mendapat diskon yang besar-besaran.
  • Dengan besarnya online user saat ini, apalagi target market kita memang eksis di online tentu saja media ini bisa dikatakan sangat efektif untuk membangun komunikasi brand.
  • Dari sisi budget juga relatif lebih murah bagi brand kita dibandingkan menggunakan media lainnya yang mungkin secara budget lebih besar namun secara efektivitastas masih dipertanyaan. Brand mungking memberikan potongan besar sampai 50 persen, namun kemungkinan besar peluang brand tersebut dikonsumsi sangat besar dan bila teryata katakanlah jika bisnis Anda restaurant dan makannya enak ada peluang untuk WOM dan repetisi, sebanding bukan?.
  • Jenis komunikasi ini mengarahkan target market untuk mengkonsumsi brand kita (trial) sehingga dampak terhadap penjualan dapat diukur dalam waktu yang relatif lebih singkat. Pastikan saja bawah memang brand anda memiliki nilai lebih baik dari sisi product) dan layanan sesuai dengan harapan dari target market brand Anda.
Jadi, apa salahnya untuk mencoba media laternatif ini dalam membangun brand. Ingat 4M, Murah, Meria Massive serta semoga Menguntungkan hehe. (N)

Sumber gambar: lapar.com

No comments: