Apr 5, 2011

Jualan Online Part 2













B. Facebook
Berjualan lewat facebook juga menjadi salah satu yang mudah untuk dilakukan. Namun perlu diperhatikan, Anda perlu membuat account name yang akan mudah di ‘approve’ orang. Sebaiknya tidak menjurus yang terlalu komersil. Misalnya Anda berjualan pakaian, nama Butik Unik akan jauh lebih baik dibandingkan Jualan Baju Online, atau Butik Murah, Pasar Murah, dll. Kemudian account facebook biasa lebih disarankan dibandingkan account fanpage, karena untuk account facebook biasa, Anda bisa melakukan aktivitas meng-add friend, sedangkan account fanpage, Anda harus menunggu orang me’like’ Anda sedangkan jika Anda belum terkenal, siapa yang me-‘like’ Anda?

Berikut contoh facebook jualan :













Tips lainnya soal facebook, Anda harus melakukan update setiap hari! Dari mulai wall post, apalagi foto-foto produk Anda. Foto produk pun harus dibuat menarik!

C. Forum jual beli kaskus
Siapa yang ga kenal Kaskus? Kaskus merupakan salah satu forum jual beli yang mudah untuk digunakan dan memiliki traffic yang tinggi. Anda bisa membuat account terlebih dahulu kemudian masuk ke FJB (Forum Jual Beli) dan posting produk Anda di kategori yang tersedia. Bisa langsung dicoba di www.kaskus.us. Tipsnya untuk berjualan di sini, harus sering posting, bahasa judul harus menarik, dan banyak-banyak berinteraksi dengan para penghuni kaskus lainnya

D. Email marketing
Email marketing adalah pengiriman seperti brosur atau flyer atau katalog produk Anda ke database email yasng Anda miliki. Database email tentu bisa Anda mulai dari teman-teman dan keluarga Anda sendiri. Desain dari flyer/informasi/subject yang Anda tulis harus menarik! (silahkan dibaca mengenai artikel email marketing di posting blog sebelumnya)

E. Google Analytics
Yang terakhir ini bukan tools jualan, tapi tools mengukur tingkat kunjungan blog/website Anda. Hal ini penting untuk mengetahui berapa banyak orang yang berkunjung. Hasilnya dapat Anda gunakan untuk evaluasi produktivitas blog Anda dalam periode tertentu. Bagi Anda yang belum tau bagaimana cara memanfaatkannya bisa ngobrol2 dengan tim IT kami di konsultasi@creasionbrand.co.id

(sambungan dari Jualan online Part 1)

3. Bangun infrastruktur utama Anda
Setelah Anda mengetahui strategi dan media yang akan Anda gunakan, Anda perlu mengambil langkah untuk membuatnya. Buatlah account blog, facebook, kaskus dan GA!

4. Buat rencana pemasaran
Rencana pemasaran perlu Anda buat untuk menjadi pedoman pelaksanaan sehari-hari. Walaupun sehari-harinya Andalah yang mengerjakannya. Rencana pemasaran ini bersifat detail, seperti setiap harinya berapa status facebook yang perlu Anda posting, berapa kali thread yang harus Anda posting di kaskus. Berapa produk baru yang harus Anda posting per minggu, dll.

5. Lakukan dengan konsisten
Seperti halnya bisnis offline, keberhasilan sangat ditentukan dari konsistensinya. Rencana pemasaran yang telah dibuat sebelumnya perlu dilaksanakan secara konsisten. Dan dari pelaksanaan rutin tersebut kreativitas Anda perlu dikembangkan, baik dari segi interaksi dengan para calon konsumen ataupun pemanfaat tools yang digunakan.

6. Evaluasi hasil dan lakukan improvement
Dari periode tertentu Anda telah melakukannya, evaluasi kinerja, baik dari segi proses maupun hasilnya, kemudian lakukan pengembangan. Misalnya di bulan lalu Anda bisa menjual 10, berarti di bulan ini Anda harus menjual 20, bagaimana caranya Anda sendiri yang terjun langsung ke lapangan-lah yang tau celah-celahnya!

Semoga pemaparan di atas dapat membuka wacana Anda bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia online, banyak para pebisnis online yang sukses dan tidak main-main dalam meraup keuntungan, karena seperti telah disebutkan bahwa melalui online Anda bermain dengan pasar internasional. Semakin kredibel produk Anda, semakin dicari produk Anda, dan sistem Anda menunjang untuk menggarap pasar internasional tersebut, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi jutawan berikut nya

No comments: