Posts

Showing posts from March, 2011

Angry Birds: Lokomotif atau Gerbong

Image
Saat ini mayoritas pengguna ponsel, gadget dan gamers  pasti mengenal game Angry Birds buatan Rovio.  Bahkan sekarang sudah muncul versi terbarunya, yaitu Angry Birds Rio. Game ini bercerita tentang sekelompok burung yang marah karena telur-telurnya dicuri oleh sekelompok babi hijau, dan tugas kita adalah berupaya merebut kembali telur burung tersebut dari babi hijau yang berlindung di balik dinding dan atap kayu, batu, atau kaca.

Dipadu dengan puzzle yang menantang, grafis yang memikat, dan sudah pasti sensasi touchscreen pada saat memainkannya betul-betul menjadi kombinasi yang menarik bagi penyuka games, atau sekedar pelepas jenuh. Bahkan tidak sedikit yang menjadi addicted untuk menyelesaikan semua level tantangannya.

Namun, faktor utama yang mendorong kesuksesan Angry Birds tidak lain adalah kemunculan game ini bertepatan dengan trend booming iPad, PC Tablet,  dan Handphone Android. Sensasi akses antar muka pada  perangkat baru tersebut yang menggunakan sentuhan jari, seperti ge…

Brand dan Lomba Makan

Image
Sebuah rumah makan pasti memiliki strategi untuk merebut hati calon pelanggan dan pelanggan. Biasanya selain memberikan pelayanan dan kenyamanan yang baik pada pelanggan tentunya ada promosi – promosi yang diberikan pada pelanggannya. Ada promosi yang cukup unik dalam mempromosikan rumah makan yaitu dengan memberikan waktu kepada para pelanggan untuk memakan makanan yang sangat pedas atau makanan yang sangat banyak yang sudah disediakan oleh restaurant tersebut, tentunya ada hadiah yang diberikan bila waktu yang ditentukan tercapai.

Coba yuk kita lihat beberapa contoh yang menjadikan lombah makan sebagai bagian dari strategi promosi mereka:

1. Gokana Tepan
Melakukan promosi dengan memakan semangkuk mie yang sangat pedas dalam waktu 15 menit. Bila pelanggan mampu menghabiskan dalam waktu 15 menit, maka pelanggan tersebut tidak harus membayar bahkan mendapatkan tambahan voucher makan. Ada juga kompetisi yang dapat diikuti bila mengikuti tantangan yang diberikan oleh Gokana, yaitu dapat …

Diesel Brand & Be Stupid

Image
Saya senang sekali memperhatikan online campaign yang sedang dilakukan oleh brand-brand terkenal di luar negeri. Kebanyakan dari brand-brand luar ini mempunyai sebuah tagline, jargon atau statement  yang diciptakan untuk memperkuat positioningnya. Tidak sengaja saya melihat ada hal yang sangat menarik, provokatif dan juga sedikit kontoversial dari sebuah campaign (kampanye) dari sebuah fashion brand yaitu Diesel.

Kalimat-kalimat yang muncul pada video atau poster Diesel, mengungkapkan hal-hal yang merupakan sebuah perayaan atas nama kebodohan. Lucu, agak konyol sekaligus membuka pikiran kita untuk memandang berbagai hal dengan cara yang lain. Kalimat-kalimat itu muncul dengan lugas, contohnya: Smart sees what there is. Stupid sees what there could be.  Ada juga kalimat: Smart Critiques. Stupid creates.  Stupid might fail. Smart doesn’t event try. Selain itu, Smart had one good idea, and the idea was stupid. Wah..cukup tajam juga ya kalimat-kalimatnya..

Diesel baik secara online maupun …

Brand dan Ekspansi

Image
Setiap orang yang mendirikan bisnis pasti berpikir ingin mengembangkan ke pasar yang lebih luas, begitu juga dengan para pebisnis lokal saat ini. Jika Anda merupakan salah satunya, sebaiknya Anda menyimak artikel ini hingga selesai, karena banyak yang perlu Anda ketahui demi keputusan yang tepat yang akan dan perlu Anda ambil di masa yang akan datang (atau bahkan dalam waktu dekat).

Setelah sukses di wilayahnya sendiri, para pebisnis lokal pada umumnya berpikir bagaimana mengulang kesuksesannya di wilayah lain, atau dengan kata lain membuka pasar baru di wilayah lain. Jika wilayah yang kita maksud sebagai area lain yang masih 1 kota, dapat dianggap lebih mudah dibandingkan ke kota lain, karena pada umumnya karakteristik masyarakat di suatu kota cenderung homogen, dibandingkan antar kota. Hal inilah yang perlu menjadi dasar pertimbangan keputusan untuk membuka cabang di kota lain, apakah produk Anda dapat diterima atau sesuai dengan karakteristik masyarakat yang berbeda tersebut.

Mengapa…

Franchise dan Kreatifitas

Image
Saat ini alternatif bisnis paling populer adalah dengan membeli franchise. Yaitu sebuah sistem bisnis yang terlebih dulu sudah ada kemudian kita tinggal membeli sistem dan “brand” tersebut kepada si penjualnya. Memang bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sampingan atau bahkan memulai bisnis pertama kali, pilihan ini cenderung tepat, karena mempermudah Anda dalam membuat konsep produk hingga ke sistem penjualan karena semuanya sudah tersedia.

Namun jangan salah, dengan membeli franchise bukan berarti Anda tinggal ongkang-ongkang kaki terima uang.. pasalnya begitu banyak para pembeli bisnis franchise yang akhirnya harus menyerah di tengah jalan karena bisnis yang awalnya ia impikan menjadi besar dan menghasilkan banyak uang; tidak berjalan atau bahkan merugi!

Yang namanya punya bisnis, di mana-mana harus dikelola. Begitu juga dengan bisnis franchise yang Anda beli. Sebelum kita membahas mengenai tips-tips pengelolaannya, sebaiknya kita lihat beberapa langkah awal yang harus Anda perhat…

Brand dan Colokan Listrik

Image
Sebetulnya tulisan ini tidak pernah dimaksudkan untuk di tulis, kebetulan saja di sabtu pagi yang cerah minggu lalu tiba-tiba ingin menulis hal ini. Ceritanya bermula dari janji bertemu klien jam 10 pagi di sebuah mall di daerah bandung, entah ada yang sedang dipikiran, dari malam sebelumnya BB lupa di charger dan hasilnya pagi-pagi batere tinggal 1 bar. "Bos kita ketemu di IP yah" bbm saya kepada si klien, nah di sinilah ceritanya di mulai, ketika dalam perjalanan BB tiba-tiba mati, koneksi usb yang biasa digunakan charger ke laptop tertinggal di kantor, komplet dah intinya tidak bisa berkordinasi.

Buru-buru setelah sampai di IP saya mencari tempat nongkrong untuk sekalian charger BB (kebenaran ternyata di dalam tas, tidak tertinggal di kantor), dan sampailah di cafe yang terkenal yang ada di banyak kota di Indonesia. Lihat sana lihat sini, "kok ga ada colokan yah" guman saya, akhirnya setelah sibuk mencari saya tanyakan saja dengan pelayanannya, "mas ga ada…

Brand dan Re-branding

Image
Istilah rebranding tentu sudah tidak asing lagi di benak kita, terutama para marketer. Namun masih banyak lho yang tidak familiar di benak para pebisnis, terutama mereka yang masih menjalankan perusahaan dengan cara yang konvensional.

Pengalaman bertemu dengan berbagai tipe pebisnis begitu member saya masukan dan referensi pola pikir yang berbeda-beda. Untuk kategori yang saya sebutkan di atas sebagai pebisnis yang konvensional cenderung memiliki konsep pemikiran “Gini-gini aja udah cukup”. Keinginan untuk berkembang tentu ada di setiap kepala pebisnis, tapi tidak semua mau atau berani melangkah mengambil peluang perbaikan itu sendiri. Lalu dalam kelompok manakah Anda?

Ide menuliskan artikel ini muncul saat beberapa hari lalu mengunjungi counter terbaru brand produk tas yang baru saja melakukan rebranding. Tidak hanya logonya yang berganti, tapi image yang ditampilkanpun lebih dewasa dan modern, dengan konsep toko yang lebih modern dan variasi produk yang lebih beragam (seperti ada pro…

Brand, Ma Icih dan Kripik Setan

Image
Ma Icih, demikianlah salah satu brand yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan anak muda Bandung. Saya sendiri pertemuan dengan brand Ma Icih ini bisa dibilang kebetulan sekali, sewaktu ada pameran di Paris Van Java Bandung saya bersama beberapa sahabat menyempatkan diri untuk berkunjung dan tertarik dengan keramaian di sekitar daerah food stand.

Wah ada apa ini guman saya, kok ramai sekali orang yang sedang antri beli, setelah saya dekati makin bingunglah saya saat itu, loh ini orang sepertinya cuma jual Kripik Setan (yah begitulah biasa saya menyebutnya untuk nama kripik dari singkong yang digoreng kering dengan bumbu pedas". Dan ternyata memang betul Kripik setan yang dijual dengan brand Ma Icih.

Pada saat awal antri dan mencobanya sepertinya tidak ada yang istimewah dari Ma Icih ini kecuali tentu brand namenya Ma Icih yang cukup unik terdengar untuk ukuran kripik setan yang bisa didapatkan bahkan di warung-warung kecil di Bandung, namun ketika si penjual mengatakan &qu…

Social Media dan Brand

Image
"Alkisah di dalam status facebook "Halo mau nanya dong, kalo brand X bisa dibeli di mana yah?" (status facebook)............. setelah beberapa hari........ tidak ada jawaban, malah muncul status baru yang lagi-lagi promosi si brand tanpa menanggapi satupun pertanyaan yang diajukan oleh fansnya, jikapun menjawab hanya sekenanya.... dan akhirnya si fans sebel"

Apakah perlu setiap perusahaan masuk ke dalam social media (facebook, You tube, blog, twitter dsb)? Pertanyaan ini sering saya jumpai ketika bertemu dengan sahabat-sahabat ataupun klien. Pertanyaan ini sepertinya sangat mudah untuk dijawab jika kita tidak melihat strategy perusahaan secara keseluruhan dan hal-hal detail lainnya seperti SDM dan finance.Namun bila mengacuh pada salah satu pengalaman saya diatas, apakah kita akan berpikir ulang untuk masuk ke dalam social media.

Coba perhatikan beberapa perusahaan yang sudah masuk ke dalam social media, pasti akan sering kita jumpai facebooknya tidak diupdate dengan…

The Power Of @infobdg

Image
" ada yang tau dimana tempat sewa mobil ga yah?", "Ada yang tau keadaan jalan Ciumbuleuit ga yah?", "restaurant Valey no teleponnya berapa yah?" "Ada yang kenal konsultan pajak?". Coba tebak jika Anda di bandung dan bingung dengan berbagai hal dan membutuhkan informasi secepatnya kemana harus bertanya? 108? Yah mungkin jika yang dibutuhkan nomor telepon dengan nama dan alamat yang jelas, bagaimana jika pertanyaan seperti di atas yang tidak jelas informasi alamat dan nama perusahaannya? Kemana kita harus bertanya?

Entah ini suatu yang luar biasa atau memang bisa dikatakan kehebatan dunia online saat ini jika pertanyaan-pertanyaan itu muncul tiba-tiba banyak teman saya yang menjawab tanya ajah (mention) @infobdg. Luar biasa, bukan satu kali dua kali saya mendapatkan jawaban seperti ini, sampai sebegitu terkenal @infobdg ini sehingga menjadi referensi untuk semua pertanyaan seputar bandung, apapun itu.

Hal yang luar biasa berikutnya adalah hampir …

Tujuan Email Marketing. Chapter II.

Image
Pada dasarnya hanya ada dua hal yang menjadi tujuan setiap bisnis dan strategi yang dibuat, baik strategi tersebut di eksekusi secara offline maupun online, yaitu Angka penjualan (Sales) dan Ekuitas Merek (Brand Equity)

1.  Penjualan
Penjualan merupakan tujuan utama dari setiap bisnis, bahkan dapat dikatakan tidak ada kegiatan bisnis yang tidak ditujukan untuk penjualan. Perusahaan hanya akan hidup jika dapat menjual produknya baik itu yang merupakan barang, jasa ataupun infrastruktur yang dibutuhkan oleh target market-nya. Dalam hal ini, E-mail marketing merupakan media atau tools yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Ekuitas Merk (Brand Equity)
Membangun merek merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam jangka panjang karena Merek yang ekuitas mereknya sudah sangat kuat sering kali menjadi competitive advantage yang sulit disaingi oleh kompetitor-kompetitornya. Merek yang kuat dapat mendorong perusahaan untuk terus survive dan memberikan kekuatan bagi perusah…