Jan 2, 2008

BREAKAWAY BRAND

The pioneer always to be number one. Kalimat yang mengandung kebenaran tapi banyak juga menjadi suatu jebakan bagi para pioneer yang sudah terlena akan eksistensinya di dunia bisnis. Status pioneer dan didukung dengan pertumbuhan bisnis yang baik seringkali membuat perusahaan cepat menjadi puas dan melupakan bahwa pasar terus berubah dan pesaing sewaktu-waktu dapat mengambil alih singgasana yang sudah nyaman mereka duduki. Di sisi lain para pendatang baru mendapatkan peluang untuk tampil dan merebut posisi market leader yang sudah ddiduduki sebelumnya.

Kemampuan suatu perusahaan menjadi market leader tidak semata-mata hanya disebabkan perusahaan itu adalah yang pertama berdiri atau tidak, walaupun peluang untuk menjadi market leader bagi pioneer relative lebih besar mengingat kemampuan penetrasi pasar yang lebih awal, didukung dengan inovasi bisnis yang relative lebih dahulu pula. Tapi apabila suatu perusahaan melupakan pentingnya inovasi dalam bisnis mereka maka kejatuhan tinggal menunggu waktu.

Breakaway brand adalah istilah bagi perusahaan bukan pioneer yang menjadi market leader. Kondisi ini sangat lah mungkin apabila perusahaan dapat memenuhi beberpa hal berikut, antara lain adanya karakteristik unik yang dimiliki oleh perusahaan. Karakteristik yang dimaksud meliputi benefit yang ditawarkan produk kepada konsumen sehingga menciptakan suatu kebutuhan baru bagi konsumen dalam pemenuhan suatu manfaat. Diperlukan juga pembentukan positioning yang unik sehingga asosiasi tentang produk menjadi mudah dan berkesan untuk diingat dalam benak konsumen.

Kemasan juga merupakan elemen yang tidak boleh terlupakan dalam membentuk keunikan dari produk, karena kemasan adalah bagian dari produk yang dilihat dan dapat membentuk persepsi konsumen terhadap kualitas.

Setelah berbagai hal yang bersifat ”internal” terpenuhi, komunikasi yang kreatif dan efektif menjadi tahap berikutnya dalam mengukuhkan eksistensi suatu produk di pasar, sehingga profile produk yang ada beserta seluruh benefit dan keunggulannya dapat terkomunikasikan kepada masyarakat sebagai konsumennya. Iklan dapat secara significant memberikan kontribusi kepada sukses sebuah breakaway brand, kadang iklan dapat menciptakan breakaway brand.

contoh iklan yang kreatif dan dapat membangun break away brand : seluruh iklan tentang susu di Amerika menyampaikan pesan tentang kebaikan susu dan bagaimana susu dapat membangun tulang yang kuat. ”Got Milk” mengubah segalanya karena iklan ini tidak menonjolkan benefit kesehatan. Lewat kampanye ini, susu menjadi relevan sebagai partner yang tepat untuk makanan junkfood seperti peanut, butter, cookies, dan cake coklat.

Setelah produk cukup dikenal dan masyarkat sudah mulai mencari berikutnya yang harus dipersiapkan adalah distribusi, sehingga memudahkan bagi konsumen untuk memperoleh barang yang diinginkan.

Dan perlu diingat untuk menjadi breakaway brand suatu perusahaan haruslah memiliki prinsip-prinsip yang tertanam dan dilaksanakan oleh seluruh bagian perusahaan, antara lain selalu berinovasi, selalu berfikir berbeda, selalu diposisikan untuk sukses, selalu terhubung dengan audience, selalu membangun leadership.

So, The leader isn’t always pioneer those who always creating innovations.

No comments: