Skip to main content

Obsessive Corbuzier's Diet, kontroversi Marketing?

"THIS IS AN ANCIENT CHINESE SECRET that people forget and don't care...
WESTERN world has made a very money oriented business to gain money from
supplements and FAKE science and illegal drugs to make people looks good. yet they demand the people to suffer their life by dieting, and fear from lack of supplements..."

Obsessive Corbuzier's Diet (OCD), ga tahan juga buat nulis keheboaan OCD ini, bagaiamana tidak hampir setiap pembicaraan soal diet ataupun berat badan akan muncul pembahasan soal OCD saat ini, bahkan sampai orang tua saya yang tinggal di daerah pun ketika bertemu bertanya hal yang sama. Apa ini OCD, ini adalah metode diet yang diperkenalkan oleh Deddy yang hari ini saya baca di dalam ebooknya sudah di download lebih dari 2 juta ebook (wow) mungkin sudah lebih karena ini khan sudah lama dia tulis dan hebatnya lagi di ebook tersebut ditulis menurut hasil survey sudah 4 juta orang dalam 3 minggu yang melakukan OCD ini, Ruarrr biasa.

Yang menarik dan akhirnya ini menjadi pembicaraan yang sangat Hot di kalangan "per dietan" adalah metode yang dikenalkan cukup bertolak belakang dengan metode yang selama ini saya dan orang umum pahami mungkin, saya pribadi karena sejak dua tahun menerapkan pola diet dari seorang pakar di Indonesiapun cukup geleng2 kepala ketika melihat pola OCD ini, beberapa hal menurut saya cukup bertolak belakang dengan apa yang sudah saya "pahami" soal diet misalnya "tidak makan pagi jauh lebih baik daripada tidak makam malam" WOW ini bener-bener nonjok pikiran penganut diet haha, bagaimana mungkin? Yg selama ini kita pahami adalah sarapan pagi adalah hal yang sangat penting bagi program diet, sementara sarapan malam justru akan membuat berat badan pertambah, betul tidak? Nah kontroveri lainnya silahkan download dan baca ajah deh ebook nya http://www.readyforfit.com/grab-the-secret-here-download-ebook.html

OK kita bagaimana kita melihat fenomena OCD dari dari sisi marketing? Yah iyalah ini khan blog soal marketing hehe bukan soal diet, Anda mau setuju atau tidak mau di coba atau tidak itu urusan pribadi masing-masing soal dietnya, tapi saya melihat OCD ini dari sisi marketing sebuah case yang sangat menarik untuk dijadikan pembahasan, bagaimana dalam waktu singkat OCD menjadi WOM dan trending baru di perdietan Indonesia hehe. Coba yuk kita lihat beberapa alasannya.


1. Kontroversi adalah Jualan
Menrut saya ini alasan yang paling kuat "diffresiasi" dan utama mengapa OCD ini menjadi cukup heboh dan sangat kuat WOM nya karena apa yang diungkapkan dan di"tawarkan" sangat kontoversi bagi orang-orang yang biasa dengan dunia diet, No No Sarapana Pagi, Makan malam OK dan makan apa ajah no problem selama waktu jendela makan, sadis boo. Saya yang sudah menjalani aturan makan dari pakar nutrisi terkenal ajah sampe pikir-pikir mau coba haha walaupun teknik yang saya ikuti selama ini juga berhasil membuat berat badan turun 36 Kg. Siapa sih yg ga mau turun berat badan tapi bisa makan apa ajah? haha.

Ini sebetulnya sisi kontroversi yang kemudian menjadi "jualan" alasan "reaon to talk and reason to try" dari metode OCD ini walaupun sebetulnya jika sudah membaca ebooknya semua hal yang dianjurkan sangat masuk akal dan bisa dipahami secara logika. Istilah kalo Anda ingin brand Anda dibicarakan, maka buatlah sesuatu yang Talkable.

2. Free Ebook
Nah ini juga salah faktor penting yang membuat OCD ini menjadi "talk of Town" menurut saya, jika saja Ebook tersebut di jual, mungkin impactnya tidak akan sebesar sekarang karena persepsi yang akan tercipta akan mengarah pada "komersiaslisasi", namun karena "free" ini membuat seolah-olah OCD ini memang diberikan dan di sosiaslisasikan untuk kepentingan banyak orang dan siapa saja bisa belajar dari ebook tersebut lebih edannya lagi biasanya orang download ebook pasti diminta memasukkan data minimal email, namun ebookk OCD ini bahkan selain gratis langsung otomatis download tanpa perlu memasukan data sama sekali, tidak ada sisi komersialnya "pikir saya" hehe.

Ebook ini merupakan tools penting untuk menyebarkan "ide" OCD ini dan membuat OCD menjadi sangat talkable karena pengetahuan mengenai OCD ini bisa didapat secara free, kemudian dibicarakan oleh banyak orang serta disebarkan kembali oleh orang-orang yang tertarik untuk membicarakannya. Yah sederhananya ketika ingin menciptakan WOM, selain punya Topic "OCD" kita juga harus punya tools "Ebook" yang bisa membuat penyebaran informasi "pembicara" dalam jumlah massive, terbukti lebih dari 2 juta download seperti yang diinformasikan di ebooknya (bahkan harusnya sudah lebih saat ini).

3. Fakta
Orang yang berkecimpung dalam dunia diet ini "istilahnya" biasanya tipikal orang yang cukup well educated yang butuh diyakinkan secara data, karena itu di dalam ebook ini banyak sekali data fakta yang dimunculkan untuk menyakinkan bahwa metode OCD ini adalah metode yang baik itu diet, belom lagi photo-photo Deddy yang memang hmmm KEREN boo badannya karena melakukan OCD ini. Fakta bahwa kemudian banyak juga testimonial yang muncul setelah menggunakan OCD ini juga membuat spreading newsnya masih kerasa sampai saat ini.

Dalam dunia marketing, menampilkan fakta dan data adalah salah satu cara menjual yang efektif apalagi jika target market kita tipikal sangat rasional dan mendasarkan keputusannya terhadap apa yang memang sudah terbukti hasilnya.

4. Easy to use
Yah ini salah satu kelebihan dari OCD, mudah di terapkan dan sepertinya "tidak" terasa berat untuk dijalankan oleh siapapun, tidak ada penekanan yang kuat terhadap pola makan sehat apalagi olahraga haha, ini tentu sangat menyentuh "laten demand" setiap orang yang punya problem dengan berat badan yaitu bagaimana bisa kurusan tanpa "susah" payah haha.

"ah klo cuma nahan makan 16 jam sih gua bisa ajah bro, asal boleh makan yang gua pengen dan ga perlu olahraga" kira-kira beginilah komen salah satu sahabat saya wkwk. Hmm tampak salah kaprah pemikirannya tapi yah sudahlah, begitulah benak konsumen dan tentu saja konsumen selalu benar karena di tangan merekalah keputusan membeli itu ada. Dan kemudahan dalam mengkonsumsi atau menggunakan sebuah produk adalah faktor yang sangat penting bagi konsumen ketika memutuskan untuk membeli.

5. Sosial Media
Inilah enaknya jaman sekarang khususnya bagi brand yang marketnya user social media, efek viral yang sangat tinggi. Saya pribadi mengetahui OCD ini juga dari bincang-bincang di group Line dan Whataspp kantor dan relasi, sejauh kita memiliki sesuatu yang "talkable", punya "tools" yang powerfull untuk mendukung produk tersebut, maka deliver dari dua hal tersebut bisa dengan cepat menjadi viral melalui social media.

Tapi yah itu tadi, bukan tidak banyak brand yang masuk ke dalam social media, namun mungkin bisa dihitung dengan jari yang memang menjadi perbincangan dan mendorong "push to action" terhadap brand tersebut karena baik dari sisi produk ataupun konten yang ditawarkankan sama sekali tidak menarik untuk dibicarakan apalagi disebarkan

6. Deddy it Self
Yah memang suka tidak suka, nama Deddy C sudah menjual bahkan sebelum beliau meluncurkan OCD di tambah lagi yang bersangkutan memiliki program TV sendiri sehingga impact dan viral dari OCD ini bisa sangat kuat. Selain itu tentu, photo-photy body Deddy yang sudah menerapkan OCD menjadi nilai jual tersendiri, menjalankan pola OCD, olahraga secukupnya dan badan jadi 8 Packs gitu, wah siapa yg ga mau hehe.

So tertarik coba OCD? sebagai konsumen kita punya pilihan tentunya. Salam Creative Sales.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Partner

Rekomendasi Buat di Baca

Jangkrik Rambo
8 Tips Melakukan Konversi (Jualan) di Website
5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca
Calon Gubernur Gaul




Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…