Jul 31, 2012

Marketer Wajib Baca: 5 Hal yang di Cintai Wanita


Satu waktu yang paling digemari oleh kaum wanita adalah saat berbelanja, itu kenapa sering kita temui sebuah kondisi di mal atau supermarket komposisi jumlah wanita yang biasa berbelanja relatif lebih besar dari jumlah pria. Saking spesialnya beberapa mall besar menyediakan khusus area parkir Ladies Only. Hal di atas diperkuat dengan data riset Nielsen pada tahun 2010 yang menyatakan jumlah konsumen pria yang berbelanja barang konsumsi harian (fast moving consumer good) pada 2010 hanya 26% dan sisanya didominasi oleh para wanita.

Fenomena ini merupakan gambaran bahwa pasar untuk produk-produk yang dijual di mall, supermarket atau minimarket masih dikuasai kaum wanita, sehingga sangat perlu untuk para pemilik brand lebih memahami psikologi wanita dalam membeli sebuah barang. Pada artikel kali ini kita akan bahas 5 hal yang dicintai wanita ketika belanja. Mari kita bahasa satu persatu.

1.Discount
Bagi retailer ini adalah senjata pamungkas untuk menggaet konsumen wanita, di satu waktu, salah satu mal di Bandung mengadakan midnight sale, cari tempat parkir pada malam itu sangat sulit sekali, lebih hebat lagi ketika saya sudah mulai masuk ke dalam mall saya lihat begitu banyak wanita mengantri untuk berlomba-lomba berbelanja membeli berbagai hal yang mereka suka. Jadi yang namanya discount pasti sangat dicintai oleh wanita “kebanyakan”, apakah bisa mengalahkan kecintaannya pada pria? Siapa yang tahu hehe.


2.Gimmick/hadiah
Pernah tim kami mengadakan acara senam rematik yang kala itu disponsori oleh salah satu brand obat internasional, acara dimulai dengan senam pagi yang kemudian dilanjutkan dengan edukasi dari para dokter. Setelah edukasi dijalankan selama 30 menit, sesi puncaknya adalah jualan.

Luar biasa, baru dibuka meja penjualan, para ibu-ibu sudah mengantri dengan tertib dan panjang. Awalnya kita berfikir “keren ni dokter, habis diedukasi langsung pada kepelet.”Setelah 20 menit produk ludes, seluruh tim berkumpul dan menceritakan sebuah pola yang menarik saat terjadi transaksi, yaitu sekitar 80% dari ibu-ibu yang beli ketika membeli kalimat pertama yang ditanyakan adalah “mbak tas hadiahnya ada yang wana hijau ga?” hahaha ternyata mereka lebih tertarik pada gimmick/hadiah dan berebut mendapatkan antrian pertama supaya mendapatkan warna tas favorit mereka, yang memang sempat diumumkan oleh MC saat acara edukasi berlangsung dibandingkan materi tambahan yang berkaitan dengan obat yang akan mereka beli.

3.Janji Memikat
Sering sekali, kita temukan di supermarket sebuah promo yang kira-kira tertulis “harga termurah, jika ada yang lebih murah kami akan kembalikan uang Anda.”

Pada hakikatnya wanita adalah mahluk yang suka diberi sebuah janji (asal bukan janji-janji palsu ya!), ketika sebuah brand atau toko memberikan janji demikian, wanita cenderung untuk mempercayainya, dan jika memang janji itu terbukti sudah dipastikan konsumen wanita akan sangat puas dan dampaknya luar biasa, selain dia akan menjadi konsumen yang selalu membeli produk kita dia juga sudah dipastikan akan menjadi agen wom yang paling efektif di dunia.

4.Visual yang menarik
Wanita selalu ingin menjadi spesial. Ini kuncinya, oleh karena itu mereka selalu mencari berbagai hal yang menurut mereka keren, terutama untuk produk fashion, tampilan merchandiser yang bagus dan design interior toko yang bagus menarik merupakan daya tarik bagi para wanita untuk melangkahkan kakinya memasuki toko jika sedang berjalan-jalan di mall.

5.Waktu terbatas
Berdasarkan analisis data tingkat kunjungan pada sebuah departement store, diperoleh tingkat kunjungan konsumen wanita ketika mereka mengadakan program discount selama 3 hari ternyata lebih tinggi daripada ketika program discount dilakukan selama satu minggu.

Membuat waktu yang terbatas pada sebuag promo, membuat konsumen wanita yang adalah pecinta diskon semakin tertantang untuk segera berbelanja secepat-cepatnya. “Yah mumpung moodnya lagi di ubun-ubun.” Kalau kita tidak batasi ada kecenderungan mereka akan menunda belanja dan akhirnya hasrat belanja menjadi menurun dan pasti berdampak pada tingkat kunjungan yang ada. Karena perlu dipahami oleh pemilik Brand Mood/kondisi hati konsumen wanita memiliki pengaruh besar terhadap keinginan mereka untuk belanja.

Demikian 5 hal yang disukai wanita saat belanja, wanita adalah makhluk Tuhan yang mengedepankan perasaan. Jadi pahami mereka dan omset Anda akan terus bertambah seperti pada film What Women Want yang diperankan oleh Mel Gibson, Anda harus tonton ini hehe.

creative sales

sumber gambar: blog.liveclothing.com.au

No comments: