Posts

Showing posts from July, 2011

100 Creative Sales Ideas for Personal Branding

Image
Minggu ini selain artikel, kita ingin sharing 100 creative sales ideas for personal branding, yah tentu bersambung hehe agar tidak terlalu panjang dan membosankan nantinya.

Beberapa ide-ide creative sales dibawah merupakan ide-ide yang lebih banyak berhubungan dengan bisnis pemasaran jasa dan personal branding jadi mungkin kurang atau tidak relevan dengan bisnis lainnya, namun semoga ide-ide dibawah memberikan banyak inspirasi untuk kita bisa lebih berkreativitas tentunya.

Mulai yuk.

Creative Saleson Video (Youtube)
Buatlah video presentasi dimana anda menjelaskan secara singkat mengenai Anda dan produk Anda dengan bahasa yang menarik dan tampilan yang keren (Ingat konten dan konteks sangat penting). Upload kemudian video tersebut di www.youtube.com , share linknya di blog atau website sehingga kalo ada yang ingin tahu bisa menonton videonya atau website Anda dan tentu saja ke setiap prospek/ calon klien Anda kirimlah link tersebut melalui email. Coba bandingkan dengan mengirim PDF ata…

Moment Marketing

Image
Sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang, dan diakhiri dengan Hari Raya Lebaran. Indonesia memang memiliki kebiasaan yang unik di bulan Ramadhan, bahkan signifikan berbeda dengan kebiasaan di negara-negara muslim lainnya. Entah sejak kapan kebiasaan peningkatan konsumsi yang signifikan terjadi di bulan Ramadhan, dan nampaknya para brand juga memiliki andil besar dalam hal itu. Lihat saja tahun ini, 2 minggu sebelum bulan puasa, iklan brand sirup sudah mondar mandir di televisi, di hypermarket sudah tertumpuk berbagai kemasan biskuit Lebaran.

Cukup banyak produk di bulan Ramadhan memiliki potensi peningkatan penjualan, hanya beberapa produk saja yang secara kultur tidak mungkin atau mustahil meningkat (produk-produk yang tidak ada hubungannya dengan masyarakat muslim), namun sebagian besar produk memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan penjualan! Hanya saja apakah Anda siap menampung besarnya pasar yang menggembung besar di bulan Ramadhan ini?

Laki Minum ..........

Image
Kebetulan minggu lalu bersama beberapa teman kantor saya melakukan perjalan bisnis ke semarang dan yogyakarta, dasar memang orang marketing kali yah, rasanya mata ini selalu saja awas terhadap hal-hal yang berbau brand apapun itu mulai dari billboard, spanduk, warung dan sebagainya.

Ada yang menarik disepanjang perjalanan saya menuju semarang di mana cukup banyak saya melihat spanduk yang bertuliskan Laki minum ............., seperti Petani itu Laki, Laki Minum..... Extra Joss.  “wah bro lagi massive kayanya si Extra joss dengan campaign Laki nya”, celetuk sahabat saya.  Iya juga sih hampir disepanjang jalan ke jawa tersebut ada aja spanduk Extra joss ini dengan pesan “laki minum..............” yang konsisten dengan pesan campaign media lainnya.

Emotional Bonding

Image
Marketing sekarang bukan cuma sebatas advertising (iklan) doang, emang sih iklan itu perlu tapi saat ini untuk membangun brand yang ujungnya juga meningkatkan sales ya kita harus lebih inovative dan creative dalam membangun strategy pemasaran khususnya dalam menciptakana emotional bonding dengan konsumen kita.  nah pertanyaannya adalah gimana sih membangun emotional bonding dengan konsumen ditengah persaingan yang sangat hyper akhir-akhir ini?

Sedikit cerita, kita lihat yuk perusahaan Apple inc yang begitu innovative dalam menciptakan produknya, sejak tahun 2001 lalu Apple telah menjawab kebutuhan konsumennya dalam hal mendukung gaya hidup lewat diciptakannya ipod, produk pemutar music digital ini mampu menciptakan gaya hidup baru di kalangan konsumen tertutama anak muda yang memang jadi sasaran utama target pasar Apple inc karena gaya hidup anak muda kan emang music banget bahkan rata-rata dari mereka menjadikan music sebagai soundtrack hidup mereka, dengan menyediakan perangkat yan…

Brand & Metroseksual

Image
David Beckam.. Hmmm siapa yang tak kenal brand ini. Pria ini emang cocok untuk menggambarkan sosok paling sempurna untuk seorang pria. Bagaimana tidak, Beckham punya talent yang mumpumi, penampilan yang serba oke, popularitas dan ketenaran. Dan Beckham adalah icon pria metroseksual, rajin dandan tapi tetep maskulin : ) ..

Kalo kata HK, Fenomena women-Oriented Men (pria yang berorientasi wanita) ini telah berkembang secara global dan kian nyata dan icon nya memang Beckham, istilah women-Oriented Men ini bukan berarti pria yang punya kecenderungan seperti wanita dalam hal kepribadian, tetapi dalam hal menjaga penampilan. Salah satu menjaga penampilan agar tetep fresh, gagah dan sehat adalah dengan cara dandan.

Creative Sales, Credo #3 “SellingTrap”!

Image
Berbicara dengan banyak klien kami, dalam mendampingi mereka menciptakan sales yang sustainable, sebagian besar mereka hanya tefokus pada bagaimana caranya menambah jumlah konsumen. Namun pada dasarnya meningkatkan penjualan tidak hanya melulu meningkatkan jumlah konsumen, dalam hal ini menambah jumlah konsumen baru. Tapi salah satu credo creative sales yang kami gunakan, juga dengan mengoptimalkan konsumen yang telah ada (exsisting customer), agar mereka dapat memberi sumbangsih yang meningkat dari waktu ke waktu bagi perusahaan. Pola pikir bahwa meningkatkan penjualan hanya dengan menambah jumlah konsumen baru inilah yang diartikan dengan “Selling Trap” dalam artikel ini.

Sumbangsih yang meningkat bisa dari 3 cara, yaitu membeli lebih banyak (dalam satu waktu pembelian), membeli lebih sering atau merekomendasikan kepada orang lain, agar tercipta konsumen baru. Namun semua usaha di atas yang dapat meningkatkan penjualan perusahaan tidak bersumber pada konsumen baru tapi bahkan denga…

Advertising, Dulu dan Sekarang

Image
Coba kita ingat-ingat lagi, berapa banyak iklan yang kita temui dalam sehari? Dari mulai bangun tidur, kita mungkin sudah ketemu dengan iklan saat kita cek berita lewat BlackBerry, iPad, atau nyalain TV. Sarapan gak lengkap rasanya tanpa baca koran, bermacam iklan pun muncul di sana. Beranjak keluar rumah menuju kantor atau sekolah, yang punya mobil gak jarang nyalain radio buat mendengarkan musik yang diselingi cuap-cuap penyiar dan apalagi kalau bukan iklan.

Sementara yang pada naik angkutan umum, motor, dan para komunitas sepeda, juga gak luput dari sasaran iklan. Setiap jalanan yang dilewati selalu dihiasi dengan billboard segede gaban, spanduk membentang, bahkan sampai tempelan iklan badut, sulap, musik, di tiang lampu lalu-lintas, jadi bagian dari keseharian kita sampai kita kembali ke rumah dan tidur kembali. Iklan gak pernah lepas dari kehidupan kita. Pernahkah Anda membayangkan dunia tanpa iklan?

Lionel Messi dan Dunia Kreatif

Image
Akhir-akhir ini weekend jadi kurang seru karena liga-liga sepakbola dunia baru aja selesai. Sebagai gantinya, di sela-sela libur musim kompetisi ini kita disuguhi 3 kejuaraan yang cukup bergengsi, Euro Cup U21 yang melahirkan Spanyol sebagai juaranya, Gold Cup (dulu lebih tenar disebut Piala Concacaf) dengan juaranya Mexico, dan yang terakhir yaitu Copa America yang saat ini masih berjalan.

Copa America ini ibarat “Piala Eropa”nya untuk Amerika Latin. Tentunya kejuaraan ini jadi ajang bergengsi bagi negara-negara Amerika Latin untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik. Bicara Amerika Latin, apalagi sepakbola, ya pasti ngga bisa jauh-jauh dari Brazil dan Argentina. Diantara negara-negara Amerika Latin lainnya, tentu 2 negara ini yang menjadi pusat perhatian pecinta sepakbola dunia. Terutama kemunculan sinar baru dari sosok seorang Neymar dari Brazil, dan “bocah ajaib” Argentina dengan predikat pemain terbaik dunia selama 2 tahun berturut-turut, yaitu Lionel Messi.

Up Selling, Jual dan Jual Lagi

Image
Sebenarnya saya harus berterima kasih kepada mas yang ngeramasin saya tadi pagi di salon, karena dia saya jadi terinspirasi menulis artikel ini.

Kenapa dia bisa menginspirasi? Gimana nga, dari pertama saya duduk dan dia mulai bekerja, dia ga henti-hentinya menawarkan produk-produk tambahan dan pelengkap, dari mulai shampo : “Mbak, shamponya mau apa? Untuk kulit kering rontok, kulit kering ketombe, berminyak rontok atau berminyak ketombe?” (lalu saya jawab dengan mmhh... apa aja deh mas) “oh berminyak rontok?” (oh iya boleh) “kalau itu nambah 5000 mbak” (oh yang biasa aja deh mas) “oke”