Jul 29, 2011

100 Creative Sales Ideas for Personal Branding



Minggu ini selain artikel, kita ingin sharing 100 creative sales ideas for personal branding, yah tentu bersambung hehe agar tidak terlalu panjang dan membosankan nantinya.

Beberapa ide-ide creative sales dibawah merupakan ide-ide yang lebih banyak berhubungan dengan bisnis pemasaran jasa dan personal branding jadi mungkin kurang atau tidak relevan dengan bisnis lainnya, namun semoga ide-ide dibawah memberikan banyak inspirasi untuk kita bisa lebih berkreativitas tentunya.

Mulai yuk.

Creative Sales on Video (Youtube)
  1. Buatlah video presentasi dimana anda menjelaskan secara singkat mengenai Anda dan produk Anda dengan bahasa yang menarik dan tampilan yang keren (Ingat konten dan konteks sangat penting). Upload kemudian video tersebut di www.youtube.com , share linknya di blog atau website sehingga kalo ada yang ingin tahu bisa menonton videonya atau website Anda dan tentu saja ke setiap prospek/ calon klien Anda kirimlah link tersebut melalui email. Coba bandingkan dengan mengirim PDF atau company profile? Melalui video anda bisa lebih interaktif dan calon nasabah ataupun klien akan lebih mudah memahami apa yang anda sampaikan.
  2. Jika Anda sering melakukan presentasi atau sharing di mana pun itu, biasakanlah untuk merekam presentasi tersebut dan kemudian upload ke www.youtube.com sebagai dokumentasi dan saran promosi tentunya bagi Anda dan perusahaan.  Hal ini akan menunjukan kreadibilitas dan kemampuan Anda tentunya.
  3. Jika ada sesuatu yang baru, katakanlah sebuah isue baru, buat buru-buru buat point-point utama untuk dibahas, rekam opini, edukasi atau pandangan Anda terhadap isue tersebut di www.youtube.com kemudian sharinglah linknya melalui blog atau website atau website, website, milis, dan social media lainnya agar banyak yang menonton video Anda tersebut (ingat jika lagi hot isue orang akan cenderung tertarik untuk menontonnnya).

Creative Sales on Blog or Website
  1. Blog atau website adalah idetitas professional Anda di dunia online, maka memiliki blog atau website yang professional bukan hanya penting tapi adalah sebuah kewajiban dan kebutuhan bagi Anda untuk membangun personal branding.
  2. Pastikan apa yang Anda tawarkan (tulis, jual) adalah sesuatu yang diinginkan dan dibutuhkan oleh calon konsumen Anda atau pembaca blog atau website atau website Anda. Anda tidak akan datang ke blog atau website yang anda tidak butuhkan atau tidak menarik buat anda khan? Lha orang lainpun sama, jangan harap mau dateng ke blog atau website anda kalo isinya ga menarik dan dibutuhkan.
  3. Update blog atau website secara konsisten dengan tema-tema dan isue-isue yang menarik dan kemudian sharinglah diberbagai media seperti milis, email, social media dan sebagainya. Jadi dalam hal ini, Anda sebagai pribadi harus banyak tergabung  di berbagai social media seperti milis, group, dan juga perbanyak teman di facebook, twitter dsb. Ingat orang tidak serta merta datang ke blog atau website Anda, jadi harus anda undang atau “umpan” agar mereka mau datang ke blog atau website anda.
  4. Siapkan SDM khusus yang mengelolah blog atau website sehingga akan terus update dan dapat melakukan promosi secara konsisten jika Anda sudah mulai melihat manfaat blog atau website tersebut untuk perkembangan brand dan sales Anda. Untuk awal Anda bisa secara pribadi membangun blog atau website sendiri namun jika memang sudah berkembang buatlah tim kecil agar maintainingnya bisa lebih bagus.
  5. Gunakan Judul Blog atau website dengan headline yang menarik dan memiliki korelasi yang jelas dengan content yang ditawarkan. Ingat judul sangat penentukan apakah orang akan membaca apa yang Anda tulis di dalam Blog atau website atau website tersebut.
  6. Buat program-program yang menarik di dalam blog atau website, contoh program berhadiah. best Comment (komen terbaik dapat kaos) misalnya. Nah kemudian sebarlah linknya di berbagai social media yang Anda bergabung di dalammya agar banyak yang berkunjung ke dalam blog atau website Anda.
  7. Tampilkan testimoni di blog atau website Anda untuk memperkuat produk Anda. Nah gimana cara ngumpulin testimoninya? Makannya banyak-banyak temen di social media, minta mereka baca blog atau website Anda abis tuh minta deh komennya dan tampilkan di blog atau website, yah tentu komen-komen yang positif ajah hehe.
  8. Tanggapi  respon coment dalam setiap posting atau yang masuk ke dalam email dengan cepat dan professional. Nih penting nih, jangan sampe Anda dianggap egois, nyuruh orang baca dan berkunjung tapi ga mau nanggepi obrolan.
  9. Tambahkan traffic analysis sehingga anda bisa mengetahui dan mengevaluasi pengolahan dan strategy blog atau website Anda. Lewatin ajah kalo pusing bahasan ini, kalo pake blog atau websitespot tinggal klik ajah menu STATS, ntar liat tuh berapa pengujung harian buat jadi bahan evaluai dan susu strategi.
  10. Tawarkan pertukaran link dengan blog atau website  lainnya sehingga akan banyak kesempatan blog atau website Anda di klik dan dikunjungi. Gampangnya khan kita semua pasti punya temen yang juga punya blog atau website, yah di ajak ajah tukaran.
  11. Ikuti dan sering-sering baca blog atau website orang lain, ikulah berkomentar secara ponsitif dan jangan lupa tinggalkan link blog atau website kita agar terbaca oleh orang lain yang juga kebetulan membaca blog atau website tersebut, mana tau mereka iseng untuk melihat link Anda. Tentu komennya di blog atau website yang kira-kira sesuai dengan target market kita. Misal Anda seorang disainer graphis, mbok yah pas komen misalnnya di blog atau website nya seorang marketing manager, bisnis owner, ato blog atau website bisnis lainnya yang suatu saat butuh jasa Anda. 
  12. Tampilkan service/ product Anda secara jelas di blog atau website yang Anda buat namun ingat alasan orang untuk datang ke blog atau website adalah konten, jadi bolak-balik konten blog atau website harus menarik (misal update an artikel, analisis, e book, berita dsb) yang membuat orang terus bolah balik masuk ke dalam blog atau website.
  13. Ga usah pusing SEO dulu jika kita ingin membangun personal branding di awal, yang penting buatlah konten yang menarik dan strategi untuk share blog atau website Anda dulu sehingga orang mau terus datang dan mengenal Anda.
  14. Judul blog atau website buatlah yang memang sesuai dengan personal branding yang ingin Anda bangun, apakah judul bisa nama pribadi misal andylaw.blogspot.com? boleh ajah kenapa enggak, yang penting nanti di dalam blog atau website harus ada deskripsi tambahan misal Andylaw, personal training kungfu terpercaya di dunia hehe.
Tunggu yang lebih seru-seru diberikutnya tentang creative sales via twitter, facebook, email marketing dll

Bersambung ya biar ga kepanjangan ................................

Sumber gambar: flickr.com

No comments: