Konsumen Dalam 10 Jari

Sering kali saya mendengar komentar bahwa sosial media seperti twitter tidaklah efektif untuk digunakan sebagai tools dalam membangun bisnis apalagi meningkatkan penjualan, "twitter itu cuma untuk iseng" "Twitter itu cuma sebentar ajah impactnya dan ga terlalu penting untuk bisnis" "mana bisa jualan menggunakan twitter di bisnis ini" dan berbagai komen lainnya yang sangat meng under estimate twitter.

Saya beritahu Anda, jika Anda masih berpikir dengan pemikiran-pemikiran di atas hanya ada dua kemungkinan yang ada, pertama memang bisnis Anda tidak cocok menggunakan twitter sebagai media yang bisa digunakan untuk membangun bisnis Anda atau kedua Anda tidak mengerti bagaimana media ini bekerja sehingga bisa digunakan sebagai media untuk membantu pengembangan bisnis Anda.

Dan kalo boleh sedikit sharing, cukup banyak yang berpikir bawah twitter tidak akan memberikan impact yang positif apalagi sampai ke wilayah sales hanya karena sebetulnya yang bersangkutan tidak mengerti bagaimana cara memanfaatkannya dengan maksimal atau sometime dibeberapa kesempatan saya suka bilang "mungkin terlalu jadul dan males belajar" untuk mau mencoba mengerti.

Ok pada satu sisi saya setuju bahwa ada memang bisnis di mana twitter tidak bisa memberikan advantage atau KPI sampai wilayah sales, untuk hal ini tidak ada yang perlu dibahas, rasanya pasti betul, namun melakukan generalisasi bahwa twitter tidak bisa memberikan impact untuk bisnis adalah sesuatu pemikiran yang salah besar, mengapa?

Yah tapi karena pada kenyataannya banyak juga bisnis yang bisa besar, penjualan bisa sukses karena memanfaatkan media twitter, ambil contoh yang paling fenomenal Ma Icih, dengan media twitter produk kripik ini sukses melakukan penjualan yang konon omsetnya mencapai milirian setiap bulan atau salah satu brand di mana saya terlibat dari 0 membangun bisnisnya yaitu @NasGorMafia yang fokus berjualan nasi goreng, saya bisa bilang karena twitternya brand ini bisa berkembang menjadi besar sampai 8 cabang hanya dalam waktu 6 bulan.

Bagaimana bisa? Yah mungkin saya bisa sharing beberapa hal yang membuat media twitter bisa maksimal memberikan kontribusi pada bisnis kita bahkan sampai sales tentunya.

1. Ubah pola pikir, ini investasi bukan biaya

Yah ini mindset yang harus dibangun terlebih dahulu ketika kita memutuskan untuk menggunakan media twitter ataupun media lainnya bahwa penggunaan media ini adalah sebuah bentuk investasi yang artinya ke depannya kita punya hitungan bahwa akan terjadi nilai tambah baik dalam bentuk brand ataupun penjualan. Jika sudah punya pemikiran seperti ini kita tidak akan ragu lagi dalam menggarap sebuah media untuk membangun bisnis kita, ke depannya tinggal lihat apakah hasilnya sesuai dengan prediksi kita atau tidak.

Kebanyakan pebisnis khususnya bisnis kecil menengah melihat hal ini sebaliknya yaitu biaya yang membebani perusahaan sehingga kadang malah mikirnya "coba2" dulu, yah ga aneh kalo hasilnya akan coba-coba hehe. Misalnya Anda punya bisnis Risoles, harus beriklan di twitter dengan budget 6 juta perbulan, tentu terlihat sangat besar biayanya bukan? Nah bagaimana nanti tiba-tiba banyak yg order ingin jadi reseller? Mau buka booth dll?

Jadi soal Investasi atau biaya adalah soal bagaimana Anda punya misi dan objectives dalam memanfaatkan media twitter tentunya.

2. SDM yg capable
Dalam membangun brand dan bisnis melalui media twitter sangat penting bagi kita untuk memiliki SDM yang capable dalam mengelolah media ini karena komunikasi 2 arah pasti akan terjadi di dalamnya, selain itu pengetahuan untuk membangun konten yang sesuai juga sangat penting dalam mengarahkan agar media ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk bisnis kita.

Nah sekali lagi, berinvestasilah pada SDM, yah INVESTASI, jangan berpikir semata-mata dengan punya SDM yang gajinya juga lumayana karena requirement orangnya juga sulit menjadi sekedar cost yang membenani perusahaan, as long as SDM ini punya target kerja yang jelas dalam memberikan kontribusi mengapa tidak?

3. Beriklanlah yang konsisten
Ah bahasa saya sangat to the point yah, kalo istilah salah satu klien saya "buanglah duit secara konsisten" wkwk, apalagi jika media twitter di mana kita membuang duit secara konsisten tersebut memang menjanjikan market dengan potensi yang sangat besar.

Sebagia contoh jika market Anda anak muda bandung, pemilihan @infobdg atau @infobandung adalah sangat tepat karena media ini banyak di follow oleh anak muda, nah di sini brand kita dituntut untuk berkomunikasi secara konsisten misalnya sehari 2x selama 1 bulan untuk melihat apakah Ada impact terhadap brand kita, dan percayalah ADA jika Anda konsisten, content yang tepat dan secara strategi marketingnya juga tepat, jangan asal beriklan.

4. Bangun percakapan
Twitter adalah media dua arah sehingga sebaiknya brand tidak hanya menggunakan untuk kepentingan publikasi atau hanya beriklan, ketika ada di dalam twitter khususnya penting untuk brand membangun percakapan dengan followernya sehingga ada engage yang bisa dibangun.

Percakapan ini juga sebagai bagian dari "customer service" jika sewaktu-waktu diperlukan misalnya jika terjadi komplain atau pertanyaan dari follower kita mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan brand kita, dan juga sangat penting untuk diperhatikan adalah kecepatan respon dalam percakapan jangan sampai follower merasa ada "admin" "robot" yang ngurusin twitter kita walaupun pada kenyataan memang demikian adanya.

5. Content is a king
Yah jika tujuan Anda menggunakan media twitter adalah untuk membantu dan memberikan nilai tambah pada brand bahkan pada sampai tahap memberikan kontribusi pada penjualan maka konten adalah kuncinya. Kombinasi promosi, conversation dan layanan harus direncanakan dengan baik by schedule dan diukur secara berkala apakah memberikan dampak dan sesuai dengan tujuan kita.

Sebagai contoh jika Anda pemilik restaurant yang akan menggunakan media twitter untuk membantu Anda meningkatkan penjualan, maka Anda perlu merencanakan konsisten apa saja yang akan Anda gunakan untuk membuat konsumen terdorong untuk datang ke restaurant Anda misalnya membuat content promosi "Buka puasa, datang berdua cukup bayar 1", twitter pada 1 sisi bahkan tidak akan memberikan Anda hasil apa2 jika tidak didukung oleh kekuatan konten yang kuat, jadi recanakan dengan matang dan selalu ukur hasil dari konten yang Anda buat.

Jadi masih berpikir twitter tidak memberikan impact apa2? percayalah saya sudah menjalankannya dan banyak contoh sukses dari media ini, walaupun kesannya "sudah jadul" banget masih membicarakan twitter it's ok, yang penting hasil bukan?

Comments

Sprei Jepang said…
bisa juga dg aplikasi scheduler seperti hootsuite jika anda tak punya banyak waktu u/ nge twit

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online