Skip to main content

Google Salesmanku

Ada percakapan yang menarik beberapa waktu lalu dengan sahabat saya ketika asik kongkow di Warunk Indomie UpNormal Bandung, beliau bertanya "Bro situ khan akhir-akhir ini sering banget nolak klien, btw kok bisa yah terus ada yang kontak ke perusahaanmu padahal dari ceritamu sama sekali tidak ada bagian sales yang berkerja seperti telemarketing, sales dor to dor ataupun melakukan aktivitas yang biasa dilakukan seperti kirim proposal dan sebagainya". Hmm pertanyaan ini sebetulnya menarik juga secara yang nanya sebetulnya jagoan dalam bidang online wkwk.

Telemarketing, sales dor to dor, kirim proposal cetak, hahh jadi teringat masa-masa di mana ketika saya mendirikan perusahaan beberapa tahun silam, semua itulah yang dilakukan setiap hari ini, cari sana sini database seperti lewat internet, B2B Directory sampe buka-bukan Yellow Pages untuk sekedar mendapatkan nama dan nomor telepon kemudian di prospek melalu telemarketing, kirim proposal sampe kalo perlu di sms terlebih dahulu, senyum-senyum sendiri saya kalo inget semua itu apalagi kalo diingat-ingat semua proses itu dijalankan tidak kurang dari 4-5 orang, hasilnya? Tebak sendiri deh hehe.

Sekarang, 5 orang tersebut sudah saya gantikan dengan google, biaya hanya 1/4 nya tapi efektivitas jauh sekali untuk dibandingkan. Coba bayangkan, kalo dulu telemarketing melakukan tugasnya yg ditelepon adalah orang yang belum tentu butuh, biaya telepon bisa 2-3 juta karena yang telepon bisa jadi ke HP, bisa jadi luar kota dll dan bagus ga pake diomelin karena menelepon tanpa permisi, namun dengan google sebaliknya, kita di telepon oleh orang yang butuh dengan kita, yah catat orang yang BUTUH dgn kita.


Jadi sekarang bisa saya katakan salesman saya adalah google yang bergaji jauh lebih murah tapi memberikan saya potensi klien yang jauh lebih banyak dan prospektif. Pertanyaan apakah google bisa menjadi salesman bisnis Anda juga? tergantung jika behavior target market Anda adalah internet user mau itu barang atau jasa, menurut saya perlu dipertimbangkan untuk menghire google hehe. Nah kali ini saya ingin sharing hal yang basic banget, buat yang udah jago di lewat ajah bacaannya hehe, saya coba sharing Kalo google sebagai salesman kita, apa ajah sih jobdesc yang bisa dikerjakan oleh google untuk kita?

1. Menangkap Klien Lewat Kata
Yah ini tugas pertama yang bisa dilakukan oleh google untuk kita yaitu mendatangkan klien melalui kata, terlalu puitis yah secara keren maksudnya ADWORD hehe. Apa itu? Jadi sebuah fasilitas yang bisa diberikan google kepada kita pebisnis untuk memasang iklan di pencarian kata yang terkorelasi dengan bisnis kita secara langsung.

Misal anda butuh jasa pembuata Booth Pameran, kira-kira kemana Anda akan mencari informasinya? GOOGLE. Nah ketika kita mengetikan kata kunci misal Vendor booth Pameran nah yang akan muncul seperti gambar di samping iklan dari vendor booth www.mitra-kreasi.com (Tulisan Ad berwarna kuning) adalah iklan ADWORD. Coba bayangkan efektif sekali bukan? Orang yang akan menghubungi Anda adalah orang yang memang BUTUH jasa atau barang Anda sehingga potensi untuk clossingnya jauh lebih besar dari cara-cara traditional seperti telemarketing atau kirim proposal.

Mahal ga? Bisa saya katakan MURAH berdasarkan pengalaman yang sudah saya jalankan, karena google memberlakukan sistem Bidding jadi Anda bisa set sendiri berapa budget yang ingin Anda habiskan untuk beriklan di google yang akhir bulan bisa Anda ukur efektivitasnya.

2. Menangkap klien lewat gambar
Nah coba lihat gambar di samping, tulisan "iklan ini oleh google" adalah sebuah bentuk beriklan yang difasilitasi oleh google yang dinamakan Google Display Network, asik bukan, bayangkan brand kita bisa nampang di portal media nasional, berpeluang dilihat jutaan orang plus lagi bisa dapet pontesial klien.

Iklan google jenis ini cukup bagus apalagi kalo kita menargetkan untuk membangun awareness melalui dunia online karena tingkat keterlihatan iklannya sangat tinggi karena berbentuk visual namun memang memiilki kelemahan dari sisi hal ketajaman target seperti halnya ADWORD, jadi kembali lagi apa yang menjadi target kita dalam menggunakan Display Network Ini.

3. Menangkap Klien Lewat Kata (Versi Canggih)
Nah ini sama dengan nomor 1 namun bisa dikatakan sebagai versi canggihnya karena bukan dalam bentuk iklan tapi brand kita tampil di halaman 1 karena maksimalisasi website yang kita lakukan, istilah kerenannya SEO. Saya pribadi sih suka ga ambil pusing soal ini karena butuh biaya juga pada akhirnya, namun kalo bisa website kita di SEO dengan keyword yang berkorelasi erat dengan bisnis dan konsumen kita tentu akan sangat baik.

Sebagai contoh untuk bisnis saya di brand Consultant, karena kantor saya berlokasi di bandung maka saya instruksikan tim saya kalo orang ketik katan Brand consultant bandung maka brand saya yang harus muncul di halaman pertama. Sekali lagi hal ini penting namun saya kasih catatan SEO ini butuh biaya dan proses teknikal yang cukup ribet, jadi kalo Anda tidak punya tim dan waktu, mungkin point 1 dan 2 lebih mudah untuk dilakukan.

Menunggu buka puasa, memang bukan tulisan yang complicated namun semoga 1 persennya bisa menjadi hal yang bermanfaat dan jadi amal (-: selamat menikmati.

Nah kalo ga mau ribet ato bingung pasang iklannya coba ke sini ajah http://www.kartelmediaplacement.com/ 

Baca Popular Post Lainnya

Tingkatkan Leads dan Sales Via Affiliate Marketing
Tingkatkan Penjualan dgn Speak-Speak Dewa (SSP)
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan
Brown & Cony: Is it love?

Creasionbrand I Creative Sales & Marketing Consultant

Comments

JASA SEO said…
Tulisannya asik,

Jika teman-teman ada yang perlu dan butuh website bisnisnya untuk di SEO atau sebut saja perlu Jasa SEO, teman-teman silahkan hubungi kami atau lihat website kami..

Terima kasih,
Adi Hadiansyah (adiproject.com)

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…