Feb 14, 2014

Mainin Burung Yuk

Nah ini salah satu game paling kurang kerjaan yang cukup mewabah beberapa minggu kebelakang ini Flappy Bird, saya bukan penggemar games apalagi dimainkan di handphone, rasanya sudah lama sekali tidak nge games di handphone tapi anehnya Flappy Bird ini setelah di install bawaannya terus untuk mainkan, terus, terus dan terus sampe akhirnya bosan sendiri haha.

Ceritanya gamesnya sih sederhana, seekor burung yang terbang melewati berbagai ukuran pipa, intinya jangan sampai nabrak, nah ini masalahnya ternyata tidak semudah yang dibicarakan karena menerbangkan burung ini ternyata butuh respon jempol yang konsisten dan konsentrasi haha yang hasilnya bisa ditebak begitu nabrak pengen coba lagi sampe score berapapun yang bisa dicapai.

Fenomena merebaknya Flappy Bird ini walaupun menurut saya tidak akan lama bertahannya dari sisi marketing sesuatu yang cukup menarik untuk dibahas, begitu banyak applikasi yang bisa di download di google play namun mengapa ada yang mendorong penggunaan yang cukup massive ada juga yang berakhir cuma untuk jadi pajangan di google play, bagaimana bisa dan mengapa? Ini 1 hal, hal lainnya yang juga menarik untuk dicermati adalah bagaimana spreading Flappy Bird ini bisa cepat sekali menjadi viral dan menjadi talk of the town, rasanya ga apdol kalo ga ngomongin ini di sosmed dsb.

Nah berangkat dari 2 hal di atas, saya ingin sedikit sharing dari perspektif saya tentunya bagaimana sebuah games seperti Flappy Bird ini bisa cepat sekali menyebar, dibicarakan dan dimainkan oleh banyak orang dan bagaimana hal ini bisa dimanfaatkan oleh brand?

1. Hebatnya sosmed

Dari mana saya tahu soal Flappy Bird? Jaman sekarang ga aneh kalo jawaban yang muncul kemungkinan besar adalah berasal dari Social Media. Yah social media sudah menjelma menjadi sumber informasi yang sangat real time saat ini, hampir semua hal yang terjadi dimanapun bisa kita temukan di social media informasinya saat ini juga, tentu berbeda sekali jika bicara di jaman ketika social media belom ada dan media masih di dominasi oleh traditional media.

Social media memungkin Flappy Bird menyebar dengan demikian massivenya karena mungkin sebagian besar orang yang memainkan gamesnya akan melakukan sesuatu yang sifatnya melakukan viral seperti nge tweet, nge path dan sebagainya sehingga implikasinya membuat banyak orang lain yang juga menjadi aware dan terdorong untuk download dan memainkan games tersebut. Apa jadinya jika tidak ada social media? Haha.

Lah bagiamana bila brand saat ini tidak hadir di dalam social media? Tidak melakukan respon dan engage, tindak membangun informasi dan menyebarkannya di social media? Siap-siap game over hehe, ah terlalu berlebihan, pointnya adalah jika market Anda ada di sini maka mulailah membangun social media for your brand, tidak melulu soal jualan tentu, tapi bisa dilakukan untuk engage, komunikasi 2 arah dan mencari feedback untuk pengembangan brand.

2. Score dan Ujuk diri
Menurut saya mengapa Flappy Bird ini digandrungi oleh banyak orang setidaknya dalam term waktu yang singkat adalah soal kompetisi. Coba yang sudah main, apa yang ada dibenak Anda ketika terus memainkan Flappy Bird untuk mendapatkan score yang sangat tinggi? PAMER, so pasti. Setelah dapat score tinggi berikutnya adalah post di twitter, path, whatsapp dan sebagainya buat sekedar pamer.

Memfasilitas konsumen dalam bentuk score ini merupakan langkah yang sangat cerdas (entah di sengaja atau tidak oleh si developernya) karena dengan score Flappy Bird memberikan TOPIC untuk dijadikan ajang pembicaraan di social media dan juga memfasilitas EGO bahwa gua jago nih, konsumen mana yang tidak ingin merasa bangga ketika sudah menggunakan brand yang dia beli?

3. Sederhana dan bikin penasaran
Flappy Bird, jangan bicara graphis lah, kacau banget haha, untuk ukuran canggihnya teknologi jaman sekarang adalah sangat aneh muncul games dengan kualitas seperti ini, tapi kenyataannya? Jutaan download bahkan pendapatan pembuat gamesnya pun terhitung luar biasa, mengapa? Yah menurut saya Flappy Bird sebagai games mampu menyentuh sisi penasaran seorang konsumen, penasaran = pemasaran ditambah keserdahanaan dalam memainkan gamesnya. Simpe tinggil pencet dan burungnya terbang.

Dalam dunia yang sangat over offering dan over informasi, mudah dan bikin penasaran adalah mantra ampu dalam menciptakan sebuah campaign atau produk yang bisa diterima oleh konsumen, jadi dalam hal ini ada sebuah pelajaan yang cukup bagus bahwa sampaikanlah ke konsumen sesuatu yang mudah dimengerti dan membuat penasaran.

4. Ga mau ketinggalan
Nah ini juga sifat penting yang perlu dipahami oleh setiap brand, ketika kita bisa menciptakan sesuatu yang membuat orang "gile gua juga harus nyobain nih" maka efek viral akan segera terjadi mengapa? Karena gua ga mau ketinggalan dong, kalo orang lain coba berarti saya juga harus coba, sehingga juga sangat penting dalam dunia pemasaran menciptakan TRIAL terhadap produk kita, dengan kreativitas TRIAL ini akan menciptakan VIRAL dan ini artinya akan menciptakan orang yang akan mengkonsumsi produk kita selanjutnya.

Nah masih berpikir yang ribet-ribet untuk diberikan ke konsumen?

No comments: