Feb 24, 2014

3 Karakter Baru Konsumen dan Cara Berjualan

Perubahan tren media Internet secara langsung mendorong perubahan karakter konsumen. Terutama apabila konsumen Anda adalah kelompok akses Internet dan Media Sosialnya cukup intens.

Dari berbagai sumber, berikut adalah 3 temuan karakter baru konsumen yang dapat mempengaruhi cara Anda berjualan saat ini :

a. Efisien
Perubahan besar terjadi dulu saat generasi internet 1.0, di mana Email mendominasi berbagai kegiatan para pengguna internet. Kemudian masuk Social Messenger yang membentuk cara berkomunikasi yang sama sekali baru, lalu Social Media dan sekarang adalah Mobile Application.

Setiap harinya berpuluh-puluh hingga berates-ratus Mobile Application baru muncul di Marketplace Apps sistem operasi manapun. Sepertinya semua masalah kian akan diselesaikan oleh kehadiran Mobile Application. Dari soal keuangan, kesehatan, makanan, cinta, hiburan, apa saja you name it!

Dengan hadirnya berbagai solusi tersebut, para konsumen terlatih untuk mengkonsumsi bahkan memilih sesuatu yang paling efisien. Sesuatu yang dapat memberi mereka solusi terhadap permasalahan yang mereka alami. Bukan hanya solusi biasa, tapi solusi yang paling efisien, yang paling cepat, paling mudah paling praktis paling nyaman untuk mereka gunakan.

Begitu jengan dengan produk Anda, semakin banyaknya pilihan, kompetisi antar produk yang menawarkan fungsi yang sama, konsumen kian mencari yang paling efisien, yang dapat membantu mereka memenuhi kebutuhan.


Dengan adanya era internet, Anda tidak hanya bersaing dengan pemain lokal tapi juga dengan produk dari berbagai Negara lain, bahkan jika Anda sebuah perusahaan besar sekalipun, Anda tidak lagi hanya bersaing dengan perusahaan raksasa lainnya, tapi juga dengan pemain baru, bahkan pemula sekalipun (contoh penjual baju brand besar bersaing dengan seorang mahasiswa yang juga menjual baju di waktu luang mereka, keduanya berkompetisi melalui jaringan dan kepada konsumen yang sama).

Sudahkah Anda yakin produk Anda yang akan memenangkan persaingan? Jangan hanya berkutat di fungsi, tapi tingkatkan juga value yang bisa membawa Anda unggul untuk bersaing, dan mengambil hati konsumen Anda dengan efisien!

b. Era baru Revolusi Industri
Dengan hadirnya media Internet sebagai media utama komunikasi dan akses informasi, masyarakat di seluruh dunia telah hadir dalam business universe yang sama sekali baru.

Teknologi bukan lagi menjadi milik sekelompok orang saja. Bahkan saat ini coding, 3D printings adalah konsumsi masyarakat umum. Apa efeknya? Apa pengaruhnya bagi kita sebagai pemilik brand?

Saat ini sebagai pebisnis dan marketer, kita harus merubah pola pikir bahwa konsumen bukan lagi obyek. Konsumen bukan lagi pihak yang kita jadikan tujuan, namun dengan adanya akses informasi dan teknologi yang tak terbatas, konsumen tidak lagi dapat menjadi “consumer” tapi kapanpun mereka mau, mereka dapat menjadi “creator”.

Menghadapi hal ini, setiap produk dan value wajib melakukan review ulang, sejauh mana brand dapat memanfaatkan perubahan karakter konsumen yang berpotensi menjadi “creator”. Apakah konsumen Anda telah memiliki media yang tepat untuk dapat memberi sumbangsih opini, content atau eksistensi untuk dapat bersama Anda mengembangkan produk/brand Anda?

Jika belum, Social Media dan berbagai hal di Online Media menunggu Anda untuk dimanfaatkan, karena melalui Online Media, brand mungkin untuk menjalin interaksi dan menciptakan media agar para konsumen dapat menjadi “creator” bagi brand Anda.

c. Super-Personalized
Gen Z, mereka yang lahir di atas tahun 2000, yang saat ini menjadi segmentasi usia tertinggi di Indonesia, telah membentuk pasar mereka sendiri. Cek saja telepon genggam mereka masing-masing, nyaris tidak ada yang sama walaupun merk dan tipenya sama. Ada yang pakai casing pink, ada yang pakai stiker Hello Kitty, ada yang dengan Garskin Line, dll.

Cek juga semua postingan Instagram, Facebook atau Path mereka. Dengan asyiknya mereka mengkustomisasi segala sesuatu dengan mudah. Pada dasarnya tidak hanya Gen Z, namun gaya hidup ini juga merasuk kepada semua generasi yang aktif dalam penggunaan media internet.

Hal ini dikarenakan berbagai media populer di Online, memberikan kesempatan untuk mengkostumisasi “tampilan” para usernya. Sebut saja Twitter, Facebook, Path, Instagram, bahkan berbagai aplikasi yang kian dalam kustomisasi nya, sebut saja Drop & Roll (aplikasi membuat video untuk Instagram dengan berbagai pilihan lagu, efek, dll) atau Picmix yang menawarkan beribu-ribu pilihan stiker, efek, frame untuk foto usernya.

Selamat tinggal era template, seragam, semua sama. Selamat datang era Kustomisasi. Apakah brand atau produk Anda sudah dapat mengakomodir perubahan karakter ini? Apakah competitor Anda telah lebih dulu memanfaatkannya?

Di satu sisi, Internet Era bisa membawa Anda pada peluang yang tak terbatas. Namun di sisi lain hal ini dapat menjadi jebakan Batman bagi Anda yang menolak untuk melakukan perubahan. Dan bahayanya lagi, kondisi ini bisa saja menjadi bumerang bagi Anda yang sepertinya paham tapi tidak mendalam, atau yang sering kita dengar “menggunakan media baru dengan cara pikir lama”.

Yang bisa kita lakukan saat ini hanyalah terus memantau berbagai perubahan, melakukan studi terus menerus, baik dalam bentuk komunikasi dengan konsumen ataupun mendapatkan feedback dari konsumen. Hanya satu yang pasti dalam dunia bisnis, yaitu perubahan dan ketidakpastian! Selamat berjuang!

1 comment:

Darwin said...

Artikel yang bagus
Terutama di point Gen-Z, layak untuk dipelajari lebih dalam