Aug 22, 2014

Ide Besar = Bisnis Besar?

"Mas aku dari dulu banyak ide buat bisnis, tapi ga pernah jalan hehe, habis bingung mau di gimanain, eh kadang malah orang lain yang jalanin dan sukses ide yang kupikirkan tersebut". Di satu kesempatan lain saya pernah nge path "Damn, padahal idenya kepikir eh taunya sudah ada yang jalankan" tiba-tiba seorang teman merespon "Gua udah beberapa kali kepikir ide-ide yang akhirnya orang lain yang jalani".

IDE, rasanya setiap orang selalu punya hal ini, jika ada ungkapan "nothing new under the sun" rasanya tidak terlalu berlebihan, hanya tinggal masalah siapa yang lebih dulu menemukan/ terpikir kemudian meng EKSEKUSInya secara kreatif dan sesuai dengan keinginan pasar. Ide ide mengenai Kripik Pedas di branding mungkin sudah ada sejak dulu dan bahkan memang sudah banyak kok yang menjualnya, namun kemudian ada yang membuat Brandingnya dengan lebih baik, ide memberikan level dan kemudian mengarah ke anak muda melalui social media channel serta meledak bisnisnya, nah ini dilakukan oleh Maicih.

So bagaimana agar ide menjadi bisnis, yah menjadi big bisnis tentunya? Jadi bukan hanya sekedar ide yang terungkap, dibicarakan namun pada akhirnya malah orang lain yang menjalankan ide tersebut. Satu hal yang perlu kita selalu ingat, saat kita terpikir, percayalah ada orang lain juga yang mungkin memikirkan hal yang saya, dan kita perlu khawatir jangan-jangan orang tersebut punya ILMU dan punya kemampuan untuk ACTION.

1. How Big

Ide seperti apa yang mendorong kita untuk berani "nekad" dengan perhitungan akhirnya terjun untuk berkeja/ mengeksekusi ide tersebut? Jawabnnya ide dengan potensi yang bisa kita bayangkan untuk dicapai.

Banyak sekali orang punya ide, ratusan ide tersebar diberbagai media baik verbal maupun non verbal namun hanya sedikit yang akhirnya dikerjakan dan menjadi sebuah kesuksesan karena ide-ide tersebut baru sebatas ide yang terlintas, dibicarakan namun jarang sekali di angkakan.

Kuncinya adalah Angkakan ide tersebut, sebesar mungkin? yah sebesar mungkin jika kita bisa membayangkan dan menuliskan cara mencapainya di atas kertas secara realistis artinya ide tersebut bisa di capai. Pada konsep ini pemahaman untuk mengerti mengenai konsep revenue stream adalah penting (Baca di sini artikel mengenai revenue stream). Ingat Angkakan, beranilah bermimpi dan berkerja untuk mimpi tersebut.

2. How to Achieve
Setelah angka dan bagaimana angka tersebut dicapai maka selanjutnya adalah jabarkan bagaimana cara mencapai angka-angka yang sudah didetailkan melalui revenue stream tersebut di point 1. Misalnya Anda jualan Sosis, saat ini umur Anda 25 tahun dan melalui jualan sosis Anda ingin di umur 35 tahun ingin punya uang 10 miliar, nah buatlah jalan bagaimana cara mencapai 10 milliar tersebut detail satu per satu.

Contoh dari 10 milliar anda break cara mencapainya dalam 10 tahun melalui bisnis sosis adalah:
1. Punya warung sosis 100 melalui franchise
2. Punya pabrik sosis
3. Jualan sosis B2B (Beku)
4. Punya bisnis Properti

nah dari 4 hal ini, jabarkanlah secara detail bagaimana semua hal tersebut diatas akhirnya bisa terealisasi dan mencapai 10 milliar tersebut.Contoh mencapai punya Franchise 100 buah, nah artinya anda harus membangun brand, membuat brand Anda terkenal sehingga nanti banyak yang menghubungi Anda untuk membuka brand Anda dari sini kita bisa detailkan prosesnya mencapainya dan kita bisa merasakan dan melihat bahwa hal ini bisa direalisasikan.

Nah pada bagian ini dituntut kreativitas, ilmu bisnis dan kemampuan implementasi yang tajam untuk bisa membuat sebuah perencanaan yang detail sehingga kita bisa membuat path yang jelas tentang bagaimana mencapai apa yang kita inginkan.

Bagaimana Anda bisa memikirkan memberi level level pada kripik jika tidak memiliki ilmu marketing? Bisa tiba-tiba aja kepikiran hehe, nah inilah masalahnya berapa sering Anda tiba2 kepikiran sebuah ide pemasaran yang briliant tanpa didasari oleh ilmu? Jadi pada kontek ini sekali lagi, banyaklah belajar karena bisa jadi modifikasi ide yang ada terjadi karena kita menguasai ilmu bisnis.

3. Finally it is about action
Impian sudah punya 10 milliar dalam 10 tahun, cara mencapainya sudah dijabarkan secara detail dan terlihat sangat mungkin untuk dicapai, pertanyaan penting selanjutnya adalah KAPAN MULAI? Kita harus tetapkan waktu untuk yang TEPAT dan SPESIFIC untuk memulai rencana mencapai 10 milliar tersebut jika tidak ingin berakhir OMDO dan RENDO (Omong doang dan rencana doang).

Rencana ACTION harus diikuti dengan rencana persiapan ACTION, bagaimana itu? Siap MODAL (badan, modal dan mental) karena ini faktor yang akan menghambat action biasanya. Biasanya kebanyakan akan modal NEKAT, jalan ajahlah dulu, kadang pemikiran ini bisa saya katakan cukup SESAT apalagi jaman sekarang, tapi it's still work sometimes untuk membuat ide menjadi ACTION akhirnya.

Akhirnya apakah dengan semua hal di atas ide kita akan sukses? tidak ada yang menjamin, tapi setidaknya kita tahu bagaimana cara membuat ide tersebut sukses, bukan dibiarkan begitu saja atau bahkan melihat orang lain sukses dengan ide tersebut.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Partner

Rekomendasi Buat di Baca

Jangkrik Rambo
8 Tips Melakukan Konversi (Jualan) di Website
5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca
Calon Gubernur Gaul
Buy-ology, Eyang Subur dan Ritual Marketing

No comments: