Oct 22, 2012

Tempe Noah – Tak ada tempe yang abadi


“Coming soon Tempe NoahTak ada tempe yang abadi” itu sepenggal kalimat yang sempat saya baca sekilas di beberapa banner kecil yang terpasang di pohon-pohon yang berjejer di pinggiran jalan raya pasteur Bandung.

Apaan sih tempe noah ? Membaca namanya seketika saya teringat dengan nama band yang digawangi Ariel yang memang sedang beken saat ini. Setelah melihat hal itu saya pun langsung bertanya pada beberapa teman saya, “kamu tau ada tempe noah?” dan kebanyakan dari mereka merespon “hah, tempe apaan tuh?”

Ternyata tulisan yang saya lihat sekilas itu berhasil membuat saya bertanya-tanya, mencari tahu informasi dari berbagai sumber dan mengingatnya. Nah, Iklan yang semacam ini dinamakan teaser. Coba yuk kita diskusikan beberapa nilai lebih dari bentuk iklan seperti ini.


1. Mencuri Perhatian
Konsumen sudah terlalu banyak dijejali iklan di berbagai media yang berakibat konsumen kurang ngeh dengan iklan tersebut, sehingga teaser ad perlu dimunculkan. Teaser ad adalah salah satu strategi yang dibuat dengan tujuan mencuri perhatian publik agar orang-orang penasaran dan mendekatkan kosumen dengan produk yang akan diluncurkan ke publik. Teaser ad tidak hanya mengkomunikasikan bahwa setelah iklan itu akan ada lanjutannya – peluncuran produk – tapi membuat teaser harus menggelitik rasa penasaran orang. Salah satunya seperti teaser yang diluncurkan KFC berikut ini :

Dengan iklan tersebut konsumen dibuat penasaran dan harus menunggu sampai pada tanggal 12 Oktober 2012, yaitu tanggal peluncuran dari produk baru KFC.

2. Word of Mouth
Teaser ini menjadikan konsumen penasaran dengan cara membiarkan mereka tertarik, terpancing isu, dan kemudian dengan sendirinya mencari tahu, hingga mempelajarinya bahkan menyebarkan rasa penasaran itu ke orang lain. Saya yang melihat iklan “tempe Noah” karena penasaran dengan sendirinya menyampaikan hal tersebut kepada teman, dan ternyata teman saya pun menanyakan hal yang sama kepada temannya yang lain.

Atau paling gampang tulisan ini, ini sudah bentuk WOM yang terjadi akibat dari “tempe noah” tersebut, di mana saya jadi membuat tulisan yang disebarkan melalui blog dan semua ini saya lakukan dengan “gratis”.

3. Mendorong Pembelian
Rasa penasaran yang diciptakan akibat dari teaser dan pembicaraan yang dilakukan oleh banyak orang biasanya akan bisa mendorong terjadinya konsumsi terhadap brand tersebut ketika diperkenalkan di pasar. Teaser KFC yang cukup massive dengan menggunakan berbagai media sebagai contoh mendorong saya dan beberapa teman untuk kemudian melakukan product trial, yah terlepas nanti mau beli lagi atau tidak sih bukan pada konteks bahasan teaser ads ini tentunya.

Jadi dengan kata lain, teaser ad yang dibuat harus mampu mendorong terjadinya “pembelian” bukan berhenti pada tahap “penasaran”...

Creative Sales #1

No comments: