7 Tips Menggoda Konsumen di Twitter


Indonesia memang bukan negara terbanyak pengguna Twitter, urutannya nomor 5 (Data januari 2012) tapi Jakarta adalah kota dengan paling banyak tweet dan Bandung di urutan ke-6 (Data Juni 2012) dibandingkan semua kota di seluruh dunia. Artinya apa? Artinya orang Jakarta (terutama) ga banyak di Twitter, tapi paling eksis :D !!! Jadi jangan suka heran kalo paling hobi nyumbang Trending Topic dari soal video porno sampai bulu mata Cherrybelle.. semua bisa jadi populer :D

Semakin banyaknya orang yang hilir mudik di Twitter bolehlah kita coba manfaatkan, jadikan mereka sebagai leads kita. Setelah kita jadikan leads tentu saja donk waktunya kita membuat mereka mau beli atau sekedar coba produk kita. Simak 7 tips praktis berikut ini yang bisa menggoda goda si target market kita yang sering keliaran di Twitter untuk lebih akrab dengan kita, jatuh cinta dengan brand kita dan akhirnya bisa membeli lebih banyak, lebih sering atau bahkan merekomendasikan ke teman-teman mereka.

1. Tunjukkan produk Anda

Jangan Cuma di profile pic doank sekali-sekali, tapi tiap hari donk kasi liat produk Anda yang menarik. Ingat ya konsumen Cuma bisa liat produk kita lewat foto, makanya jangan pelit-pelit investasi foto. Kalo mau jual risoles tapi warna fotonya aja hijau-hijau kurang cahaya karena jepret dari kamera Blackberry yang ala kadarnya, jangan harap konsumen mau ngiler dan pengen beli. Atau kalau produk kita fashion dan penyajiannya Cuma dilipat doank ga akan menarik tuh, tapi kalo jual sepatu yang pakai sepatunya kakinya mulus dan jenjang jadi beda cerita kan


2. Ceritakan dan tunjukkan cara pembuatannya

Wah... kalo konsumen mau percaya kita harus ceritakan donk proses pembuatannya. Jangan lupa story memungkinkan konsumen kita memberi value lebih dalam produk kita. Passion yang ada dalam proses pembuatan produk kita akan meningkatkan brand value kita di benak konsumen. Selain itu juga konsumen mendapatkan informasi terkait kualitas dan kesungguhan produksi kita. Kita bisa sajikan dalam bentuk Kultwit (kumpulan beberapa tweet yang berhubungan) untuk menceritakan proses produksi kita yang menarik. Jangan lupa sajikan foto2 yang menarik ya...

3. Sebarkan cerita

Punya event? Meeting kantor? Briefing tim sales di pagi hari? Sajikan dalam tweet brand Anda. Buatlah konsumen menyatu dengan brand Anda, dengan begitu mereka dapat merasa begitu dekat dan selayaknya seorang sahabat tentu kepercayaan dan kecintaan akan muncul. Buatlah sebutan yang akrab dengan para followers Anda, buat mereka menjadi bagian dari brand Anda.

4. Beri contoh produk yang sudah diimplementasikan

Contoh jika produk Anda adalah pakaian, minta konsumen Anda yang telah membeli untuk berfoto bersama produk atau jika makanan foto saat telah disajikan secara cantik di piring atau saat konsumen dengan lahap nya makan.. sajikan gambaran saat produk Anda tengah dikonsumsi, dengan begitu akan semakin menggoda jangan lupa kualitas penyajian foto yang baik ya 

5. Berikan teaser produk-produk baru Anda yang akan keluar

Semua orang suka sesuatu yang baru, apalagi jika merekalah yang pertama kali tahu. Saya sebagai pengelola salah satu akun kuliner selalu paling heboh dan pengen yang pertama ngaasi tau ke semua followers kalo ada restoran baru buka.. jangan lupa bahwa konsumen Anda adalah si media itu sendiri. Buatlah mereka menyebarkan tentang Anda. Satu-satunya cara adalah menciptakan berita menarik yang bisa mereka sebarkan. Jika Anda akan launching produk atau seri terbaru jangan lupa untuk memunculkan cuplikannya di Twitter Anda.

6. Kumpulkan testimoniaaaalllll....

Dan jangan lupa untuk mempublikasikannya.. baik dari para karyawan, partner bisnis, apalagi konsumen Anda sendiri. Carilah mereka yang telah pernah experience dengan produk Anda dan buat mereka memberi pendapat melalui twitter mereka dan minta mereka mention Twitter brand Anda, sehingga Anda bisa me-Retweet ke semua followers Anda. Apakah trigger hadiah perlu? Tentu saja konsumen Anda akan senang diberi compliment lebih.. so why not

7. Perkenalkan orang-orang behind the scene

Jangan pernah lupa social media, khususnya Twitter adalah perihal personal. Kenalkan orang-orang di belakang layar produk Anda kepada para followers, ajak mereka untuk berinteraksi menjalin conversation.

7 itu kata orang angka keberuntungan.. nah semoga 7 tips di atas bisa membawa keberhasilan buat kita.. (beruntung ga beruntung kuncinya adalah berusaha) jadi... jangan ragu untuk segera mengimplementasikannya.. dan tambahkanlah daftar 7 ini jadi 20, 50 bahkan 100 ide baru dengan bertanya ke konsumen Anda sendiri so jangan ragu untuk berdiskusi dengan konsumen Anda lewat Twitter.. because that’s how Social Media really works.

Creative Sales #1 #2

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online