Oct 10, 2012

Burger King, USP Versi Creative Sales


Temen Saya (TS): “Burger King lagi ada promo, buy one get one, udah tau blom?

Saya (S): “belom tau sih, tapi ya buy one get one, udah tau lah... paling juga banyak syarat dan ketentuannya.”

Sepenggal obrolan  tersebut diatas kemudia terlupakan sama saya dan temen saya sampai suatu saat saya beneran lewat di depan counter Burger King dan melihat poster besar dengan tulisan besar: “ Tuesday is TWO s Day” dengan ukuran besar dan dengan gambar burger khas Burger King yang juga besar terpampang di bagian depan counter di hari Selasa.

Seketika itu juga saya langsung teringat kata-kata dari temen saya yang waktu itu yang sempat memberi informasi tentang Buy 1 Get 1 promo dari Burger King. Kemudia saya langsung teringat, saat itu saya sama sekali tidak tertarik dengan promo Burger King, karena memang disampaikan sangat standar oleh teman saya dengan kata2 “Buy 1 Get 1” yang dalam persepsi saya diskon2an yang standar dan cenderung seringkali dengan syarat dan ketentuan yang cukup rumit sehingga membuat saya tidak jadi membeli.

Tapi setelah melihat penawaran dari Burger King ini ternyata saya pun tertarik dan percaya atau tidak saya pun melakukan transaksi untuk membeli. Dari penggalan singkat cerita di atas, saya coba kupas mengenai USP versir Creative Sales, apa dan bagaimana sehingga sebuah kalimat sederhana bisa membuat perbedaan besar dalam keputusan pembelian.


1. Unique Message
Sebenarnya penyampaian message “ Buy One Get One” jika di pikir sama saja dengan message “Tuesday is TWO s Day” tapi Burger King memilih untuk menampaikan nya dengan lebih unik menggunakan penyampaian pesan kemiripan bunyi pengucapan hari Selasa (Tuesday) dan hari untuk 2 orang (TWO s day), dan hal ini disadari atau tidak memiliki “stopping power” bagi yang melihatnya, walaupun secara meaning / arti sama saja dengan “Buy One Get One”

Selain itu, “ Tuesday is TWO s Day memberikan limitasi/ keterbatasan bahwa promo ini hanya bisa didapatkan pada hari selasa, sehingga rasanya “rugi” jika tidak dimanfaatkan saat itu juga hehe.

2. Strong Visual
Ada quotes yang mengatakan bahwa “gambar berbicara seribu pesan dibandingkan dengan tulisan”. Saya tidak mengatakan hal ini 100% benar, tapi memang dengan visual yang sesuai dan menarik sebenarnya pesan memang bisa tersampaikan dengan lebih gamblang, jelas, dan tentu saja menimbulkan ketertarikan bahkan keinginan untuk mencari tau lebih banyak lagi. Dalam kasus Burger King ini, buat yang melihat visual 2 buah burger besar yang melengkapi message “Tuesday is TWOs Day” tentunya akan merasa tertarik, apalagi jika yang melihatnya sedang dalam kondisi lapar :).

Btw anda sering perhatikan tidak restaurant-resturant fast food dalam presentasi visual makananannya di media apapun? Yes seolah besar, mendorong rasa lapar dan napsu makan serta membuat hati berguman “wah enak banget nih”. So kalo restaurant jaringan internasional saja melakukan ini jelas mereka sudah melakukan riset bahwa memang hal tersebut penting, jadi sometimes memang aneh jika ada restaurant yang tidak memperhatikan hal ini misalnya dengan hanya menggunakan photo yang diambil seadanya bahkan sometimes malah tidak ada photo makanannya sama sekali.

3. Push To Action
Sebuah pesan, promo ataupun penawaran sebaiknya dirancang utnuk bisa mendorong konsumen melakukanb Action secepatnya, so kombinasi dari penawaran, message, dan visual memang seharusnya menciptakan dorongan untuk melakukan pempelian saat itu juga, that’s why di beberapa kasus Push To ACTION ini menjadi sangat penting, salah satu nya dengan menggunakan Limited Offer, seperti yang dilakukan oleh Burger King, yang menetapkan bahwa pembelian Buy One Get One ini hanya bisa dilakukan pada hari Selasa (Tuesday), hal ini menyebabkan konsumen cenderung punya dorongan untuk melakukan pembelian karena hari selasa khan hanya satu kali dalam satu minggu.

Gimana dengan bisnis Anda? Sudah siap membuat USP alah creative sales dari kami? Unique Message, Strong Visual and Push To Action

Creative USP

No comments: