Skip to main content

"Rahasia Dapur” NOAH


Siapa yang tidak kenal dengan band Peterpan? sebuah band yang memilik fans based besar ini cukup diperhitungkan di industri musik tanah air khususnya masterpiece lagu-lagu yang mereka hasilkan. Nama Peterpan sempat meredup saat sang vocalis ariel dirundung kasus video “panas” yang sempat heboh dan menjadi perbincangan di internet selama beberapa bulan, hingga pada akhirnya ariel diharuskan mendekam dibalik terali besi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Dua tahun berlalu nama Peterpan hampir bisa dikatakan jarang didengar kini kembali muncul kepermukaan dengan nama baru (Noah) saat sang vokalis ariel dinyatakan bebas bersyarat dari L.P Kebon Waru beberapa waktu lalu.

Loh kok jadi kaya wartawan berita infotaiment yah? oke kita balik ke pembahasan tentang “Rahasia Dapur” Noah melalui tulisan ini saya tertarik untuk membahas mengenai bagaimana upaya dari band tersebut dalam mempertahankan eksitensinya dan berhasil membangun Noah yang akan melanjutkan kesuksesan karir mereka di industri musik menurut versi saya pribadi. Menurut pendapat saya pribadi di balik kesuksesan mereka yang berhasil mempertahankan eksistensi dan berevolusi menjadi Noah saya yakini dikarenakan sebuah skenario komunikasi yang direncanakan dengan sangat baik, nah ngobrolin tentang bagaimana strateginya kita kupas tuntas setajam silet.


1. Power Of Social Media
Kembali saya menilai Social Media merupakan aktor utama dibalik kesuksesan Peterpan (Noah). kenapa? seperti diketahui sepeninggalan sang vokali ariel yang diharuskan mendekam dibalik terali besi selama dua tahun membuat nama Peterpan  tidak lama terdengar eksistensinya di media-media cetak dan elektronik. Lama tidak terdengar bukan berarti nama mereka sudah habis, tidak lama terdengar di media cetak dan elektronik namun nama mereka masih bertahan di media konvergensi (internet) salah satunya lewat Social Media.

Selain melalui media internet (www.newpeterpandband.com) mereka mempertahankan eksistensinya, mereka berbagi informasi yang berhubungan dengan band mereka. Melalui social media juga @newpeterandband aktif berinteraksi dengan fans-fans mereka “para sahabat”. Youtube juga merupakan salah satu channel media online yang digunakan untuk mempertahankan eksistensi mereka salah satunya adalah dengan mempublish video-video single terbaru mereka yang berkolaborasi dengan momo geisha dan karinding attack. Dengan adanya fakta tersebut walaupun secara kasat mata bagi sebagian orang keberadaan mereka dinilai sudah meredup, namun berbeda faktanya di dunia online karena mereka masih cukup aktif menggarap media online sebagai media eksistensi mereka khususnya dengan fans mereka.

2. Teaser
Hit Singel terbaru mereka (Noah) “Separuh Aku” yang baru-baru ini dipublish secara resmi lagu dan official video klipnya di beberapa radio dan televisi swasta ini dinyatakan sempat “bocor” bahkan sebelum video ini di rilis secara resmi, salah satu personil David memparkan bahwa lagu yang sempat “bocor” walaupun hanya versi demo (belum full mixing). Nah terlepas apakah memang “bocor” atau “dibocorkan” hal ini merupakan salah satu skenario komunikasi teaser kepada publik.

“strategi yang seringkali digunakan oleh beberapa merk dimana mereka mengeluarkan teaser produk-produk mereka jauh-jauh hari dengan tujuan menjadi pembicaraan publik (word of mouth) selain untuk mengetahui bagaimana respon pasar”.

Social media merupakan channel yang sangat “empuk” dijadikan media untuk melempar teaser ini kepada publik, kembali dikarenakan sifat social media yang memiliki karakteristik viral mode yang memungkinkan isu mengenai teaser ini dengan cepat menyebarluas dan menjadi pembicaraan di dunia maya khususnya. Ketika teaser ini berhasil menjadi pembicaraan di Social Media hasilnya adalah isu ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh publik, tinggal menunggu momentum yang tepat bersamaan dengan di rilis secara resmi maka semuanya diakhiri dengan kata “sempurna”.

3. Tetap Berkarya
Ditinggalkan sang vokalis bukan berarti tidak bisa berkarya buktinya mereka berhasil menjawab pertanyaan publik yang mulai mempertanyakan eksistensi mereka dengan tetap berkarya beberapa diantaranya adalah menghasilkan single yang berkloaborasi dengan momo Geisha dan karinding attack, termasuk video single ariel - dara. Video single tersebut sepengatahuan saya hanya dirilis di media Youtube dan ramai diperbincangkan di Social Media.

Selain mengeluarkan single terbaru mereka juga berhasil menghasilkan album suara lainnya dan menyelenggarakan konser suara tanpa nama. “strategi ini dalam industri bisnis merk saya nilai sebagai upaya “brand recall” dimana konsumen (publik dalam hal ini) kembali diingatkan dengan nama peterpan yang sempat meredup eksistensinya melalui sebuah karya”. Upaya ini bisa dijadikan sebagai upaya persiapan merecall (memanggil kembali) keberadaan peterpan di benak konsumen sebelum sebuah rencana besar yang akan dilakukan.

4. Wait For Good Momentum
Kesuksesan Peterpan yang berevolusi menjadi Noah saya kira dilakukan di momentum yang sangat tepat, berawal dari online media (include social media) yang digunakan sebagai media mempertahankan eksistensi mereka, melempar teaser kepada publik, tetap menghasilkan karya yang bertujuan merecall kembali keberadaan mereka dari benak publik, sampai akhirnya bersamaan dengan momentum bebasnya sang fenomenal kharismatik ariel, sesaat setelahnya dilakukan press conference launching nama baru mereka Noah. Momentum ini merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu oleh publik khususnya fans mereka.

Tidak butuh waktu lama dari bebasnya ariel, mereka secara serentak merilis secara resmi single terbaru mereka Separuh Aku di berbagai media elektronik, sama menjadi worldwide trending topics di Twitter. Tidak hanya mereka juga menghasilkan sebuah buku yang menceritakan kisat perjalanan peterpan selama dua tahun kebelakang. Seluruh persiapan yang sangat matang diakhiri dengan momentum yang sangat tepat menjadikan Noah memiliki startup yang sangat baik dimana mereka bisa melanjutkan kesuksesan mereka sebagai sebuah band seperti nama sebelumnya “peterpan”.

Sumber gambar: galau.blogdetik.com

Baca juga, Popular Post:


Comments

Syarif Online said…
Baru baca artikel ini, keren banget, sampe segitu detailnya ya strategi yg dipake Noah n efeknya jg memang bener2 terjadi. Kira2 perencanaan strategi ini dicanangkan oleh pihak labelnya atau Noah nya itu sendiri ya? hehe

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…