6 Taktik Menghasilkan Potensial Database Marketing

"gimana yah biar kita bisa dapet database kliennya pesaing, karyawannya dan juga tentu ajah prospek market kita yah?"

Pertanyaan ini sering sekali saya dengar meluncur dari marketing klien ketika berdiskusi mengenai kompetisi bisnis yang saat ini sangat ketat khususnya di industri jasa. "Yah banyak sih bro, tergantung lo mau execute itu via online atau offline" (asumsi saya sudah tahu siapa target marketnya yah" hehe. "coba kalo online gimana nih" tanya beliau? Ok coba kita diskusikan yah.

Di jaman digital saat ini, jika bicara online banyak sekali cara untuk menghasilkan database melalui online, tinggal caranya mau "ilegal" atau "Legal" hehe, dalam bahasa yang sederhana kita bisa mendapatkan database tanpa "izin" atau dengan "izin" yang punya database tentunya, nah saya tentu sharing dengan sahabat saya tersebut cara tanpa "izin" tapi saya tidak mau sharing di blog ini yang cara tanpa "izin" karena tidak baik hehe, saya akan coba sharing cara yang "legal" atau dengan "izin" yang punya data tentunya.

Misal begini, bisnis Anda adalah Pialang saham, nah Anda ingin mendapatkan database sebanyak mungkin yang kelak menjadi potensial investor untuk Anda. Bagaimana mereka bisa Anda jangkau (dapakan databasenya) untuk kemudian di edukasi atau diprospek?


1. Satelllite Website
Buatlah sebuah website yang berhubungan dengan dunia saham, misal www.belajar-saham.com atau www.analisa-saham.com (ingat kalo bisa netral, jangan terasosi dengan brand perusahaan tempat Anda bekerja). Nah kemudian promosikan website tersebut di berbagai channel online seperti twitter, milis, facebook, group dan sebagainya sehingga akan banyak yang berkunjung ke website Anda. Secara offlinepun bisa Anda promosikan melalui kartu nama, flyer dan sebagainya.... Intinya agar traffic banyak masuk ke dalam website Anda.

Paling apdol sebetulnya Anda menggunakan SEO untuk "keyword-keyword" yang banyak di cari sehubungan dengan dunia saham tentunya (gunakan google keyword tool box), pastikan rangking website yang Anda buat ada dihalaman pertama google untuk keyword-keyword tersebut sehingga traffic yang datang akan tersegmen dan cukup banyak.

Nah bagaiamana menghasilkan databasenya? Banyak sekali cara untuk menghasilkan database ketika orang sudah berkunjung ke website kita (Ingat intinya harus ada yang berkunjung dulu). Misalnya anda buat banner di mana ada penawaran jika ingin mendapatkan berita-berita terudapte, analisa harian dan rekomendasi trading hari ini silahkan klik banner (nanti muncul form berlangganan, di mana yang bersangkutan harus mengisi data email dan namanya untuk mendapatkan tips2 tersebut via email). Nah dengan begitu Anda bisa menghasilkan database melalui website Anda. Tentu banyak lagi yang bisa Anda explore misal chat online, di sini bahkan anda bisa melakukan prospek langsung karena langsung melakukan komunikasi melalui Chatting.

2. Ebook
Nih contohnya coba silahkan klik http://ebook.creasionbrand.co.id/ (Silahkan jika ingin download mengenail 60 tips pesonal branding via twitter). Nah Anda sebagai pialang sahampun bisa membuat ebook-ebook yang memang dibutuhkan oleh target market Anda misalnya 10 Rahasia Transaksi Saham Menguntungkan atau 15 Tips Trading Saham ala Waren Buffet (Soal judul Anda lebih tahulah yang menarik hehe). Intinya buat judul sesuai dengan target yang Anda tuju dan pastikan judul yang Anda buat "NENDANG" atau menarik orang untuk melakukan download.

Nyebarin gimana? yah tentu banyak sekali cara untuk menyebarkan linknya, agar tulisan ini tidak terlalu panjang silahkan download power pointnnya di sini, saya berikan materi presentasi lengkapnya.

3. Activation
Nah ini cara yang juga bisa menghasilkan database dalam jumlah cukup banyak, coba silahkan lihat contoh ini http://www.mifx.com/monexvaganza/ Bentuk aktivasi seperti ini biasanya menjaring database dalam jumlah yang sangat banyak, yah tentu tidak semua yang ikut atau malah sebagian besar bukan target market, tapi dengan perbandingan budget yang dikeluarkan dengan hasil yang mungkin di dapat rasanya aktivasi seperti ini cukup layak di coba, apalagi jika target market Anda memang online user.

Jangan lupa, jika membuat aktivasi seperti ini jangan "murahan", misal dengan membuat kuizz yang pertanyaannya terkesan tidak mendidik atau gampangan, contoh "Siapakah pemenang piala dunia tahun ini? Padahal jelas-jelas pertandingannya baru ajah beres hehe". Buatlah kuizz/ aktivasi yang membuat target atau peserta terlibat lebih dalam dengan brand baik itu ditujukan untuk membangun awareness brand ataupun diarahkan untuk meminta input atau testimonial untuk brand kita.

"wah bos repot kalo personal harus kasih Samsung SIII seperti Monex, duit dari mana?" Lah itu khan contoh ajah hehe, soal hadiah dan bentuk kuizz bisa di customized tentunya, misal kasih voucher belanja, atau kasih modal trading saham untuk 1 pemenang sehingga terjadi product trial langsung misalnya.

4. Twitter
"Ha twitter bisa buat cari database?" Halo please deh yah iyalah, emang follower bukan database tuh? Apalagi cara "hitam" nya, bisa ratusan ribu database tuh di twitter. Mau contoh, coba ajah mention misal ID saya "@rexmarindo bisa di undang buat seminar?" nah mention seperti itu khan langsung masuk notifikasi di BB dan email saya loh, yang biasanya kalo mention seperti itu pasti dibaca, nah bayangkan tuh gimana banyaknya database nganggur hehe (tapi ini ga baik, spamming, loh kok saya kasih tau yah???).

Jangan digunakan yah, ada cara yang lebih baik dalam menghasilkan database di twitter misalnya dengan membangun personal branding nih ebooknya silahkan download http://ebook.creasionbrand.co.id/ sehingga follower Anda akan berkualitas dan banyak seperti misalnya @pakarsaham jika sudah begitukan tentu target dan prospek Anda juga bisa meningkat. Mungkin yang membutuhkan jasa twitter agency bisa lihat ke karteltwitter.blogspot.com

5. Mobile Apps
Nih rada agak mahalan dikit caranya tapi punya kekuatan dalam menghasilkan database yang tersegmen dengan cukup baik. Misal Anda buat aplikasi untuk android berita, analisa dan rekomendasi saham terkini. Sebarkan melalui social media agar banyak yang melakukna download dan bisa jadi top free download juga di Android, yah atau setidaknya terlisting. Minta teman-teman, keluarga, kakek, nenek dan sahabat Anda untuk kasih komen di Androidnya (tentu komen yang positif) agar orang ga ragu buat download hehe.

Nah tutup beberapa akses seperti rekomendasi harian di mana jika mengingankannya harus daftar dulu sehingga Anda bisa menghasilkan database dari situ atau pasang banner di aplikasi Anda tersebut.

6. Adword
Nah ini kalo ini memang tidak menghasilkan database langsung seperti beberapa tools di atas tapi bisa memancing target market yang tepat untuk men klik website/ landing pages kita yang kemudian di arahkan untuk mengisi database (tentu dengan penawaran khusus misal download ebook atau program aktivasi), jadi harus dikombinasi dengan tools lain seperti ebook.

Adword ini sebetulnya cukup penting jika memang Anda memiliki sejumlah budget yang bisa digunakan karena bahavior pencarian di google biasa di dasarkan atas kebutuhan. (Anda ngetik Tri Megah Securities misalnya ketika mencari perusahaan Saham tentu karena butuh khan?), nah pasanglah iklan yang dibuat di keyword-keyword yang memang banyak dicari orang, cek melalui google keyword tool box.

GImana cukup jelas kha? jika ingin lebih detail tips-tipsnya silahkan download tips mencari database via online di sini http://ebook.creasionbrand.co.id/tutorial/

Semoga bermanfaat.

creative sales

Comments

Ibnu Stma said…
Ok, Good Luck.
Edu96
STMA Trisakti
Ibnu Stma said…
Ok.
Ibnu.stma@gmail.com
Tokokasir said…
artikel bagus , jurus yg baru aja mau di cari ni . thx

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online