May 14, 2011

J2O – Indomie

Siapa yang tidak kenal dengan Brand Indomie? Jangan ngaku orang Indonesia dech klo ga kenal apa itu Indomie. Brand ini yang sudah sangat melekat di benak setiap orang Indonesia, lapar, instant ya Indomie hehe. Saat ini Indomie tidak hanya bisa berbangga di negeri sendiri.. Produk keluaran PT. Indofood Sukses Makmur ini  telah didistribusikan ke 5 benua, termasuk Amerika dan Eropa dan dikonsumsi oleh sekitar 6 juta orang di seluruh dunia. (CMIIW)
 
Pada tahun 2009, salah satu kandidat calon presiden, berkampanye dengan jingle Indomie(yang pasti jingle nya orang sudah hapal semua), hanya saja diubah liriknya! Sangat Indonesia ya..Tapi tau ngga klo di Inggris sana ada grup rapper  bernama J2O yang 3 hari lalu  (terhitung mulai tanggal 8 Mei 2011) meng-upload videonya di YouTube dan ini menjadi pembicaraan dimana-mana. Bayangkan saja di hari pertamanya saja sudah ada sekitar 2500 views alias dilihat lebih dari 2500 kali dan di hari ini dimana video tersebut di-upload, views-nya sudah mencapai 120 ribuan

Coba perhatikan videonya yang berjudul Indomie ini..disitu si rapper seperti menceritakan betapa dia udah die-hard sama Indomie. ..(mungkin banyak juga ya di antar kita di Indonesia yang memang udah Indomie-minded hehe).Videonya sarat dengan gaya hidup black people di sana.. bling-bling, bahasa slang, girls dan tentu sja ngerap-nya sambil nge-dance..saya menyebutnya cooking dance, yang dilakukan  sambil masak Indomie di dapur hehe..Liriknya juga lucu hehe , misal nih: “She's so indomie (into me), she don't wanna leave", “who cares? As long as it’s good, just like drugs.” Di lagu ini pun sang rapper bercerita kalau di hari Valentine dia juga ngasih Indomie buat ceweknya..wah parahh…Backsound-nya pas didengerin baik-baik, temen-temen si rapper utamanya nyebut “indomie..indomie..indomie”  Saya sampai agak terperangah gitu sambil ketawa-ketawa..

Lalu apa sih yang diomongin orang-orang setelah liat video lucu dengan lagu rap ini?
Seseorang berkomentar di YouTube  “the most delicious noodle everrrrrr!! Indomie is Indonesia's pride :)”. Ada juga komentar seperti ini: “i eat 7 packs indomie everyday but i didn't try to put them on the fridge, that's an innovation bro! i'll try that next time”. Juga komentar tentang rappernya “as soon as i heard indome, indome I BUSSED OUT laughing! these man know these are the best noodles about!”. Wah banyak yang bangga jadi orang Indonesia karena video ini..dan mereka juga senang dengan penampilan J2O di video tersebut, karena gaya dan liriknya yang lucu dan beda..sebuah lagu rap biasanya bicara masalah kekerasan, drugs atau perempuan tapi ini  isinya ngomongin Indomie!

Bagaimana dengan para tweeps?  Saya pun langsung melakukan pencaraian dengan kata kunci “indomie j2o” di Twitter..Ada yang bertanya: “Why does j2o have a car boot full of indomie?”  Dari Indonesia ada yang bicara begini: “Hiphop identik dengan bling2? Sekarang udah ganti, Hip Hop + Indomie cekidot J2O - Indomie”. Ada juga yang ga kalah dari itu: “On valentine's day i cooked Indomie, on your birthday I cooked Indomie!" RACUN!! *lgsg ngefans sm J2O” . Luar biasa..

Lalu, mengapa video ini bisa menciptakan pembicaraan di internet? Indomie tentu saja diuntungkan dengan fenomena ini (bener ga yah pendapat saya ini hehe)..namanya disebut-sebut terus, baik di videonya maupun orang-orang yang menanggapinya..sebagian besar tanggapannya bernada positif.. Kita sedikit analisa yuk..

Menjangkau komunitas kecil terlebih dahulu baru memperluas segmen.
Dalam video ini, sudah jelas ini adalah lagu untuk penggemar hip-hpo dan bisanya mereka berasal dari kalangan black people. Dengan video yang menarik dan sedikit berbeda, bukan hal yang sulit bagi J2O untuk menjangkau komunitasnya terlebih dahulu. Barulah video ini akan semakin mudah luas penyebarannya setelah terlebih dahulu diterima oleh komunitas yang lebih eksklusif terlebih dahulu.

1. Terkoneksi dengan sebuah platform.
Platformnya apalagi kalau bukan Youtube yang bisa menjangkau orang-orang di seluruh dunia. Indomie sendiri  sudah didistribusikan ke seluruh dunia. Hal ini, makin membuat video ini mudah dibicarakan orang-orang  di luar Indonesia yang sudah mengenal Indomie. Belum lagi ada Twitter, tempat orang-orang berkicau tentang apapun di internet.

2. Brand Awareness
Hal-hal yang sifatnya mengingatkan kita akan Indomie sudah jelas ada di video ini. Mulai dari judul lagu, isi liriknya, backsoundnya, cooking dance, cewek-cewek yang lagi masak dan Indomie yang bertebaran dimana-mana diperlihatkan dalam video tersebut.

3. Memancing traffic
Video ini lucu, menarik, simple dan beda. Hal ini jelas akan menimbulkan berbagai tanggapan dan orang-orang pun akan dengan mudah menyebarkannya.. Keterangan videonya pun ada tulisan  TWITTER: @J2Ocean, orang-orang akan langsung ingin membicarakannya melalui Twitter, walaupun tanpa mention atau follow @J2Ocean.

So, apakah ini memang kampanye terselubung Indomie untuk mengibarkan brand-nya di luar negeri? Atau J2O memang dengan tulus menyatakan kegilaannya pada Indomie? Sayang sekali saya belum tau, tapi tweet dari  seseorang dengan ID @dagienkz mengatakan : “Btw video J2O yg indomie bukan iklannya indomie kok. Emang dia aja yg bikin. Tapi keren abis kan? Nonton yuk http://www.youtube.com/watch?v=WG2dLLIZK3Y

No comments: