May 11, 2011

Nike Women

Apa saja yang telah kita dilakukan untuk mendapatkan database online? Mereka meminta database secara langsung, memberi form dengan “iming-“iming” e-book atau e-mail newsletter, berkenalan dengan suatu group, melakukan pencarian di search engine manapun dan lain sebagainya. Apa yang telah dilakukan memang tidak ada salahnya, selama kita tidak melakukan spam yang justru mengganggu dan dianggap tidak sopan.

Namun, ada cara lain yang dapat dilakukan bila kita memperhatikan Facebook Fanpage dari Nike Women kita bisa memperhatikan landing tab yang mereka namakan  “Make Yourself”. Landing Tab ini menawarkan cara-cara yang memang sangat diperhatikan wanita yang selalu ingin menjaga kebugarannya dengan kata-kata lanjutan dari kalimat “I’m Making Myself...



Wanita yang mengunjungi Landing Tab tersebut bisa mendeklarasikan dengan bebas ingin menjadi wanita yang seperti apa. Apakah Beautiful, Simple, Funny, Fit, Stong, Fast, Cute, Quick, Unbeatable, Wise, Sexy,  atau apapun. Sungguh cara yang “soft” dalam menggali keinginan terpendam para wanita yang mengunjungi fanspage tersebut.

Lalu mata kita dibawa ke bagian bawah dari halaman tersebut, dan Nike memperkenalkan tiga orang atlit wanita, bisa atlit apa saja, pelari, petenis bahkan pelatih yoga. Kebetulan minggu ini fanpage tersebut menampilkan Monyca Byrne, surfer; Anouk Hoogendijk, pemain sepakbola wanita dan Julia Mancuso, atlit ski dari California.  

Nah, dari para atlit wanita inilah kita bisa mengetahui tiga hal dari para atlit wanita tersebut  yang sudah difokuskan ke dalam 3 hal, yaitu: What I Do, What I Wear dan What I Eat. Kita bisa melihat apa yang mereka lakukan sebagai atlit, apa yang mereka kenakan ketika berolahraga (dan, tentu saja,  item-item pilihannya merupakan produk-produk Nike Women berikut harganya) dan diet yang mereka lakukan bisa dilihat resep-resepnya. Disini Nike Women menunjukkan bahwa brand mereka bukan hanya sekedar berjualan saja, tapi sudah menawarkan gaya hidup bagi para konsumennya.

Hal yang sangat menarik, pada bagian What I Do, Nike Women memberikan tempat untuk bertanya lebih lanjut  pada fokus-fokus latihan yang dilakukan para atlit wanita tersebut kepada Marie Purvis, seorang personal trainer bersertifikat dari Nike. Dan menyediakan tab baru yang bisa diklik dan membawa kita ke fanpage baru. Kita bisa bertanya langsung di wall atau ke halaman Get Fit untuk bertanya melalui e-mail – yang merupakan taktik halus Nike Women untuk mendapatkan database bagi para wanita yang benar-benar tertarik.

Cara Nike Women dalam “meminta” database begitu cantik dan anggun, apalagi hal ini dirasa sangat tepat bagi target konsumen mereka yaitu wanita, dimana para wanita senang sekali berbagi. Selain itu cara ini cukup menyenangkan, feminin dan menjadikan Nike Woman sebagai salah satu brand yang mengerti keinginan-keinginan wanita.

So bagaiamana dengan strategy brand anda mendapatkan database?

Sumber data. http://www.funnycommercialsworld.com/nike-women-advertising-campaign-make-yourself-4552.html

2 comments:

Anonymous said...

Smart way to get customer database :)

Blogger said...

New Diet Taps into Innovative Idea to Help Dieters LOSE 15 Pounds within Only 21 Days!