Don't Give Up


Bukan style saya sebetulnya untuk menulis artikel yang lebih ke arah motivasi, tapi entah kenapa hari ini ingin sekali menulis artikel terkait motivasi DON'T GIVE UP.

Saya membuat tulisan ini terinspirasi dengan kemenangan bersejarah dari Cleveland Caveliers dengan Lebron James nya pada final NBA 2016, mengapa bersejerah dan sangat memotivasi karena untuk pertama kalinya dalam sejarah final tim yang tertinggal 1-3 dan masih memainkan 2 pertandingan tandang bisa berbalik dan memenangkan pertandingan final apalagi yang dihadapi adalah tim juara bertahan yang tahun lalu mengalahkan James dkk dan memiliki rekor menang kalah terbaik sepanjang sejarah NBA.

Beberapa hari kebelakang ketika tertinggal 3-1 pun saya sudah tidak pernah lagi mengecek pertandingan final karena saya beranggapan "sudah pasti kalah", tidak ada gunanya dilihat lagi haha, malah bikin BT, tapi sekali waktu iseng melihat berita, "loh udah 3-2", hari berikutnya "loh 3-3" dan benar-benar supprise beberapa hari kemudian Cleveland yang juara bukan Golden State, What...... How come .............

Sebagai pengusaha, apa yang bisa kita pelajari dari perjalan final NBA 2016 ini yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi kita

Don't Give, It is Not Over Yet

Dalam perjalanan saya sebagai Konsultan brand dan markering serta pembicara di berbagai event wirausaha dan bisnis jika ditanyakan berapa banyak yang pernah saya kenal atau konsultasi akhirnya menyerah untuk melanjutkan bisnisnya, bisa saya katakan cukup banyak. Ada yang sudah 3 tahun mencoba dan gagal menyerah, ada yang baru 1 tahun udah ga kuat karena keluarganya tidak bisa menerima kondisi tersebut, ada yang 6 bulan mengundurkan diri dari dunia persilatan "usaha" dan memilih untuk kembali berkerja, yah BANYAK.

Sesulit itu kha bisnis? YA, saya katakan jujur BISNIS jauh lebih sulit daripada bekerja kantoran ato dengan orang lain, tidak pernah ada jaminan untuk sukses tapi jaminan GAGAL sudah sangat nampak terlihat di depan mata. Butuh waktu, tangis, uang dan pengorbanan dalam menjalankan bisnis tapi selalu ada mantra terbaik untuk setiap pebisnis dalam menjalankan itu semua yaitu DON"T GIVE UP, KEEP TRYING karena kalo ada jatah gagal, kemungkinan besar selalu ada jatah sukses, masalahnya adalah soal waktu dan usaha yang terbaik.

Memulai bisnis 2003 sesama kuliahpun butuh waktu 10 tahun untuk akhirnya bisnis yang saya jalankan berada di track yang betul dan menghasilkan walaupun masih jauh untuk dikatakan sudah sukses, 10 tahun kebelakang? wah jangan tanya deh, udah ga kehitung biaya "kuliahnya" plus hutang lagi tapi ada satu yg selalu saya tanamkan ke diri dan teman-teman seperjuangan DON"T GIVE UP. 

"Tapi khan butuh waktu pak, sementara keuangan keluarga sudah diujung kritis" yah susah saya menjawab pertanyaan seperti ini intinya DON'T GIVE UP, tau dari mana kita selangkah lagi pintu sukses tiba-tiba terbuka, begitulah resiko menjadi pengusaha.

DON"T give up ini soal mental dan mindset di mana kita mau untuk terus berjuang dan belajar serta saat bersamaan menerima kondisi yang ada saat ini sebagai proses yang perlu terus dijalani, seperti halnya Final NBA minggu lalu, jika mindset yang dibangun adalah pasti KALAH, akan mustahil untuk Cleveland bangkit dan mencetak sejarah.

DON"T STOP to LEARN
Tentu DONT'T GIVE UP ajah tidak cukup, sembari mencoba sebagai pengusaha kita harus terus menerus melakukan evaluasi dan pembelajaran yang berkelanjutan (Continues Learning and Improvement), cari tahu mengapa belom berhasil, cari mentor, ikut berbagai workshop dan sharing untuk dapat menemukan bentuk terbaik sehingga kegagalan yang ada tidak lagi terulang.

Sukses itu ada pola begitupun gagal, masalah setiap orang punya pola sukses yang berbeda sehingga kita perlu mempelajari dan membentuk pola yang bisa mengantarkan kita menjadi sukses. intinya DON"T STOP to LEARN

DON'T LOSE YOUR TRUST
Nah seperti di bola basket, kerjasama tim adalah segalanya untuk bisa sukses, saya berbisnis sejak kuliah 2003 dengan teman yang sama sampai hari ini, perjalan bisnis adalah perjalanan yang sangat panjang sehingga kita membutuhkan kepercayaan dan keyakinan dengan siapa kita akan terus berjalan dan percaya dengan mereka tentunya.

Begitupun kita semua, bangunlah kepercayaan terhadap tim yang ada, bangunlah keyakinan bahwa apa yang kita perjuangkan akan ada waktunya untuk sukses dan terus menjaga semua kepercayaan dan keyakinan tersebut karena hal inilah yang dapat mendorong kita untuk terus bertahan dalam mengejar kesuksesan dalam berbisnis.

So teman-teman yang sedang berbisnis Don't Give Up, Don't Stop to Learn and Don't Lose Your Trust. Sudah banyak contoh sukses, jadi mengapa bukan kita salah satu contoh suatu saat nanti.

Rekomendasi Buat di Baca

Jangkrik Rambo
8 Tips Melakukan Konversi (Jualan) di Website
5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca
Calon Gubernur Gaul
Buy-ology, Eyang Subur dan Ritual Marketing

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online