Creative Sales, Beli Pulsa Gratis Hape

Wah-wahhhh headline iklan-iklan di industri operator selular kian hebohhh ya :D Selain industri operator selular yang memiliki belanja iklan besar juga adalah produk rokok. Tapi sayangnya (untungnya bukan sayangnya ya!) produk rokok memiliki banyak sekali batasan dalam berkomunikasi dalam iklan. Jadi yang paling seru untuk diamati ya tentu saja perang di antara komunikasi industri operator selular

Banyak memang yang menarik tapi beberapa minggu terakhir saya paling tertarik dengan dua kampanye promo yang sedang digencarkan oleh XL dan Esia ini. Esia keluar dengan kehebohan yang membuat orang mengaga, yaitu Beli Pulsa Gratis HAPE, wah-wah... saya sih belum mendengar ada promo yang sedahsyat ini nih... dan benar saja ternyata dengan beli pulsa 600.000 rupiah, konsumen bisa mendapatkan gratisan Hape yang bisa internetan pula.. dan pulsanya bisa mereka gunakan untuk keperluan apa saja tidak hanya paket internet.

Bisa jadi bagi konsumen yang sedang memiliki kebutuhan membeli Hape murah (dengan budget 600 ribu) jadi tertarik membeli paket promo tersebut. Hal ini tentu dilakukan Esia dalam mendorong penetrasinya di kebutuhan ponsel dan layanan operator selular CDMA untuk internetan.

Hal ini bisa saya jelaskan dengan yakin, karena beberapa minggu lalu saya yang baru menjadi konsumen Esia untuk internetan ini terpaksa harus mengunjungi gerai layanan mereka di salah satu pusat perbelanjaan elektronik. Di sana layanan customer service berbarengan dengan layanan penjualan promo di atas. Maka saya tahu bahwa minat masyarakat cukup banyak, dengan bukti bahwa saya harus mengantri hingga 1,5 jam dengan puluhan orang yang mengantri untuk membeli paket tersebut (selintas curhat, harusnya dipisah nih layanan konsumen dan pembelian Hape).


Nahh... apa yang ada di balik kesuksesan promo ini? Mungkin serupa juga dengan yang diluncurkan oleh XL dengan membawa si Ting Ting Ayu yang sedang naik daun.

Dengan membeli Hape tersebut, konsumen bisa langsung mendapatkan kontak Ayu Ting Ting di Hape mereka (content) dan bisa chating gratis (apa iya si Ayu yang standby buat chating :D:D). Untuk promo yang ini saya belum punya bukti nih apakah berhasil atau tidak, tapi yang jelas bagi para fans Ayu Ting-Ting hal ini bisa menjadi nilai jual.

Yang menarik dari kedua sales promo di atas adalah adanya kesamanaan dari sisi daya tarik. Keduanya secara cerdas mampu menarik perhatian sesuai dengan segmenetasi yang dituju oleh masing-masing campaign. Tidak mudah memang memikirkan konsep kreatif dari suatu program promosi, namun setelah saya menemukan polanya cenderung tidak sesulit pada awalnya.

Melalui artikel ini saya ingin berbagi tentang pola yang selama ini saya gunakan dalam mencari ide kreatif dari program promo yang kita selenggarakan. Pola yang dimaksud adalah apa yang disebut dengan USP! Tapi USP di sini yang dimaksud buka Unique Selling Proposition tapi adalah Ultimate Advantage, Sensational Offer dan Powerfull Promise.

Kunci USP untuk menjadi kreativitas sebuah program promo ini saya temukan pada saat membaca buku Pak Tung Desem Waringin, Marketing Revolution. Selain dari USP sebagai dasar penyusunan konsep, di dalam bukunya tersebut Pak Tung menjelaskan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan langsung dari level taktis (sehingga bisa langsung Anda praktekkan ke bisnis Anda masing-masing). Tapi sejak membaca buku tersebut saya jadi menggunakan pola dasar USP ini dalam segala aspek, tidak hanya saat kita memikirkan program promosi saja, tapi di semua karya atau proposal atau produk atau apa saja yang kita buat harus mengandung 3 unsur utama ini : U, S dan P!

1. Ultimate Advantage
Yang dimaksud U (Ultimate Advantage) ini adalah bentuk keunggulan dari produk kita dibandingkan produk lain yang sama atau bahkan mirip. Untuk menemukan apa yang bisa kita jadikan Ultimate Advantage, caranya tidak akan keluar dari 2 hal, yaitu diubah atau ditambah. Seperti Ultimate Advantage dari produk Samsung yang ditawarkan oleh XL tersebut adalah adanya penambahan fitur untuk bisa chating dengan Ayu Ting-Ting. Hal ini menjadi kekuatan diferensiasi dibandingkan produk serupa, atau bahkan dengan harga lebih murah/mahal.

2. Sensational Offer
Konsumen yang sudah begitu muak dengan berbagai promo tentu tidak akan mudah tergoda. Saat Anda menyusun sebuah promosi tentu harus memikirkan penawaran bombastis apa yang Anda bisa tawarkan. Jika penawarannya biasa-biasa saja tentu konsumen tidak akan tergoda atau bahkan lebih tergoda dengan penawaran tetangga sebelah  Nah, pas saya lihat flyer Esia yang menawarkan gratis HP tersebut, langsung otak saya melayang ke poin ke2 dari USP ini yaitu Sensational Offer! Tentu saja ini adalah penawaran yang sensasional, karena saya belum pernah mendengar ada beli pulsa gratis HP dan tentu konsumen, apalagi yang memiliki kebutuhan membeli HP, akan membaca sejenak keterangan dari program tersebut. Kesimpulannya, ingin membuat orang nengok atau berpaling? Anda harus dipastikan menjadi heboh! Atau memiliki “hal gila” yang Anda tawarkan ke mereka.
Powerfull Promise!

3. Dan yang terakhir adalah.... Powerfull Promise! Poin ini berkaitan dengan janji yang diberikan sebagai kelanjutan dari penawaran yang diberikan. Contohnya di penawaran promo beli pulsa gratis hape tersebut Esia menjanjikan bahwa pulsa yang dibeli tersebut bisa digunakan untuk apa saja, dengan begitu konsumen mengetahui bahwa mereka tidak akan tertipu jika ternyata pulsa hanya bisa digunakan internetan di program tersebut.

Berbeda dengan promo XL edisi Ayu Ting-Ting ini belum terlihat adanya janji yang diberikan yang dapat menenangkan konsumen dan mendorong lebih keinginan pembelian. Contoh bisa saja ditambahkan : “Garansi 3 bulan, jika ada kerusakan hardware akan diganti baru” atau “Jika Ayu Ting-Ting tidak membalas chating, akan diberikan kesempatan manggung bareng Ayu Ting-Ting” hehe yang kedua ini becanda ya

Jadi.. apakah Anda sudah siap untuk menyusun program yang super kreatif? Dengan menggunakan model sederhana dan mudah diingat, yaitu USP : Ultimate Advantage, Sensational Offer dan Powerfull Promise. Saat Anda menyusun presentasi ke si bos, jangan lupa cek tiga hal ini di proposal yang Anda tawarkan. Dan jika Anda menyusun program promo untuk bisnis Anda jangan lupa juga selalu checklist apakah program promo Anda sudah mengandung ketiga hal tersebut.

Jadi? Siap2 menjadi spektakuler nih program promonya selamat mencoba!


creative sales

sumber gambar:
http://hp-handphone.com/wp-content/uploads/2012/02/samsung_deluxe_duos.jpg

Comments

Anonymous said…
XL mah bnyk bohongnya, biasa deh namanya jg produk bangsa melayu campur inggris. Klo ga prcaya bnyk buktinya plsa di sedot pdhal di iklan paketnya hrganya segitu. Sering beli tabloid pulsa aj untuk liad borok masing2 operator selullar.

Esia bagus, tp sdm-nya msh di bwh standart (pelayanan lelet & ga terorganisir). Untuk pelayanan mah standart deh namanya jg murah, prinsip orng indonesia "Klo yg murah it jgn berharap bs bagus" . Mangkanya orng2 indonesia beli brng murah pd keluar negeri pdhal sebagian bsr brng2 luar negeri dr qt juga.

Untuk saat ini sy liad promo esia lbh canggih dr yg lain tp sayangnya hp yg di promokan/programnya ga masuk ke website resminya mngkin untuk mengurangi banjir pembeli (takut repot :D)
Anonymous said…
Sorry ralat, baru nengok web esia. Trnyata hp yg di promokan/programnya udh masuk ke web. Tp rada telat, krn program ini setau sy udah jln dr bln lalu, dmn saat it beli pulsa 1jt gratis esia android pad, sayangnya sy ga tau pas promo it. Mngkin klo sy tau psti sy beli dr kmrin :((

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online