7 Konten Twitter yg Sering di Retweet


“Bos, konten yang seperti apa sih yang menarik orang untuk melakukan retweet? Nah kalo banyak yang retweet khan peluang buat di follow dan orang kenal kita jadi semakin terbuka lebar hehe”.  Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada saya dalam berbagai kesempatan, dalam hati sih mau ngomong “salah tempat tanya om, wong tweet saya ajah jarang ada yang retweet” haha.

Memang ini menarik sekali untuk diskusikan, saya coba amati beberapa waktu ini melalui beberapa timeline yang saya follow maupun tim kantor manage serta sempat didiskusikan juga dengan rekan kerja sama di kantor pertanyaan di atas “konten seperti apa  yang bisa di retweet bahkan di favorite” oleh follower-follower kita di twitter. Tujuannya di RT yang macem-macem bisa agar informasi yang kita inginkan tersebar luas sampai menambah jumlah follower.

Coba yuk kita diskusikan beberapa strategi konten (menurut pengamatan pribadi saya dan hasil diskusi dengan rekan kerja di kantor) yang membuat follower kita dengan suka rela melakukan retweet.

1. Quotes/ Nasehat/ Inspirasi
Nah ini mungkin salah satu konten yang paling sering di retweet oleh banyak orang di dunia twitter. Coba saja lihat akun-akun seperti @MarioTeguhWord @pepatah tiap kali melakukan tweet selalu ada (dan banyak karena follower mereka sangat banyak) yang melakukan retweet terhadap konten yang di tweet oleh akun tersebut.

Kok bisa? Sebetulnya sederhanya saja, orang Indonesia memang suka berbagi kok hehe, sebuah tweet seperti “RT @MarioTeguhWord: Janganlah engkau menghapus harapan dari hatimu, karena ia adalah perajut serat kekuatan hatimu atau RT @NasehatBisnis: Jika kita berkerja karena Nya, setiap hasil yg diperoleh bagus atau tidak akan tetap membuat kita ikhlas dan bahagia” akan sangat menarik perhatian untuk RT ke follower kita karena dengan begitu “seolah-olah” kita sudah menyebarkan kebaikan melalui tweet tersebut. Yah Berbagi adalah konsep yang sangat tepat untuk mengatakan mengapa konten “quotes” sering sekali di RT oleh follower.

So kalo mau di RT, sering-sering kasih quotes ke follower kita, tentu cari yang berhubungan dengan personal brand kita, jangan sebagai pebisnis misalnya anda me tweet quotes-quotes cinta yang alay hehe.


2. Kultweet
Kita bahas yuk 15 Tips memulai usaha. #MulaiUsaha

  1. Berapa duit yg ingin dihasilkan dan berapa lama itu ingin di capai *target*? #MulaiUsaha
  2. Kepada siapa kita akan menjual produk atau service kita *target market* #MulaiUsaha
  3. Mau dikenal sebagai apa brand kita? *Positioning* Misal Kijang ----Mobil Keluarga #MulaiUsaha
  4. Apa kelebihan dari produk kita dibandingkan pesaing *differensiasi* #MulaiUsaha
  5. Apa promosi yang harus dilakukan? *sesuaikan budget* #MulaiUsaha
  6. Ingat, evaluasilah secara berkala agar terukur #MulaiUsaha

Nah di atas contoh Kul Tweet dari akun @nasehatbisnis yang saya ambil beberapa waktu lalu, informasinya mengenai #MemulaiUsaha akan sangat berguna bagi followernya dan tentu karena followernya merasa “berguna” mereka akan menyebarkan/ share/ RT konten tersebut ke followernya lagi.

Strategi konten ini sering digunakan oleh personal akun twitter (personal brand) yang memang sengaja ingin membangun personal brandnya di dunia twitter dengan melakukan kul tweet yang berhubungan dengan personal brand yang ingin dibandungnnya. Seperti contoh @AidilAkbar seorang Financial Planner yang sering melakukan Kultweet yang berhubungan dengan Financil Planner dan keuangan.

Atau juga strategi ini bisa dikombine untuk melakukan pembahasan sesuatu hal yang menarik misalnya sebuah buku yang menarik.

3. Berita Terkini
Kalo strategi konten ini sepertinya sangat umum dilakukan oleh akun yang lebih bersifat media seperti @VIVAnews @detikcom dan berbagai akun lainnya yang memang bertujuan untuk menginformasikan berita terkini yang terjadi di berbagai daerah di indonesia maupun internasional.

Follower dari akun-akun ini memang dengan sukarela akan melakukan RT jika dirasa tweet yang mereka baca dari media tersebut penting untuk disebarkan kembali atau menarik untuk di RT. Nah yang menarik dari akun-akun media ini, karena kecepatan berita yang sangat luar biasa saat ini, mereka juga memiliki tantangan agar selain di RT follower atau yang membaca tweetnya juga mau melakukan “klik” ke link yang mereka buat sehingga websitenya juga dikunjungin.

Nah jadi tidak ada salah untuk followe akun-akun berita dan cepat RT jika ada berita penting atau menarik, mana tau ada yang melakukan RT lagi dari tweet kita.

4. Jokes
Jokes seperti  “Kamu itu kayak Sunlight, mampu menghilangkan kenangan mantan yang membandel atau Skripsi menyita seluruh waktuku, kamu menyita seluruh perhatianku. (via @booggie_) dari @Anjinggombal merupaka tweet-tweet yang sangat menarik untuk di RT. Coba ngacung, siapa sih yang tidak pernah me RT jokes di twitter? Mungkin tidak sering, tapi sekali waktu pasti pernah kita lakukan hanya untuk iseng dan bercanda tentunya.

Mungkin mengapa saya pribagi katakanlah suka me RT jokes seperti di atas sekali waktu adalah karena ingin dianggap teman “follower” saya orang yang easy going, ga selalu serius dan bisa bercanda hehe.

5. Movement
Ajakan untuk melakukan perubahan atau tindakan yang mengarah pada hal positif seperti akun twitter akademiberbagi , jakartaberkebun, indonesiabercerita dan gerakan lainnya selalu mendapatkan respon dalam bentuk RT yang lumayan banyak sejauh yang saya perhatikan. Hal ini mungkin disebabkan follower mereka ingin berbagi ke followernya lagi/ memberikan informasi mengenai social movement tersebut. Dan memang sejauh ini saya perhatikan, konten-kontennya memang konten “layak” RT .

6. Kuizz
Ini salah satu senjata ampuh agar tweet yang kita buat di RT, bahkan kadang follower kita dengan sukarela melakukan RT tanpa di wajibkan sebagai salah satu prasyarat kuizznya. Entah kenapa yah di RT, kalo saya sih yang jadi peserta kuiz pasti tidak akan saya RT, kalo saya RT jadi banyak yang tahu informasi kuisnya dan makin banyak dong yang ikut. Kalo banyak yang ikut yah mau ga mau peluang untuk menang kuiznya makin berat hehe.

7. Tips
Tips juga merupakan strategi konten yang sangat bagus untuk dibuat dan punya potensi di RT cukup besar. Intinya dalam strategi konten ini buatlah tips yang memang cocok dan sesuai dengan profile dari follower kita. Sebagai contoh, jika follower kita remaja-remaja galau, buatlah tips-tips yang berhubungan dengan galau dan cinta tentunya.

Hampir mirip dengan Kultweet, hanya saja menurut saya yang membedahkan antara kultweet dan tips adalah muatan edukasinya yang berbeda. Kultweet lebih bagus diarahkan untuk hal-hal yang sifatnya mengedukasi pada topik tertentu, sedangkan tips lebih ke bersifat hal-hal yang praktis.

creative sales

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online