Posts

Showing posts from July, 2010

Keong Racun, Media Online dan Kehebatannya

Image
Inilah salah satu dari ribuan kisah sukses dengan memanfaatkan media online. Jika kita mengikuti perkembangan berita dan pernah melihat “keong racun” di YouTube mungkin Anda tahu maksud saya. Dua orang gadis muda, dengan melakukan lipsing dan memainkan mimik muka seolah-olah menyanyikan lagu “keong racun” dan sim salabim, nama Jojo-Sinta dan lagu “keong racun” itu sendiri menjadi terkenal dan menjadi bahan perbicangan dibanyak orang., RBT nya kabarnya juga luar biasa diminati, liputannya sampai beberapa kali keluar di media online nasional dan viewnya sampai 638.847 kali di you tube.  Dem, keren abislah, liat ajah pokoknya di YouTube.

Sebetulnya jika diperhatikan gaya bernyanyi dan konsep dari videonya, saya jadi teringat Moy Moy Palaboy  yang berasal dari Philipine kalo ga salah (salah satu linknya bisa dilihat http://www.youtube.com/watch?v=1GFaFBb8r5w, BEAUTIFUL GIRLS remix ) yang sempat heboh di kantor karena keluan gaya mereka dalam melakukan lipsing dibeberapa lagi luar negeri.…

Insight, Kreativitas dan Eksekusi

Image
Minggu ini bisa dikatakan minggu yang bener-bener bikin kepala pusing, selain tentunya pekerjaan yang banyak (tentu saja bersyukur) selain itu entah kenapa  ada yang gundah di hati ini (hala curhat haha).

Akhirnya jalan-jalan , belanja, nonton dan makan dijadikan pelampiasan di akhir minggu. Sedikit info, buat yang belum nonton Inception sebaiknya bersegerahlah, luar biasa nih film, bener-bener menghibur dan membuat puas (reviewnya baca ajah yah di 21cineplex.com).
Alkisah ketika melampiaskan semuanya di sebuah mall saya mendapatkan flyer promo tepat di pintu masuk mall tersebut, bagus juga bagi flyernya ketika orang masuk, jadi bisa dapet aware dan sukur-sukur pas emang orang tersebut lagi pengen beli product yang sama. Yah karena memang nyambung dengan pekerjaan tentu saja saya baca flyer tersebut, yah kali-kali ajah ada ide, copy, penawaran atau apapun yang cukup inovatif yang bisa saya pelajari jadi referensi (kalo beli baju sih udah pasti ga mungkin, saya lebih suka baju yang pe…

Cerita Tentang Service

Image
CD film sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang, mulai dari mahasiswa sampai orang dewasa yang sudah memiliki keluarga sehingga dapat dimengerti sedemikian menjamurnya tempat-tempat penjual cd di kota bandung ini. Favorit saya adalah tempat cd yang ada disekitar dago, tempatnya besar, cd nya lengkap dan tentu saja karena saya bisa mendapatkan harga special di tempat tersebut hehe.
Ada pengalaman yang menarik yang ingin saya sharing, satu hari karena tempat favorit saya tersebut tutup, maka saya pergi ke tempat cd yang bukan langganan, yah walaupun dengan resiko membayar harga lebih mahal namun apa boleh buatlah, daripada weekend ini ga ada hiburan. Kemudian terjadilah perbincangan dengan penjaganya yang kebetulan lagi membernarkan cd yang agak berantakan di rak-rak cd nya.
“Mas, cd yang film action itu sudah keluar belom yah (maaf saya tidak sebutkan nama film yang saya cari biar kesannya ga promosi)?. “Blom” dengan cueknya, “oh gitu, kalo film ini cerita tentang apa si…

Brand, Kenali Marketmu

Image
Ada yang unik di dalam kantor Creasionbrand ini (yah walaupun sesatu yang wajar juga sih), sering sekali terjadi pembahasan dan komentar masalah selera musik masing-masing orang. Ada yang suka mengomentari bahwa musik si A rada ngampung dan ga punya selera, sementara si A membalas bahwa musik si B norak dan ga jelas, tidak bisa memberi, inspirasi dan sebagainya haha, baru A dan B tuh, masih ada genk C lagi wadaoo.

Jika dibagi menjadi anggota genk, genre musiknya kira-kira begini, Pertama ada genk Timur Dalam (bahasa gua sendiri nih) yaitu pencinta musik-musik melayu dan mendayu haha yang mungkin artis-artis favoritnya adalah ST 12, Kangen band, Wali, Opick dsbnya dan tentu saya adalah pimpinan genknya hehe. Kedua genk Barat, yah tentu dengan semua lagu baratnya, lebih cenderung pop dan jazz, yang jujur kebanyakan lagu genk ini sama sekali tidak memberikan inspirasi dan menarik untuk didengarkan oleh genk Timur Kuno haha, mungkin buat sebagian besar genk Timur Dalam karena bahasa Ingg…

Lain Pohon Lain Belalang

Image
Minggu lalu kebetulan bertemu dengan salah satu pengelolah pree school yang baru saja didirikan di bandung, dengan mengambil lisence dari luar negeri, sekolah ini didirikan untuk bertarung memperebutkan dan menyicipi pasar yang sangat empuk. Bagaimana tidak empuk, untuk satu bulan saja setiap anggota dari pree school ini dikenakan charge 1.5 juta sampai 2 juta rupiah dengan total pertemua 8 kali dalam satu bulan, indikasi pertama tuh, indikasi kedua, semakin menjamurnya penyelenggara pree school di bandung ini juga menunjukan pasar yang cukup layak untuk dijadikan priuk nasi tentunya.
Sebetulnya sebelum pergi, pekerjaan ini saya serahkan kepada strategic planner perusahaan Stefanie, jujur saya merasa ga bidang dengan anak-anak haha apalagi yang dibawah lima tahun, namun kadang-kadang otak dengan hati suka ga singkron, di sisi lain tentu menarik sekali bidang baru ini yah jadi singkat kata ikut pergi deh (ga penting banget yah ceritanya haha).
Sesampai di tempat pree school tersebu…

Email Marketing Chapter I

Image
Beberapa minggu ke depan, saya akan coba menyajikan tulisan mengenai apa itu email marketing, mengapa sangat penting dan bagaimana melaksanakan email marketing yang tepat dan efektif. Jujur saja saya cukup tergelitik untuk sharing masalah ini karena bagi saya, setelah mencari buku-buku referensi, tulisan-tulisan ringan, makalah, blog dan sumber lainnya saya tidak menemukan panduan yang betul-betul sederhana bagi orang awam untuk dapat melakukan strategi email marketing dengan tepat dan efektif khususnya dalam bahasa indonesia. Tentu saja ada beberapa yang sangat lengkap namun kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan satu lagi dalam bahasa Inggris (is that a big problem?) hehe, mungkin saja bagi banyak orang.
Tentu buat yang sudah expert di bidang online strategy yang saya sajikan bisa jadi sudah “basi”, namun biarlah, toh saya buat tuilsan ini untuk awam dan ingin belajar salah satu komponen yang paling penting dalam online strategy atau binis online yaitu email marketi…

Segmentasi dan Gaya Bisnis

Image
Baik Anda memulai suatu bisnis baru atau memiliki bisnis yang telah berjalan, Anda harus terus memantau mengenai pemetaan pasar yang tersedia di depan mata Anda. Baik Anda telah memiliki target market spesifik untuk digarap maupun Anda sedang mencari-cari siapa target market yang akan Anda bidik, Anda harus tetap sensitif dalam mengamati berbagai pertumbuhan segmen market yang bisa jadi potensial untuk Anda garap. Bisa dengan menggunakan produk yang Anda miliki sekarang atau bisa menjadi potensi inovasi pengembangan produk dan layanan Anda, tentu semuanya dengan tujuan memperbesar laba yang akan Anda dapatkan.
So.. coba kita ingat-ingat kembali cara-cara kita menentukan target market yang mau kita pilih sebagai garapan kita... jangan lupa bahwa hal ini selalu penting untuk Anda Cek-Ricek karena segmentasi /pengelompokan pasar selalu berubah melihat dinamisnya pergerakan kondisi bisnis sekarang ini yang didorong oleh perkembangan tekonologi yang ga main-main.
Secara singkat ada 5 tipe…

Creative is “Being”, Not “Given” (Tentang Kreatif I )

Image
Apa sih yang ada dipikiran kita saat terlintas kata ‘kreatif’? Out of the box? Being different? Innovative? Imaginative? atau yang lainnya? Apa pun itu, kreatif seolah jadi kata sakti yang bisa membuat orang bilang, “WOW!!”. Lalu yang menjadi pertanyaan kemudian adalah “gimana sih caranya menjadi kreatif?”.
Asumsi yang Salah Sayangnya, seiring dengan pertanyaan itu muncul, terlintas pula di pikiran kita asumsi-asumsi yang salah tentang menjadi kreatif. “Ah, saya orangnya ngga kreatif!” kata seorang teman. Ada lagi yang beranggapan kreatif itu untuk orang-orang tertentu saja. Malah ada yang menganggap kreatif itu bakat. Semua SALAH!
Perlu kita tanamkan ke dalam pikiran kita bahwa kreatif bukanlah sesuatu yang “ada” (given), melainkan kreatif adalah sesuatu yang “menjadi ada” (being). Kreatif itu diciptakan, layaknya Tuhan menciptakan manusia dan seisi alam ini.
Melalui otak dan hati, Tuhan memberikan kesempurnaan kepada kita sebagai manusia untuk membuat, mencipta, dan berkarya. Tidak…