Jul 26, 2010

Cerita Tentang Service

CD film sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang, mulai dari mahasiswa sampai orang dewasa yang sudah memiliki keluarga sehingga dapat dimengerti sedemikian menjamurnya tempat-tempat penjual cd di kota bandung ini. Favorit saya adalah tempat cd yang ada disekitar dago, tempatnya besar, cd nya lengkap dan tentu saja karena saya bisa mendapatkan harga special di tempat tersebut hehe.

Ada pengalaman yang menarik yang ingin saya sharing, satu hari karena tempat favorit saya tersebut tutup, maka saya pergi ke tempat cd yang bukan langganan, yah walaupun dengan resiko membayar harga lebih mahal namun apa boleh buatlah, daripada weekend ini ga ada hiburan. Kemudian terjadilah perbincangan dengan penjaganya yang kebetulan lagi membernarkan cd yang agak berantakan di rak-rak cd nya.

“Mas, cd yang film action itu sudah keluar belom yah (maaf saya tidak sebutkan nama film yang saya cari biar kesannya ga promosi)?. “Blom” dengan cueknya, “oh gitu, kalo film ini cerita tentang apa sih mas?” saya tertarik dengan sebuah film seri yang sepertinya seru, mana tau si mas ini bisa menguatkan niat saya untuk memberli film tersebut dengan penjelasannya. Tapi apa mau dikata, dengan muka yang tetap saja tidak melihat kea rah saya dia menjawab “oh, yah film action-action gitulah mas, bunuh-bunuhan” sambil asyik merapihkan rak.

Sialan nih orang dalam hati saya, orang punya ekpektasi dan pengen beli dijawabin seperti dengan sikap seperti itu. Akhirnya tentu saja saya putuskan untuk tidak jadi membeli film seri yang berjumlah 5 CD tersebut karena bt dengan pelayanan si pelayan tempat cd tersebut.

Saya jadi teringat mengapa dulu saya akhirnya memutuskan berlangganan di tempat langganan saya tersebut. Ketika kita mencari sebuah cd dengan sigap si pelayan menuju arah tempat cd yang dimaksud dan jikapun dia tidak menemukan film yang saya cari dikarenakan sudah habis biasanya, si pelayan selalu mencoba memberikan alternatif film dengan sedikit cerita preview film yang dia maksud sehingga pada akhirnya saya kadang kala membeli film yang direkomendasikannya, wajar toh, hampir sebagian keputusan membeli dikarenakan rekomendasi dan ini bisa menjadi bagian strategi tempat film tersebut tentunya.

Kembali lagi, dua tempat cd yang sama-sama besar memberikan perlakukan yang sangat berbeda terhadap konsumennya, entah keduanya mengerti atau tidak mengenai marketing, namun setidaknya keduanya memberikan contoh yang sangat nyata bahwa marketing yang dalam hal ini service strategy adalah sangat penting untuk dapat membangun loyalitas dan WOM bagi tempat tersebut.

Sederhana saja, berikan senyum, layani dengan hati dan antusias, update preview filmnya (pura-pura ajah udah nonton, ga mungkin juga semua ditonton), berikan previlage seperti discount, info sms dan email film terbaru untuk pelanggan yang sudah mengisi database dan buat website atau blog dong, dijamin pelanggan Anda betah haha dan rekomendasi untuk membeli di tempat Anda akan terus mengalir seperti virus, pentingkan rekomendasi? Yah penting pasti karena saya ga yakin tempat-tempat cd ini berani beriklan jor jor an hehe.
(Sumber gambar: www.moviemarketingpr.com)

No comments: