Jul 29, 2010

Keong Racun, Media Online dan Kehebatannya

Inilah salah satu dari ribuan kisah sukses dengan memanfaatkan media online. Jika kita mengikuti perkembangan berita dan pernah melihat “keong racun” di YouTube mungkin Anda tahu maksud saya. Dua orang gadis muda, dengan melakukan lipsing dan memainkan mimik muka seolah-olah menyanyikan lagu “keong racun” dan sim salabim, nama Jojo-Sinta dan lagu “keong racun” itu sendiri menjadi terkenal dan menjadi bahan perbicangan dibanyak orang., RBT nya kabarnya juga luar biasa diminati, liputannya sampai beberapa kali keluar di media online nasional dan viewnya sampai 638.847 kali di you tube.  Dem, keren abislah, liat ajah pokoknya di YouTube.

Sebetulnya jika diperhatikan gaya bernyanyi dan konsep dari videonya, saya jadi teringat Moy Moy Palaboy  yang berasal dari Philipine kalo ga salah (salah satu linknya bisa dilihat http://www.youtube.com/watch?v=1GFaFBb8r5w, BEAUTIFUL GIRLS remix ) yang sempat heboh di kantor karena keluan gaya mereka dalam melakukan lipsing dibeberapa lagi luar negeri. (harus liat nih). But, apapun itu, Jojo-Sinta jelas lebih menarik dilihat dari Moy Moy Palaboy haha.

Kembali lagi, tidak salah memang bila tidak perlu tampil dipanggung musik untuk menjadi terkenal di jaman sekarang ini, cukup bermodalkan laptop dengan build in camera, rekam, mainkan lagu yang sudah terkenal, bergaya-gaya dan berikan sentuhan yang unik kemudian upload ke youtube, kirimkan beberapa link ke teman melalui facebook, twitter dan social media lainnya, hupp tiba-tiba dengan sedikit keberuntungan dan strategi yang tepat  muncullah brand kita, ditambah lagi kemudian media memblow-upnya seperti yang terjadi dengan ‘keong racun” ini.

“Sumpah deh, seumur-umur belum pernah gua denger judul lagu “keong racun” gara-gara baca di portal online baru tau gua dan ternyata cakep-cakep yah yang nyanyinya (Jojo – Sinta), cinta deh gua” wow inilah komen temen di Creasionbrand beberapa waktu lalu, pas gua lihat sendiri juga bener hehe, cakep, lagunya sih not interest karena saya bukan penggemar dangdut tapi karena Jojo – Sinta nya terus saja saya ikuti video You Tubenya haha..

Ngomong-ngomong kita sudah sedikit mendapatkan gambaran untuk membangun brand jelas media online merupakan tools yang sangat dashyat saat ini, yah tentu jika brand tersebut marketnya melek online, namun sebetulnya bagaimana sih agar brand kita bisa dibangun menjadi besar di dunia online? Saya ada beberapa pemikiran usil tentang bagaimana brand bisa dibangun dalam dunia online ini, yah walaupun jujur masih awam di dunia online setidaknya ini berdasarkan pengalaman beberapa brand yang pernah kita handle aktivitasnya di dunia online.

Pertama passion. Saya pikir inilah kunci awal kesuksesan membangun brand di dunia online. Passion ini berkaitan dengan dua hal, pengelola onlinenya dan owner brandnya. Ketika perusahaan memutuskan untuk masuk ke dunia online, maka pastikan orang-orang yang akan terlibat di dalamnya adalah orang-orang yang sangat mencitai dunia online, kalo perlu memang hidup sehari-harinya adalah online haha dan pastikan bahwa owner brand harus support penuh sehingga pemanfaatan potensi onlinenya bisa maksimal.

Kedua objectives. Brand harus jelas tujuannya ketika memutuskan masuk ke dalam dunia online, begitu banyak tujuan yang bisa dicapai dengan berbagai cara sehingga jelas sebuah brand harus jelas terlebih dahulu objectivenya. Contoh, ketika sebuah brand ingin masuk ke dalam social media seperti Facebook, maka brand tersebut harus dapat mendefinisikan apa tujuannya punya facebook? Dengan begitu strategi dan eksekusi dalam penggunaan facebook tersebut akan tepat sasaran dan berhasil.

Ketika strategy. Brand harus memiliki strategy yang tepat untuk bisa besar dalam dunia online, tentu besar dalam artian yang tepat, bukan besar gara-gara sesuatu yang negatif. Pemilihan media, alokasi budget, SDM dan teknologi pendukung harus diperhitungkan sedari awal karena ini akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian objectives perusahaan.

Keempat Eksekusi. Nah ini faktor sukses terakhir dan senjata akhir untuk bisa sukses di dunia online, butuh konsistensi, SDM yang tepat dan perhitungan yang tepat serta pendalaman insight yang terus menerus untuk bisa mengelolah aktivitas online yang berkembang demikian cepat karena prilakuk individu dan komunitas di dalamnya yang sangat unik dan beragam.

Ngomong-ngomong, ada yang tahu ga pencipta “keong racun” dan penyanyi sebenarnya? Mungkin (ini mungkin loh dugaan saya ajah) karena strategi dan pemanfaatan media khususnya online belum dilakukan maksimal atau kurang dilakukan dengan tepat sebelumnya sehingga lagu yang kalo ga salah sudah dinyanyikan lebih dari satu tahun lalu ini tidak popular dikalangan umum (mungkin cukup popular di daerah asalnya, nurut gua). Thanks to.. tentunya, kepada artis mendadak ngetop Jojo – Sinta yang melipsingkan (hebat yah, lipsing doang bukan nyanyi) sehingga lagu ini kemudian mendadak menjadi sangat tenar.

6 comments:

jabon said...

pertamax......

cahsiji said...

mak nyusssssssssssssss

jabon said...

lam kenal....

aLamathuR d'hileudjapanist II said...

Update info: per hari ini, video ini sudah diakses lebih dari 1,6 juta kali.. bener2 ruarrbiasaa..

Dari kepopuleran Shinjo (shinta-jojo) ini kabarnya mereka udah ditawari jadi video klip.. trus lagu keong racunnya juga udah "dibeli" sama Charlie ST12 dan diaransemen ulang ke pop-melayu (khas ST12).. dibawain oleh Putri Penelope (bentukan Charlie juga)..

Videonya bisa di cek di youtube juga.. ketik aja Putri Penelope...

btw, kasi bocoran dikit sample baju (yg buat giftnya) dong... ya semacam preview gitu deh..

aLamathuR d'hileudjapanist II said...

Update info: per hari ini, video ini sudah diakses lebih dari 1,6 juta kali.. bener2 ruarrbiasaa..

Dari kepopuleran Shinjo (shinta-jojo) ini kabarnya mereka udah ditawari job jadi model video klip juga.. trus lagu keong racunnya juga udah "dibeli" sama Charlie ST12 dan diaransemen ulang ke pop-melayu (khas ST12).. dibawain oleh Putri Penelope (bentukan Charlie juga)..

Videonya bisa di cek di youtube juga.. ketik aja Putri Penelope...

btw, kasi bocoran dikit sample baju (yg buat giftnya) dong... ya semacam preview gitu deh..

Brand Consultant said...

Wow,thanks..
@Jabon: Lam kenal juga
@cahsiji: Wow..kamu bener2 suka sama Shinta &Jojo ya..
@Alamathur: Thanks banget buat infonya..