Dec 10, 2012

Telor Colombus


Alkisah di jaman Colombus dulu di sebuah pertemuan, Colombus mengajukan sebuah tantangan kepada seluruh warga yang ada di pertemuan tersebut.

"Saya punya dua buah telur, siapa yang bisa mendirikan telur ini di lantai yang datar ini tanpa bantuan alat apapun bakal saya ajak jalan-jalan keliling dunia mencari pulau-pulau terbaru", tantangan ini tentu saja menarik minat banyak orang karena hadiahnya sangat menarik "paket wisata bersama Columbus" hehe.

1 orang kemudian mencoba dan gagal, orang kedua mencoba dan gagal dan seterusnya sampai orang ke 1000 tetap tidak ada yang berhasil mendirikan telur tersebut. Akhirnya tantangan ini ditutup karena tidak ada lagi yang mau mencoba karena tantangan tersebut terlihat "mustahil" di lakukan. Colombus pun kemudian berkata "Ok sudah tidak ada lagi yang mau mencoba? Masak sih tidak ada yang sanggup mendirikan kedua buah telur ini di lantai" Suara diam pun terhening sampai ketika Colombus ingin kembali bersuara muncul seorang anak kecil "saya mau coba paman bus, boleh ga?", "oh silahkan" kata Colombus.

Anak itu kemudian maju mendekati telur tersebut, dipecahkannya ujung masing-masing telur dan simsalabim berdirilah telur tersebut di lantai dengan tegapnya tanpa bantuan alat apapun. Semua orang di tempat itu terdiam sampai ada yang nyeletuk "ah kalo gitu sih gua juga bisa".


Nah sering tidak mendapati di dalam bisnis sehari-hari Anda menyeletuk "ah gua juga bisa kalo begitu"? Hayo ngaku deh, tapi pertanyaan kenapa tidak Anda lakukan kalo memang Anda bisa? Sederhana, karena tidak terpikir. Bisa sih urusan belakangan dalam bisnis, terpikir ga, itu masalahnya. Yah seperti telor Columbus di atas, gampang sekali melakukan apa yang dilakukan oleh anak kecil tersebut tapi masalah tidak ada yang terpikir untuk melakukan hal tersebut sampai anak kecil tersebut yang melakukannya.

Nah kesempatan kali ini saya ingin sharing ringan ajah bagaimana agar sebuah ide/peluang yah khususnya ide/ peluang bisnis bisa terpikir dan justru sebaliknya kitalah yang membuat orang "ketinggalan" dengan membuat mereka berkata "ah gua juga bisa kalo begitu". Kalo udah ngomong gitu khan itu indikasi udah "telat" dodol, udah dijadiin duit duluan sama orang lain haha.

1. Keep Update
Satu-satunya cara yang paling manjur untuk bisa menemukan peluang adalah dengan keep update. Einstein pernah berkata "orang gila itu adalah orang yang mengharapkan perubahan dengan melakukan hal yang sama setiap hari". Anda kerjaannya duduk ajah depan komputer, mengerjakan hal yang sama setiap hari, pas libur tidur santai di rumah sambil nontoh terus berharap peluang datang? GILA.

Dengan cara apa? Banyak cara untuk update tentunya, bisa dengan membaca, diskusi, nonton, jalan-jalan, bertemu orang, ikut seminar atau apapun yang bermanfaat untuk menambah ilmu dan informasi sehingga banyak hal yang bisa dikelola oleh otak sehingga muncullah peluang. Bertemu orang juga merupakan kunci membuka peluang yang luar biasa besar. So keep update, and create your own opportunity.

2. Have a Guideline
Kepikir nih gua jualan "A" cuma gimana cara jualannya yah? Nah ini juga ga kala banyak nih di dalam dunia bisnis, orang dengan segudang ide dan peluang tapi tidak tahu bagaimana caranya memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi "duit/ bisnis". Karena itulah, super kreatif sekalipun dalam dunia bisnis ga ada gunanya kalo ga ngerti bagaimana menjadikan itu uang, so jalannya? Cari guideline bagaimana menjadikan peluang menjadi bisnis misalnya dengan membaca buku teori bisnis, ikut seminar bisnis ataupun cari mentor bisnis yang dapat membantu kita me "monetize" peluang tersebut.

3. Do Action
Lah ide udah ada, caranya juga udah paham terus ga dilakukan or do Action yah tetep SAMA AJAH BOONG, mending ga ngerti cara melakukannya tapi tetap dilakukan (trial and Upgrade), at least masih ada peluang buat berhasil, karena banyak juga yang ga ngerti bisnis bisa berhasil, apa kuncinya? Liat point selanjutnya ntar yah.

Action itu adalah KUNCI keberhasilan, tidak ada keberhasilan tanpa ACTION. Ide standar sekalipun, ga ngerti teorinya sekalipun bisa jadi membuahkan sukses besar bila kita melakukan ACTION, tapi sebaliknya IDE hebat, Teori Melotok terus ga ada ACTION, kelaut ajah deh lu, NATO.

4. Be Consistent
Nah ini point lanjutan tadi alasan mengapa cukup banyak orang sukses bahkan tidak mengerti teori dan bisnisnya juga bisnis yang umum, mereka konsisten dan tekun melakukan melakukannya. Konsistensi akan mendorong orang untuk terus maju menjalani bisnisnya dan biasanya pada sebuah tahap karena konsistensinya akan muncul inovasi-inovasi/ peluang yang membuat orang tersebut lebih "sukses" dari sebelumnya.

5. Doa Dong
Percaya tidak doa memunculkan kreativitas? Percaya tidak doa adalah faktor utama bisnis kita bisa sukses? Ingin tidak bisnis kita maju dan penuh berkah? Kalo iya, ga perlu panjang lebar berdoa dan mintalah sama yang DI Atas, ga perlu panjang-panjang point ini sih hehe, asal Anda orang yang percaya sama Tuhan saya yakin Anda percaya bahwa Doa itu penting.

Nah sudah baca sedikit ulasan di atas pasti mau ngomong "A"ah gua juga bisa kalo nulis begini mah?" Kenapa ga nulis?

Creative Sales Behavior

4 comments:

Mochammad I H said...

nice artikel :)

Anonymous said...

Inspired...

white snow said...

Artikelnya bagus nih, sangat membangun, ngena banget buat temen2 yang belum memulai karena "belum kepikiran", hehehe

Mu_nawi said...

thanks membantu banget artikelnya