Skip to main content

Branding via Hot Spot


Beberapa hari lalu dikarenakan tuntutan pekerjaan saya berkesempatan pergi ke Kota Jambi dimana di sana juga secara kebetulan saya menemukan sebuah fenomena yang menurut saya pribadi cukup menarik untuk di bahas karena sepengetahuan saya hal ini tidak saya temui di kota kelahiran saya, nah fenomena yang saya maksudkan adalah “Jambi Cyber Park” sebuah kawasan nyaman dengan fasilitas internet gratis (free hot spot).

Oke singkat cerita setelah seharian berkeliling Kota Jambi untuk aktifitas riset saya di ajak oleh teman saya yang memang orang Jambi untuk beristirahat sejenak di sebuah tempat yang dinamakan “Jambi Cyber Park”. Mendengar kata Cyber Park otak saya langsung terasosiasi kepada sebuah tempat yang didukung oleh fasilitas teknologi informasi (internet based), dan ternyata memang benar apa yang saya pikirkan disini masyarakat bisa dengan gratis menikmati fasilitas internet gratis yang di provide oleh Speedy.

Setelah saya telusuri sedikit, Jambi Cyber Park ini memang inisiasi dari Brand Speedy sub bisnis dari Telkom yang menyediakan sebuah kawasan Cyber dimana disediakan akses internet (hot spot) gratis bagi siapa saja yang datang ke Jambi Cyber park ini. Hari gini kapan lagi ada akses internet gratisan? kalo pun ke kafe & resto sedikitnya kita harus keluarin modal untuk sekedar beli minum ato makanan, kalo pun ada yang gratisan biasanya sih tempatnya kurang nyaman. Nah melalui artikel ini saya ingin membahas mengenai 4 hal positif yang telah dilakukan oleh Speedy dengan adanya Jambi Cyber Park ini, langsung saja kita bahas yah.


1. Branding
Program Jambi Cyber Park ini saya kira merupakan media branding yang sangat baik terlepas dari objektif yang ditetapkan. Jambi Cyber Park ini banyak didatangi tidak hanya oleh kalangan anak muda saja namun juga kalangan orang tua yang memang hanya ingin sekedar beristirahat atau memang membutuhkan akses internet, nah benang merahnya saya nilai orang-orang yang datang ke Jambi Cyber Park ini merupakan market potensial bagi Speedy karena notabene mereka sudah “melek” teknologi dan “user” dalam hal ini membutuhkan akses internet, sehingga program branding melalui Jambi Cyber Park ini sudah menyasar target market yang tepat.

2. Selling
Untuk apa melakukan aktifitas Branding jor-jor’an kalo nggak menghasilkan selling sama sekali? setuju? nah di satu area saya menemukan terdapat satu spot khusus di mana terdapat sebuah area mirip outlet counter handphone dimana di sana di pajang dan dijual produk Speedy dan Telkom secara langsung, ditujukan bagi pengunjung Jambi Cyber Park yang memang tertarik untuk membeli produk Speedy.

3. Grab Community
Community merupakan bagian penting dari sebuah brand itu sendiri karena mereka secara tidak langsung merupakan konsumen kita, sehingga kita harus membangun enggagement dengan konsumen sehingga terbangun hubungan kerjasama simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam hal ini saya nilai Jambi Cyber Park ini merupakan media offline yang cukup bagus dalam membangun enggagement dengan konsumen, nah akan lebih baik jika Speedy atau Telkom menyelenggarakan sebuah aktifitas yang melibatkan konsumen untuk terlibat lebih jauh.

4. CSR Program
Selain aktifitas Branding, Selling, dan Grabbing Community Jambi Cyber Park ini saya nilai sebagai bagian dari program CSR (Corporat Social Responsibilty), dimana Speedy bersama Telkom memprovide sebuah area khusus yang menyediakan akses internet (hot spot) gratis untuk masyarakat. Hal ini merupakan sebuah upaya edukasi untuk melek teknologi informasi tentu saja dalam ranah dan konteks penggunaan secara bijaksana dan bertanggung jawab.

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…