Dec 4, 2012

Branding via Hot Spot


Beberapa hari lalu dikarenakan tuntutan pekerjaan saya berkesempatan pergi ke Kota Jambi dimana di sana juga secara kebetulan saya menemukan sebuah fenomena yang menurut saya pribadi cukup menarik untuk di bahas karena sepengetahuan saya hal ini tidak saya temui di kota kelahiran saya, nah fenomena yang saya maksudkan adalah “Jambi Cyber Park” sebuah kawasan nyaman dengan fasilitas internet gratis (free hot spot).

Oke singkat cerita setelah seharian berkeliling Kota Jambi untuk aktifitas riset saya di ajak oleh teman saya yang memang orang Jambi untuk beristirahat sejenak di sebuah tempat yang dinamakan “Jambi Cyber Park”. Mendengar kata Cyber Park otak saya langsung terasosiasi kepada sebuah tempat yang didukung oleh fasilitas teknologi informasi (internet based), dan ternyata memang benar apa yang saya pikirkan disini masyarakat bisa dengan gratis menikmati fasilitas internet gratis yang di provide oleh Speedy.

Setelah saya telusuri sedikit, Jambi Cyber Park ini memang inisiasi dari Brand Speedy sub bisnis dari Telkom yang menyediakan sebuah kawasan Cyber dimana disediakan akses internet (hot spot) gratis bagi siapa saja yang datang ke Jambi Cyber park ini. Hari gini kapan lagi ada akses internet gratisan? kalo pun ke kafe & resto sedikitnya kita harus keluarin modal untuk sekedar beli minum ato makanan, kalo pun ada yang gratisan biasanya sih tempatnya kurang nyaman. Nah melalui artikel ini saya ingin membahas mengenai 4 hal positif yang telah dilakukan oleh Speedy dengan adanya Jambi Cyber Park ini, langsung saja kita bahas yah.


1. Branding
Program Jambi Cyber Park ini saya kira merupakan media branding yang sangat baik terlepas dari objektif yang ditetapkan. Jambi Cyber Park ini banyak didatangi tidak hanya oleh kalangan anak muda saja namun juga kalangan orang tua yang memang hanya ingin sekedar beristirahat atau memang membutuhkan akses internet, nah benang merahnya saya nilai orang-orang yang datang ke Jambi Cyber Park ini merupakan market potensial bagi Speedy karena notabene mereka sudah “melek” teknologi dan “user” dalam hal ini membutuhkan akses internet, sehingga program branding melalui Jambi Cyber Park ini sudah menyasar target market yang tepat.

2. Selling
Untuk apa melakukan aktifitas Branding jor-jor’an kalo nggak menghasilkan selling sama sekali? setuju? nah di satu area saya menemukan terdapat satu spot khusus di mana terdapat sebuah area mirip outlet counter handphone dimana di sana di pajang dan dijual produk Speedy dan Telkom secara langsung, ditujukan bagi pengunjung Jambi Cyber Park yang memang tertarik untuk membeli produk Speedy.

3. Grab Community
Community merupakan bagian penting dari sebuah brand itu sendiri karena mereka secara tidak langsung merupakan konsumen kita, sehingga kita harus membangun enggagement dengan konsumen sehingga terbangun hubungan kerjasama simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam hal ini saya nilai Jambi Cyber Park ini merupakan media offline yang cukup bagus dalam membangun enggagement dengan konsumen, nah akan lebih baik jika Speedy atau Telkom menyelenggarakan sebuah aktifitas yang melibatkan konsumen untuk terlibat lebih jauh.

4. CSR Program
Selain aktifitas Branding, Selling, dan Grabbing Community Jambi Cyber Park ini saya nilai sebagai bagian dari program CSR (Corporat Social Responsibilty), dimana Speedy bersama Telkom memprovide sebuah area khusus yang menyediakan akses internet (hot spot) gratis untuk masyarakat. Hal ini merupakan sebuah upaya edukasi untuk melek teknologi informasi tentu saja dalam ranah dan konteks penggunaan secara bijaksana dan bertanggung jawab.

No comments: