Dec 10, 2012

Warung Avatar


A: "kok di timeline gue banyak banget orang yang pake avatar kartun muka mereka ya. Pada pake aplikasi apaan sih."
B: "itu bukan aplikasi. Lu langsung aja mention ke @warungavatar buat dibuatin avatar muka lu".
A: "itu bikin pake apa? Mobile application gitu?"
B: "orang yang bikin. Grafik designer yang bikin"

Beberapa waktu lalu, sempat booming dan happening sekali soal custom avatar yang bertebaran di timeline. Bahkan di timeline saya, ada lebih dari 20 orang yang menggunakan konsep avatar yang mirip, yaitu dengan gambar muka mereka dalam versi kartun atau grafik plus warnanya yang soft dan ada username id twitternya di samping gambar tersebut. Setelah diselidiki, ternyata semua ini berasal dari akun twitter @warungavatar. Ketika sedikit melakukan observasi, akun ini dibuat baru-baru sekali. Disitu dicantumkan pula siapa yang mendesainkan avatar-avatar request dari twitter user.

Setelah sempat bertanya langsung kepada pemilik akun twitter @warungavatar ini, ternyata konsep desain avatar ini sudah ada sejak 2011 namun publikasinya melalui akun personal, pemilik dan pendesain avatar ini. Sampai akhirnya happening dan memiliki komunitas yang cukup banyak, #warungavatar ini melakukan beberapa tahapan.


1. Grab the golden chance
Percaya atau tidak, kehadiran social media semakin membuat sebagian besar orang menjadi narsis dan senang mempublikasikan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya. Dalam hal ini, #WarungAvatar memanfaatkan kondisi ini. Dia memanfaatkan fitur avatar yang ada di twitter. Dia membuka jasa pembuatan avatar dalam bentuk versi kartun atau grafik desain. Hal yang dilakukan oleh #WarungAvatar adalah salah satu hal jenius yang bisa dilakukan dari pemanfaatan fitur yang ada di twitter.

Avatar adalah sebuah bagian penunjuk identitas diri di twitter selain username dan bio. Dengan membuatkan mereka desain wajah mereka, #WarungAvatar ini sudah memanfaatkan kenarsisan para pengguna social media untuk ,menjadi sebuah lahan bisnis yang bisa diuangkan. Dampak dari hal ini adalah, karena produk yang diberikan oleh #WarungAvatar adalah produk yang bersifat personal dan menarik, maka kecenderungan orang untuk menggunakannya lebih lama, sehingga nantinya akan berpengaruh kepada publikasi.

2. Give it free and get free publication
Yep. Kesadaran akan kemunculan #WarungAvatar yang baru-baru ini membuat #WarungAvatar memasang harga yang terjangau untuk para pelanggan atau calon pelanggannya. Harga murah bukan berarti murahan. Dia hanya ingin #WarungAvatar dikenal dulu oleh masyarakat luas. Besar kecilnya harga jasa pembuatannya, bukan suatu masalah. Dalam hal ini, dia membuka sesi khusus dimana para followers di akun twitter pemilik #WarungAvatar ini bisa mendapatkan kesempatan untuk dibuatkan versi kartun dari wajah mereka untuk avatar mereka.

Dengan tujuan untuk memuaskan pelanggan, #WarungAvatar memberikan sebagian orang secara free. Dari hal ini, dampak yang dihasilkan sangat bagus. Dia mendapatkan publikasi gratis dari orang-orang yang sudah memasang hasil desain dari #WarungAvatar sebagai avatar mereka. Hasil desain yang menarik dan sangat personal yang menggambarkan secara khas wajah pemilik setiap akun twitter, serta pemanfaatan lahan avatar dimana mudah dilihat oleh twitter user lain, #WarungAvatar ini sudah berhasil memanfaatkan lahan kecil dari besarnya lahan social media untuk menjadi lahan bisnis.

3. Networking
Social media adalah mengenai social, atau kemasyarakatan. Kalo tidak bisa bersikap social, maka kamu akan tertinggal sekali di social media. Bagusnya dari #WarungAvatar ini adalah pemanfaatan jaringan yang mereka miliki. Pemilik #WarungAvatar ini adalah @aryanatar yang notabene adalah salah satu social media addicts yang memiliki banyak komunitas. Dia memperkenalkan konsep desain untuk avatar yang dia buat dengan membuatkan teman dan sahabat dia yang berasal dari social media dan menyuruh mereka untuk memasang sebagai avatar mereka.

Teman dan sahabat dia yang notabene memiliki followers yang banyak plus konsep desain avatarnya itu sendiri yang menarik dan bersifat personal, membuat desain dari #WarungAvatar ini akhirnya menjadi sebuah trend untuk fitur avatar dan bisa dijadikan untuk sebuah bisnis. Dari networking ini, akhirnya dia mendapat publikasi yang luas, sampai akhirnya akun twitter dari Chef Bara pun sempat menggunakan avatar hasil buatan #WarungAvatar.

Nah, masih mikir kalo bisnis itu sulit dan langkah-langkah untuk mempublikasikan bisnis kita itu harus pake cara yang mahal?

Creasionbrand

No comments: