Corporate Collaboration, Membangun Kekuatan Secara Berjamaah

Beberapa hari yang lalu saya sempat bertemu dengan beberapa pengusaha kuliner  yang kebetulan juga sahabat-sahabat baik saya di bandung, ada beberapa topik menarik yang sempat kita bahas salah satunya tentang Corporate Collaboration di mana hal ini akan menjadi sangat penting dalam setiap bisnis saat ini dan dimasa yang akan datang.

Seperti apa sih Corporate Collaboration itu? Saya ambil contoh sederhana ajah, jika kamu pengusaha Mie Ayam, pesaing kamu juga pengusaha mie ayam dan mungkin juga temen kamu yang lain bisnisnya juga menggunakan Mie yang sama, di sini muncul pertanyaan mengapa kamu, pesaing kamu dan teman kamu tidak berkolaborasi saja untuk mendapatkan harga terbaik untuk Mie nya? Misal kamu memiliki 5 cabang dengan pengambilan 3 ton per bulan, Pesaing kamu memiliki 3 cabang dengan pengembalian 1 ton per bulan dan temen kamu yang kebetulan juga pake Mie mengambil 1 ton per bulan.

Pertanyaannya? kira-kira dari 3 pihak (kamu, pesaing dan temen) dapat harga yang berbeda tidak? Bisa jadikan mungkin karena hubungan dekat dengan supplier mie, atau kontrak dll, pertanyaan selanjutnya, jika pembelian (kamu, pesaing dan temen) digabung artinya ada 5 ton per bulan, bisa tidak dijadikan bahan negosiasi ke supplier tersebut? Atau coba sekali waktu hitung HPP, bagaimana jika (kamu, pesaing dan temen) buat ajah sekalian perusahaan produksi Mie, bisa jadi bisnis baru, harga jual ke (kamu, pesaing dan temen) bisa lebih murah karena bisnis sendiri dan secara kualitas juga mungkin lebih terjaga, masuk akal?

Coba sedikit kita diskusikan, sisi manfaat besar dari Corporate Collaboration yang mungkin bisa menjadi bahan renungan buat pebisnis khususnya yang belum punya daya tawar yang kuat dan malah mungkin dalam beberapa hal menjadi beban karena dalam hal ini katakanlah memang perusahaan masih kecil dan blom di"anggap" oleh pihak2 di mana kita cukup bergantung dengan pihak tersebut.

1. Reduce Cost

Alasan paling sederhana kita kita melakukan Corporate Collaboration khususnya perusahaan kita masih kecil jelas adalah Menurunkan Biaya. Sederhananya membeli Ceker Ayam 10 Kg perhari jelas akan berbeda harga dan perlakuan supplier dengan yang membeli 1 ton perhari, yah itu realitanya bukan?, diskriminasi harga namun yah sah-sah ajah dalam bisnis karena memang biaya untuk melayani membeli 10 kg sama 1 ton bisa sama ajah atau bahkan lebih murah hehe.

Dengan berkolaborasi 1.2.3 bahkan sampai 10 perusahaan akan membuat VOLUME dan DAYA TAWAR menjadi lebih baik sehingga dalam hal paling sederhana bisa menurunkan BIAYA HPP untuk bisnis kita. Yah kalo biasa beli ceker 23.500 karena cuman main kiloan, semoga dengan Corporate Collaboration biarpun belinya tetep kiloan tapi harga sudah bisa di 20 ribu, signifikan bukan untuk HPP dan margin profit?

2. Sustainability
Corporate Collaboration dalam bisnis akan lebih menjadi keberlangsungan dalam banyak hal tentunya, yah paling sederhana adalah keberlangsungan supply bahan baku dan kestabilan harga dalam jangaka panjang. Pusing tidak kalo harga ayam tiap saban hari naik turun? pusing tentunya khan. Nah jika melakukan Corporate Collaboration maka dengan VOLUME kita bisa melakukan kontrak jk panjang dengan supplier sehingga akan ada jaminan supply untuk bisnis kita bisa terus jalan dengan stabil.

3. Longterm Value
Secara jangka panjang Corporate Collaboration akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap perusahaan tentunya, dalam bahasan mengenai supply bahan baku ajah, dampak terhadap keuntungan perusahaan akan terasa cukup signifikan, ini baru dari sisi Corporate Collaboration yang dilakukan untuk pembelian bahan baku, bayangkan jika ini dilakukan dalam aspek-aspek lainnya seperti kegiatan Operasional, marketing dan sebagainya..

4. Market Dominance
Corporate Collaboration sangat mungkin menciptakan Market Dominance, dengan VOLUME dan sumberdaya yang bersatu, kekuatan yang dapat dibentuk tentu bisa sangat besar dan di era Hyper competition seperti saat ini, rasanya hal ini memberikan solusi yang sangat ok untuk pemain UKM dan lokal khususnya dapat bersaing dari gempuran pemain-pemain besar dengan capital besar. Analogi sederhana ajah, jika kita punya 3 cabang, bagaimana kita bisa menghadapi pemain besar dengan ratusan cabang? Budget promosi misalnya, yah ke laut pasti dibandingkan dengan pemaing yang punya ratusah cabang, jadi solusinya? Corporate Collaboration

Semua hal diatas baru saya berikan contoh2 terkait bahan baku, pada prateknya Corporate Collaboration sangat bisa dilakukan di segala bidang, seperti salah satu partner saya sering mengatakan "Mas rex, dalam bisnis berjamaah adalah kunci penting untuk terus bisa berkembang", 1000% Aggree Berjamaah ini adalah bahasa lain dari Corporate Collaboration. Jadi? Yuk mulai dipikirkan untuk "berjamaah" rapatkan barisan sehingga menciptakan competitive advantage yang kuat untuk bisnis kita.

Semoga Bermanfaat.

Baca Popular Post Lainnya

Tingkatkan Leads dan Sales Via Affiliate Marketing
Tingkatkan Penjualan dgn Speak-Speak Dewa (SSP)
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan

Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online