Brand Adalah Tentang Nilai

Topik soal brand dalam dunia bisnis seperti merupakan topik yang tidak pernah habis-habis dan selalu menarik untuk dibahas, sejak kuliah sampai hari ini rasanya topik soal brand hampir tidak pernah ada kata kata kadaluarsa,terus relevan dan berkembang sesuai jamannya. Pun di keseharian kita sebagai pebisnis, brand adalah perbincangan setiap hari yang selalu jadi bahan pemikiran dan diskusi yang menarik.

Dalam banyak kesempatan kita lihat ada "brand" yang muncul, jadi heboh dan mungkin tidak berapa lama hilang or bahkan sukses besar, yg hari ini baru keluar eh tiba-tiba tahun depan udah jadi market leader, ato yg hari ini heboh banget eh tahun depan sudah hilang ditelan bumi,

Lantas apa itu Brand? Apakah bisnis yang kita jalankan saat ini punya Brand? Wuih nampak seru yah sepertinya membahas hal ini, walaupun saya bukan pakar brand, izinkan saya berbagi mengenai apa yang saya pahami tentang brand.

Buat saya Brand adalah kumpulan "Nilai" yang dibangun untuk setiap Stake Holder di dalam bisnis yang kita jalankan. Jadi ketika kita menyebut Apple Computer maka akan muncul sekumpulan nilai yang membentuk Apple Computer tersebut baik itu "keren" "Tempat kerja yang luar biasa" "Return bisnis yg besar" dan sebagainya tergantung stake holder mana yang memberikan "nilai" tersebut. Coba kita sedikit ulik stake holder siapa saja yang memiliki peran "nilai" terhadap brand.

1. Tentang Nilai yang ada di hati dan benak konsumen
Jika Anda memiliki sebuah bisnis, bertanyalah ke konsumen anda tentang bisnis Anda tersebut, tanyalah bagaimana pendapatnya tentang bisnis anda dan jawaban dari pertanyaan Anda tersebut itulah "brand" anda. Ya, brand adalah soal "nilai" apa yang ada di hati dan benak konsumen kita yang terungkap baik sengaja maupun tidak sengaja oleh konsumen Anda tersebut.

Kita bisa mengatakan misalnya XXX Coffee Shop adalah Brand keren dan gaul, namun ketika konsumen kita mengatakan sebaliknya bawah XXX Coffee Shop adalah "jadul, ga update" maka itulah "Nilai" Brand Anda. It is not about what you say but it is about what your customer says about.

2. Tentang nilai yang didapat oleh perusahaan
Yah hal kedua yang juga penting bagaimana bisnis kita bisa dikatakan memiliki brand adalah ketika "brand" tersebut memberikan nilai bagi perusahaan baik dalam jangka pendek apalagi dalam jangka panjang. Brand akan memberikan kita bisnis yang konstinue, profit yang menguntungkan dan tentu hal yang juga sangat penting membuat bisnis kita "bernilai" tinggi.

Apa yang membuat Apple, CocaCola dan banyak perusahaan terkenal lainnya bernilai sangat tinggi secara valuasi? Yes it is BRAND. Intangible assets yang punya dampak sangat besar terhadap nilai bisnis yang kita bangun.

3. Tentang nilai bagi setiap orang di dalam perusahaan
Hal ketiga yang penting dalam eksistensi brand adalah tentang nilai bagi setiap orang di dalam perusahaan. Bisnis mempunyai nilai dan makna yg akhirnya membentuk sebuah "brand" selalu punya kaitan erat dengan "kebanggaan" dan Kecintaan setiap internal perusahaan yang terbangun terhadap brand tersebut sehingga akhirnya brand tersebut punya nilai dan memang menjadi sebuah "brand" yang kuat.

4. Tentang nilai bagi banyak orang
yang terkakhir brand adalah tentang nilai bagi banyak orang. Sebuah brand memiliki nilai ketika brand tersebut memberikan dampak terhadap banyak orang baik itu bersifat negatif maupun positif tentunya. Thosmas Alfa Edison itu brand, melalui beliau banyak masyarakat dan terjadi revoluasi yang luar biasa melalui listrik dan penemuannya. Umar Bin Hatab itu brand, karena kepemimpinan yang tegas beliau menjadi panutan bagi banyak umat islam dalam hal kepemimpinan dan banyak lagi "brand" baik itu orang, produk, jasa dan apapun yang memiliki sebuah kesamaan nilai yang tinggi terhadap brandnya karena memberikan "nilai" yang besar bagi banyak orang.

Bisnis kita/ Produk kita.... sudahkah menjadi BRAND? Sudahkah kita memikirkan "nilai" apa yang ingin kita bangun terhadap Brand kita kepada setiap Stake Holder perusahaan kita?

At the end. untuk saya pribadi, Brand adalah sekumpulan nilai, PR besar yang harus dijalankan karena membangun "nilai" untuk setiap stake holder yang berbeda bukanlah pekerjaan gampang namun jika "nilai" brand tersebut dapat dibangun dengan kuat, bisnis yang kita jalankan akan lebih mudah untuk menjadi besar dan terus berkembang secara kontinue.

Semoga Bermanfaat.

Rekomendasi Buat di Baca

Jangkrik Rambo
8 Tips Melakukan Konversi (Jualan) di Website
5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca
Calon Gubernur Gaul
Buy-ology, Eyang Subur dan Ritual Marketing

Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online