Mar 20, 2012

Agung Hercules, Brand, Fitness & Dangdut


Nah seperti yang saya sering katakan sebelumnya, media online saat ini memang sangat powerfull sekali, orang yang kemarin mungkin tidak dikenal, bahkan terdengar saja blom namanya tiba-tiba menjadi tenar dan dibicarakan banyak orang di social media. Lagi iseng buka portal online untuk baca-baca tiba-tiba melihat sosok Agung Hercules, penyanyi Dangdut Macho (Yoi Macho) dengan lagunya "ayo fitnes" "monalisa" "Astuti" ternyata sedang ramai dibicarakan di linimasa di twitter.

Siapa itu Agung Hercules, buset deh dari namanya ada waktu pertama baca muka saya mesem-mesem sendiri, paten nih orang membuat Brand Namanya, punya keunikan dan out of crowd, pas liat photonya buset ternyata beneran badannya kaya pelatih fitnes sesuai dengan brand name yang diusungnya wkwk. Dan tentu saja sebagai orang yang bergerak di bidang marketing ga tahan buat tahu lebih jauh mengenai Agung Hercules ini langsung deh search twitternya (9.626), video youtube (111 ribu penayangan) dan percakapan di twitternya jika dipantau dari twazzup juga cukup ramai. Kesimpulannya "bakal tenar nih orang"hahaha (pendapat pribadi loh, biasa media khan sekarang hunting berita di social media juga)


Nah udah yah bahas Agung Herculesnya, karena ini blog marketing tentu saya ingin sedikit diskus dari sisi marketingnya, soal pemihan brand name "hercules" yg buat saya cukup unik untuk ukuran penyanyi dangdut, kira-kira apa yah dasar si Agung/ managernya kemudian memilih nama Hercules yg sudah sangat terkenal sebagai Jagoan di negeri Yunani sana?

1. Easy to Remember
Coba kalo si Agung Hercules pake nama aslinya Agung Pasha, mungkin namanya tidak cepat akan setenar sekarang karena terlalu umum untuk ukuran orang Indonesia dan juga tidak terasosia dengan apapun yang memudahkan Agung untuk membangun brand Namenya dijagat hiburan Indonesia. Dengan menggunakan Hercules, si Agung dengan cerdik mengendorse audiencenya untuk cepat mengingat dirinya, blom lagi ditambah keunikan Badannya yang memang seperti "hercules" hehe.

Dalam memilih nama brand pun kita sebagai pemasar harus mampu membuat Brand Name yang easy to remember sehingga cost dalam melakukan komunikasi bisa lebih diarahkan untuk membangun positioning dan value dari brand, bukan malah sibuk untuk mengedukasi orang bagaimana cara membaca nama brandnya dengan benar karena orang binggung pas baca Brand namenya bagaimana spelling yang benarnya. Coba gimana bacanya yg bener brand ini Yves Saint Laurent atau 5asec, sudah khan? Kalo bacanya ajah susah gimana lagi mau mengingatnya, yah kalo di luar negeri mungkin mudah karena memang bahasa setempat hehe.

2. Unique
di negeri kita ini, Jika ingin dibicarakan orang, selain karya yang memang luar biasa yg memang patut dihargai jadilah Unik dan aneh. Briptu Norman, Sinta Jojo, Bripda Syaiful (polisi ganteng) coba sebut apa kelebihan/ karya mereka sebelum tiba-tiba muncul di youtube dan twitter? Ada artis yang mungkin banting tulang puluhan tahun untuk tenar ga tenar-tenar, tapi mereka muncul hanya dalam hitungan hari dan bulan untuk menjadi perbincangan nasional dan muncul di berbagai media.

Nah si Agung Hercules ini juga buat saya pribadi unik, blom pernah terdengar sekalipun dan terlintas dibenak saya bakal muncul pendangdut dengan mengangkat positioning yang mengarah pada olahraga fitness, sampe ke judul laginya haha.

Keunikan bahkan dalam pemilihan nama dalam dunia marketing dapat mendrive sebuah story atau bahan obrolan yang memungkinan sebuah brand dengan effort yang kecil menjadi terkenal dengan cepat, jadi keunikan harus betul-betul diperhatikan ketika membuat sebuah nama Brand, apakah kelak dapat menjadi bahan cerita atau konsumsi media ketika di launching ke public.

Semoga celoteh singkat ini bisa memberikan sedikit inspirasi dalam membuat brand name untuk produk yang ingin kita luncurkan. Selamat siang, salam Fitness hehe.

creative sales

Image Source: http://cdn.sximg.com

1 comment:

Ranmaru said...

LOL. Emang unik kalo ngobrolin sesuatu dari segi branding.