Yuk dompleng kesuksesan piala dunia!

Momen khusus seperti Piala Dunia tentu bukan momen yang boleh dilewatkan begitu saja. Demamnya segenap masyarakat dengan event yang diselenggarakan di Afrika Selatan ini tentu membuka banyak peluang bagi aktivitas marketing kita. Apa peluang yang bisa dimanfaatkan? Tentu saja bergantung pada apa produk atau jasa Anda, serta siapa target market yang Anda tuju. Yang jelas, Anda bisa cari inspirasi dari beberapa ide berikut 

a.    Nonton bareng pastinya!
Nonton bareng ini bisa dijadikan momen yang tepat untuk mencapai beragam tujuan yang Anda tetapkan. Untungnya di penyelenggaraan kali ini, (berdasarkan info dari berbagai media) tidak adanya lisensi khusus yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan acara Nonton Bareng. Berikut beberapa tujuan yang bisa Anda tetapkan melalui acara Nonton bareng :

-    internal engagement
acara Nonton Bareng bisa Anda selenggarakan sebagai momentum kumpul-kumpul seluruh keluarga besar organisasi Anda. Melalui acara ini selain silaturahmi diciptakan, Anda tentu bisa menyisipkan berbagai campaign internal yang sedang dijalankan, termasuk di dalamnya info-info program marketing terbaru yang wajib Anda share dan Anda minta seluruh organisasi Anda untuk mendukung serta menyebarkan WOM nya 

-    maintaining customer/gathering
acara Nonton Bareng tentu bisa diselenggarakan dengan tujuan menjalin dan memelihara hubungan yang lebih erat dengan para konsumen. Selain mereka kita traktir makan sambil nonton bareng para customer lainnya, perusahaan juga bisa mengadakan bagi-bagi hadiah agar para customer lebih tertarik untuk hadir. Tentu saja selama acara akan ada sosialisasi program campaign yang sedang dijalankan atau berbagai aktivitas marketing lainnya.

-    Grabbing new customers!
Kalau tujuan yang ini merupakan pengembangan dari tujuan sebelumnya, di mana pada saat customer kita menghadiri acara nonton bareng, kita meminta mereka untuk membawa  teman dan kerabat, agar tentu kita mendapatkan database yang lebih banyak dan memiliki new potential customers..

b.    Kompetisi kompetisi!
Kompetisi emang ga ada matinya, naluri orang-orang untuk selalu bersaing dan melibatkan adrenalin tentu menjadi suatu hal yang menarik. Dari mulai kompetisi menebak score, kompetisi tendang bola, kompetisi mewarnai maskot Piala dunia atau apa saja... yang jelas hubungkan dengan target market Anda, kalau anak-anak pastikan kompetisinya sesuai dengan ketertarikan mereka, begitu juga dengan usia dan karakteristik target market lainnya.

c.    Merchandise..
Salah satu yang diburu oleh para pecinta piala dunia adalah berbagai merchandise yang beredar selama event ini.. dari mulai mug, kaos, boneka dan lain-lain. Namun untuk opsi ini sebaiknya Anda lebih memperhatikan mengenai lisensi dan ijin, karena tidak boleh begitu saja mencantumkan gambar maskot maupun logo Piala dunia (bahkan tulisan Afrika Selatan) pada merchandise yang Anda buat sendiri.

Jadi? Sudah siap menangkap peluang yang terbuka lebar selama piala dunia? Tipsnya pastikan Anda menghubungkan event legendaris ini dengan ketertarikan target market Anda, karena suasana hati masyarakat sekarang sedang... berpestaa bolaaa!!! :D

Comments

Anonymous said…
nice. moment2 seperti piala dunia ini memang seharusnya di manfaatkan oleh brand untuk berbagai tujuan khususnya yang anda sebutkan di atas.

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online