Tutup Galon Pertama di Dunia

Jika diperhatikan, saat ini Aqua sedang gencar-gencarnya mengkomunikasikan perubahan pada tutup galonnya yang dibuat dengan metode double injection di berbagai media.

Coba kita lihat sedikit cuplikan wawancara Tani Sulaeman, Brand Director Danone Aqua yang saya kutip Astaga.com,“Selain kombinasi material plastik Poly-Ethilene, kelebihan lain adalah lebih mudah dibuka sehingga lebih nyaman untuk ibu ibu rumah tangga yang menggunakan produk kami,” dan “Inovasi ini kami persembahkan setelah dua tahun menyiapkan konsep, teknologi, desain, perancangan, mendesain mesin dan riset pasar yang merupakan wujud komitmen Aqua untuk menjaga kebaikan alam di setiap tetesnya.”
 

Menarik sekali memang melihat sepak terjang dari Aqua ini, saya yang notabese pernah terjun langsung di industri AMDK dan pernah berhadapan langsung sebagai competitor dengan Aqua ini merasakan betul kreatifitas dan agresivitas aktivitas marketing dan branding yang Aqua lakukan sangat gencar dan cukup inovatif. Kembali lagi, ke tutup galon, ada pertanyaan yang menggelitik saya sebetulnya dari perubahan tutup galon Aqua ini, apa sebetulnya yang menjadi tujuan dari Aqua mengganti tutup botolnya? Coba yuk kita analisa kecil-kecilan kenapanya.


(1) Meningkatkan penjualan?, (CMIIW) yang membeli Aqua Galon dari pengamatan saya adalah konsumen yang bisa dikatakan loyal, karena menyangkut persepsi dan brand image di mana Aqua sangat identitk dengan air minum berkualitas dan sehat yang berasal dari alam, yah kecauli pada kondisi-kondisi tertentu dimana Galon Aqua sedang kosong saja mungkin orang akan beralih ke minuman merek lainnya tapi begitu supply lancar lagi yah ramai-ramai pindah kembali ke Aqua (personal experience hehe), jadi entahlah apakah hal ini punya korelasi langsung ke penjualan Aqua, tapi yang pasti dari sisi internal target ini pasti menjadi prioritas juga.


(2) kepentingan konsumen (membukanya jadi lebih mudah)?, hmm kok rasanya bukan sebuah alasan yang terlalu tajam yah karena rasanya faktor kesulitan membuka botol bukan menjadi pertimbangan utama ketika orang memutuskan untuk membeli galon sebuah merek, toh belum tentu juga yang bersangkutan membuka galonnya sendiri.Yang penting bagi konsumen menurut saya adalah ketersediaan produk (availability), harga dan Agen penjual tentunya. Coba saja salah satu tidak berkerja sesuai rencana, bisa kacau penjualan galon perusahaan.


Atau (3) rebranding dan menciptakan experience yang lebih ketika orang mengetahui, melihat dan membuka tutup galon Aqua? Bisa ajah sih, karena seharusnya memang merek harus melakukan peremejaan pada produknya, dengan begitu pesan komunikasinya juga dapat diperbaharui dan menggiring persepsi konsumen bahawa Aqua merupakan perusahaan yang inovatif dan memberikan kebaikan alam secara terjaga melalui tutup botol double injectionnya.


Terkakhir alasan (4) teknis dan biaya khah? Mungkin ajah inovasi baru ini secara cost akan membuat perusahaan lebih efisien dan dengan teknologi baru ini juga kualitas air dapat lebih terjaga, yah jika memang betul toh yang diuntungkan dua-duanya baik Aqua maupun konsumennya jadi why not hehe.


Ah apapun itu, ini khan cuma analisa usil ajah dari saya hehe, tetap saja apa yang dilakukan oleh Aqua ini merupakan terobosan inovasi yang luar biasa baik bagi perusahaan maupun bagi customer Aqua. Jika ujung-ujungnya menguntungkan konsumen dan secara cost masuk hitungan yah kenapa tidak, if you don’t, another day somebody else will. Selamat buat Aqua.

Comments

Anonymous said…
hello there,

Yes you're correct with all of your assumption bellow...

but one think you missed that Aqua make that new gallon cap because of reason piracy :)

so much piracy aqua cap in indonesia and very easy to copy from last cap design.

So we make it a new design that no one can copy, unless have really big big cash investment to do it...


best regards,

AL Product Designer
Anonymous said…
Yang bikin desain baru tutup galon aqua ini pasti ngga pernah repot ganti aqua dan buka tutup galonnya. Faktanya desain tutup baru galon akua malah makin susah tuh.
Anonymous said…
Makin susah dibuka

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online