Why Email Marketing

Kadang-kadang lucu jika berbicara dengan beberapa sahabat dan klien yang sama sekali tidak memahami apa dan mengapa email marketing, yang nota bene sudah kita lakukan sejak munculnya email . E-mail perlu distrategikan jika sudah bicara lingkup corporate.“Di strategikan man?” coba Anda pikirkan, ketika mengirim email, apa sebetulnya tujuan dari pengiriman email Anda? Saya yakin ada dua hal, pertama memberikan informasi dan kedua memberikan penawaran.

Pertanyaan saya, apakah bisa sama materinya jika mengacuh pada dua tujuan tersebut? Tentu tidak, karena itulah secara sederhananya email marketing perlu di strategikan.Saya sih sedang tidak membahas bagaimana strategi melakukan email marketing, pada tulisan kali ini (maybe next article) saya lebih ingin sharing, mengapa sih email marketing itu penting bagi perusahaan untuk setidaknya mulai memikirkannya. Mari kita coba kupas satu per satu.

1. Cost EffectiveEmail marketing dapat dikatakan sebagai tools yang sangat hemat biaya atau bahkan tidak berbiaya (kecuali Anda menggunakan agency email marketing disebabkan data dan pengolahan email Anda cukup banyak dan sulit) di mana penyebaran sama sekali tidak mengeluarkan biaya, berbeda bila di bandingkan Anda melakukan penyebaran informasi (brosur, flyer) melalui media offline seperti Surat. Contoh lain, Anda ingin berkirim ke calon klien dank lien (untuk calon klien penawaran produk, untuk klien ada promo diskon), tentu brosur yang dikirim akan berbeda toh, bisa Anda bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat 2 jenih brosur tersebut? Melalui online hal ini sudah bukan menjadi kendala karena Anda cukup membuat disain yang berbeda, sent and done.

2. Targeted Kelebihan lain dari email marketing adalah sifatnya yang sangat terarah sesuai dengan siapa Anda akan akan berkirim email. Hal ini bisa terjadi karena biasanya database email yang didapat sudah tersegmentasi dari sumbernya. Misalnya, jika database target marketi Anda adalah mahasiswa, maka sumber mencari database baik melalui kegiatan online maupun offline tentu saja akan Anda cari dari universitas-universitas bukan dari sumber lainnya. 

3. Scale of Mass
Email marketing memiliki kelebihan yang sangat tajam dalam hal quantitu penyebaran informasi atau penawaran. Anda bisa mengirim sebanyak mungkin informasi atau penawaran sejauh Anda memiliki databasenya dan sekali lagi dengan biaya yang sangat rendah bila dibandingkan dengan surat biasa. Bayangkan jika Anda harus mengirim 100 ribu surata pada hari atau minggu yang sama katakanlah, apakah mungkin? Selain itu berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk hal tersebut?

4. Measurable
Email marketing memiliki karakteristik yang sangat terukur, berbeda dengan media offline seperti brosur ataupun flyer, dengan email Anda bahkan dapat mengetahui apakah email yang Anda kirim ada feedback secara langsung atau tidak, atau setidaknya Anda akan mengetahui apakah email tersebut sampai ketujuan yang Anda inginkan. (kita akan bahas lagi lebih detail mengenai ukuran ini di topik selanjutnya, silahkan ikuti terus bacaan ini).

5. Customized
Apakah semua email yang Anda kirim pasti sama semua? Tentu saja tidak, setiap email yang dikirim baik content maupun content email dan bahkan kreatifitas email tersebut bisa jadi sangat berbeda satu sama lainnya.Berikirim ke Mahasiswa dan ibu rumah tangga tentu saja berbeda khan,  nah di sinilah mengapa email marketing menjadi sangat jauh lebih efektif dan hemat biaya karena sifatnya yang sangat customized atau adaptif. Anda dapat merubah content, context dan apapun yang berhubungan dengan email sesuka Anda sesuai dengan target dan onjective yang Anda inginkan tanpa adanya tambahan biaya dan keterbatasan lainnya seperti halnya di media offline.

6. Time Flexibility
Email marketing memberikan Anda keleluasaan menentukan kapan waktu email dikirim dan sampai dalam wakti yang sangat singkat sehingga Anda cukup banyak waktu untuk mengevaluasi content dan context email yang Anda ingin kirim. Coba sekali lagi bayangkan jika Anda harus berkirim surat, jika Anda ingin surat tersebut dikirim sampai pada hari minggu jelas tidak bisa, atau jika surat tersebut Anda inginkan sampai pada hari senin, maka Anda harus mengirimnya beberapa hari sebelumnya, itupun tidak ada jaminan bahwa surat tersebut pasti sampai tepat waktu.

Demikianlah sharing singkat ini, semoga bermanfaat. Mari kita mulai memformulasikan emai marketing kita sehingga objectives yang ingin perusahaan capai dapat berhasil.
(Sumber gambar: www. softcommander.com)

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online