Aug 3, 2018

5 Bahan Bakar Bisnis

FIuhhhh "capex banget bang berbisnis itu ternyata yah, hampir ga istirahat saya beberapa bulan ini dalam menjalankan bisnis, bangun shubuh balik tengah malam dan itupun tidak ada garansi akan sukses dan jadi besar bisnis yang gua jalanin ini". 

Ini tema obrolan yang sering banget saya temui khususnya klo lagi ngobrol bareng temen-temen startup, bagaimana lelah dan capexnya jadi pengusaha. "WELCOME TO REAL WORLD OF ENTREPRENUER bro". Yes dunia usaha memang tak seindah "COCOTE MOTIVATOR".

Saya termasuk yang mengamini sedikit obrolan diatas, karena memang sejak masih kuliah dan berkantor di kamar kos, yah inilah yg saya alami sejak belasan tahun lalu. Butuh "bahan bakar" yang cukup banyak dan kuat untuk kita bisa bertahan di dunia usaha yang tidak mengenal belas kasihan apalagi orang manja di dalamnya karena tanpa "bahan bakar" tersebut niscaya saya pribadi sudah ingin sekali berucap "Sayonara" dalam banyak kesempatan terhadap dunia usaha namun akhirnya saya urungkan karena kembali Re-Charge dan mengisi mesin "hati dan kepala" saya dengan bahan bakar baru.

Kesempatan kali ini saya ingin sekali berbagi tentang "bahan bakar" ini, setelah beberapa hari lalu mengisi jadi Mentor dan Juri di Food Start Up Indonesia entah kenapa tiba-tiba ingin sekali menulis soal ini karena saya yakin bukan saya aja or temen saya di atas yang mengalami hal tersebut tapi lebih banyak lagi temen-temen di sana yang mungkin sudah mulai kehabisan "bahan bakar" dan sudah memikirkan untuk mundur dari dunia usaha.

Nah apa ajah itu bahan bakar untuk kita bisa terus semangat dan survive di dalam dunia usaha, izinkan saya untuk sharing.

1. Keyakinan sama Allah
Buat saya pribadi inilah bahan bakar utama dalam dunia usaha, yakin sama Allah. Yakin bahwa ketika memulai usaha diniatkan karena Allah pasti Allah akan bantu kita untuk bisa menjalini dunia usaha ini dengan sabar dan kuat. Yakin bahwa sukses or gagal itu soal proses dan belajar tapi ketika dilakukan karena Allah tidak ada lagi beban yang harus dipikul.

Keyakinan kepada Allah ini penting sekali untuk kita biar tidak stress or down karena sejujurnya memang kadang ada momemnt dimana apa yang kita alami terasa sangat berat seolah-oleh kita tidak bisa menanggung beban tersebut, ada momemnt kayaknya udah bener-bener jatuh di dasar banget semua hal dan ini semua sayangnya kebanyakan akan dialami oleh setiap pengusaha (jika tidak, Alhamdulillah).

So, betulkan kembali niat sejak awal, cari purpose yang clear, apa itu? yah Jadi pengusahan karena Allah, Insya Allah selalu ada jalan kelak untuk kita bisa berhasil.

2. Amal Jariah
Bahan bakar yang juga penting adalah keyakinan bahwa bisnis yang kita buat bisa menjadi ladang amal jariah yang luar biasa buat kita dan hal ini bahkan bisa kita usahakan sejak hari pertama memulai usaha.

Melalui bisnis kita bisa menciptakan banyak kesempatan untuk melakukan amal jariah tentunya mulai dari hal-hal yang sangat sederhana misalnya berbagi sharing rutin setiap minggu, membina karyawa, menfasilitasi ruang sholat untuk karyawan dan wah banyak banget deh yang semua hal ini akan sulit sekali di nilai dengan uang dan justru jika bicara jadi tabungan, inilah tabungan sesungguhnya, bekal untuk kelak kita menghadap Allah.

3. Liburan
Hehe buat saya pribadi liburan bisa jadi bahan bakar yg mujarab dalam menjalankan bisnis, luangkanlah waktu untuk diri sendiri, keluarga dan siapapun yang kita sayangi untuk berlibur dan mencari inspirasi2 di luar keseharian kita sehingga otak dan hati bisa re-charge kembali. Jangan jadikan pekerjaan tujuan hidup sehingga kita bisa memilah waktu untuk mencari hal-hal baru yang ada di luar sana.

"Wah harus banyak duit dulu mas" ah siapa bilang, namanya liburan kahn bisa direncanakan, tidak harus yang mahal dan juga tidak perlu yg jauh, kalimat "ga ada waktu" itu cuman berlaku untuk orang yang tidak bisa membagi waktu, carilah balancing dalam hidup dan usaha sehingga kita akan selalu bisa menemukan kesenangan dan inspirasi baru yang sangat penting sebagai bahan bakar dalam menjalankan bisnis.

4. Ilmu dan ilmu
Yap ilmu adalah bahan bakar penting di dalam bisnis, banyak sekali inspirasi dan solusi datang di dalam bisnis karena kita belajar sesuai yg baru dari manapun sumbernya. "Aduh pusing sekali mas soal jualan dan branding" nah coba belajarlah, dari Ilmu ini kemudian mungkin kita akan menemukan AHA, WOW baru yang tidak mungkin muncul jika kita tidak mau belajar.

Ilmu adalah gerbang inspirasi, gerbang solusi dan gerbang sukses yang paling besar dalam dunia bisnis dan tentunya menjadi bahan bakar penting yang harus terus diisi oleh setiap pengusaha ketika menjalankan bisnis.

5. Ngobrol inspiratif
Nah terakhir inilah salah satu bahan bakar yang banyak membuat temen-temen pengusaha re-charge kembali, ngobrol dengan siapapun yang bisa mengisi mesin motivasi usaha kita baik itu mentor, motivator, guru, inspirator atau bahkan temen yang sudah sukses, jadi selalu bangun silahturahmi dengan tipe2 orang di atas karena sometime memang kita hanya perlu "ngobrol" untuk kembali bangkit dan bersemangat mengarui dunia usaha, iya enggak".

Semoga sedikit sharing di atas bisa menjadi manfaat untuk temen-temen yang membacanya, silahkan di share, tidak perlu izin untuk bisa bermanfaat bagi banyak orang. mohon doanya untuk terus bisa berkarya.

Ditulis, dipojok Upnormal Coffee.

Artikel lainnya

KOK BISA SUKSES sih?
10 Golden Rule Memulai Bisnis Kuliner
Jadi dari mana ide datang


3 comments:

Ocke kamarkecil said...

Keren! Yakin Allah pasti membantu

Unknown said...

Aggred 1000%...jadi ter-Bakar ne
Smoga Allah beri jalan barokah

Cetak Roll up Banner Murah Di Jakarta said...

Well said