Jul 14, 2018

Jadi dari mana ide datang

"Mas gimana yang biar ide kita bisa banyak?"
"Mas bagaimana yah biar ide moncer terus"
"Bro gimana sih cara mikir biar terus bisa update ide kita?"
"Bro kasih tips dong biar bisa mikir kreatif?"
"Bro gimana caranya biar terus bisa inovatif yah perusahaan kita?"

Begitu banyak pertanyaan seputar ide selama ini yg saya temui diberbagi kesempatan dan memang sih klo dipikir-pikir apapun yang sukses di dunia bisnis ini pasti langsung atau tidak langsung memang terkait ide pada awalnya.

Pendiri Facebook Mark Z muncul dengan ide bagaimana membuat semua orang pada akhirnya terkoneksi dalam sebuah platform, Tony F pada awalnya muncul dengan ide bagaimana bisa membangun bisnis penerbangan murah yang bisa dinikmati oleh banyak orang, RuangGuru dari yg saya baca berawal dari ide bagaimana merevolusi dunia pendidikan secara digital sehingga bisa diakses oleh siapapun sejauh terhubung dengan internet dan bahkan mungkin jika boleh sedikit bercerita, Warunk Upnormal juga dibangun dari sebuah Ide bagaimana membuat warkop bisa bersaing dengan coffeeshop yang keren.

Bahkan kalo dipikir-pikir bisnis agency atau konsultan yang pernah saya jalankan juga malah menjadikan Ide sebagai mata uang untuk ditukar dengan billing dalam bentuk uang. Coba saja bayangkan, ada kenalan saya yang dibayar cukup mahal oleh kliennya hanya demi IDE.

jadi gimana biar IDE bisa muncul, relevan tentunya (yah klo ide sembarangan sih semua orang bisa), bisa dieksekusi dan tentu pada akhirnya bisa memberikan impact tergantung digunakan untuk apa ide tersebut.

1. Banyak membaca
Membaca merupakan gerbang ide yang sangat luar biasa, apalagi di jaman seperti sekarang di mana apapun yang ingin dibaca tinggal di googling ajah di handphone kita jadi tidak ada alasan misalnya tidak bawa buku dll. Saya sering sekali jika tertarik sebuah topi misalnya, selalu mencari banyak referensi secara online, dibaca semua referensi dan di resume sehingga topik yg saya tertarik tersebut bisa diketahui lebih dalam. Nah dari sini percaya deh, BUANYAKK sekali ide-ide baru muncul biasanya.


2. Banyak berdiskusi
Nah ini juga sumber ide yang luar biasa nih apalagi klo yang diajak berdiskusi memang orang-orang yang punya ilmu, seperti contoh saya diskusi dengan mas Yushak dan Kang Dewa ajah last week, udah berhamburan ide di kepala padahal hanya 2 jam an ajah ngobrolnya, jadi kalo ada cerita kumpul2, sharing dll selalu sempatkan hadir, terlibat aktif dalam diskusi dijamin IDE mengalir deras.

Diskusi merupakan adalah cara menumbuhkan ide luar biasa menurut saya, ga perlu tatap muka langsung tentunya, misalnya dengan cara buka obrolan di group2 diskusi, lempar topik, terlibat diskusi dan berbagai hal tentu jadilah Aktif jangan passive, beda rasanya, percaya deh dan juga pastinya IDE terus bermunculan karena biasanya kita ajan selalu bersiap misalnya sambil googling buat aktif ngobrol.

3. Memahami ilmu yg relevan
Ide itu butuh trigger, contohnya begini, Anda mau banyak ide soal Selling or marketing, nah pastikan Anda memahami terlebih dahulu imu Selling dan marketing, klo enggak yah nge BLANK pasti, banyak ga nyambungnya serta banyak hal yang tidak terlalu bisa dicerna sehingga tentun ujungnya IDE MAMPET. Tapi ketika kita belajar ilmu branding dan marketing, banyak membaca dan memperdalam, akan banyak informasi baru yang bisa diolah oleh ilmu yang kita miliki tersebut menjadi IDE tentunya.

4. Banyak berbagi
Pepatah makin banyak berbagi makin banyak ilmu dan ide yang akan kita miliki buat saya sangat relevan, coba beranikan diri untuk sering berbagi atau setidaknya bercerita mengenai sesuatu yang Anda ketahui khususnya di forum yang dibuat formal maupun tidak formal (seminar, workshop, kelas kecil, kelompok sharing kecil) di jamin IDE anda bakal banyak muncul kenapa? karena Anda terpaksa harus bersiap dan belajar sebelum jadwal berbaginya tiba hehe.

Ditulis point2 pentingnya
Nah klo point ini sih saya masukan lebih kepada agar ide tidak hilang setelah berbagai hal di atas hehe, pastikan kita selalu membuat point penting baik itu dengan menuliskan di HP, buku notes atau juga direkam di HP. Kalo saya biasanya seringnya saya buat tulisan untuk di share lagi sehingga IDE-IDE tersebut bener2 melekat, tidak hilang dan bahkan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi karena dibaca oleh banyak orang.

So jadi, saya selalu percaya IDE itu bukan komoditas orang pintar, orang jenius ataupun orang hebat, IDE itu adalah Hak setiap orang jika dia mau mengusahakannya untuk bisa muncul dengan berbagai cara Insya Allah.

Jadi sudah siap dengan IDE HEBAT?

Baca Popular Post Lainnya

Tingkatkan Leads dan Sales Via Affiliate Marketing
Tingkatkan Penjualan dgn Speak-Speak Dewa (SSP)
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan

Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

No comments: