May 1, 2017

Bisnis Itu Ga Harus "Unik"

2015 ......

"hehe ga salah bro buat bisnis bakso, udah banyak banget yang jualan bakso apalagi di bandung, mana udah ada raja-rajanya yang memang udah terkenal sejak dulu. Coba buat bisnis yang lebih unik dan outstandig lah yang pesaingnnya blom banyak dan potensi marketnya masih besar", Bakso mah berat sama peluangnya kecil"

2017 .......

"Now Open, cabang ke 17 & 18 Bakso Boedjangan Bintaro dan Bakso Boedjangan Bogor"

Butuh 2 tahun lebih untuk saya mulai menulis dan memberikan jawaban dari komen salah satu kolega bisnis saya di atas. Aha tentu dalam konteks ini saya tidak bicara soal MOTIVASI bagaimana kita disanksikan atau direndahkan inteletualitas kita terhadap ide sebuah bisnis, not that point at all tentu, pembukan di atas hanya sebuah gambaran bahwa kadang banyak orang yang tidak bisa melihat peluang bisnis/ pasar yang punya potensi untuk digarap dan menjadi besar.

Yuk coba kita bahas satu persatu dari beberapa penggalan kalimat kolega saya tersebut.

Bisnis yang Unik dan OutStanding

Apa definisi unik/ outstanding dalam bisnis? sesuatu yang belom pernah ada dijual? atau sudah ada yang jual tapi masih sedikit kompetitor? atau sesuatu yang tidak bisa ditiru sama sekali? atau pas orang lihat terbengong-bengong sampe bingung ini orang jualan apa yah? hehe


Dalam melakukan bisnis adalah betul kita harus membangun keunikanan (diffirensiasi) produk dan brand kita namun pertanyaan paling mendasar yang harus dijawab adalah apakah differensiasi ini dibutuhkan oleh konsumen? Apakah dengan differensiasi tersebut konsumen akan beli dan yg terpenting dan apakah konsumen akan terus membeli (repeat) produk tersebut? artinya yah artinya yang paling penting adalah bisnis yang unik itu harus dibangun berdasarkan Customer Driven Company (bahasa kerennya).

Dalam membangun bisnis, soal menjadi unik atau punya kelebihan itu tentu point penting, tapi berapa besar pasar, seberapa potensial yg bisa kita garap juga jauh sangat penting. Siapa yang tidak makan bakso? Artinya pasar Bakso sangat lah besar dan potensial untuk digarap, jadi penting sekali untuk dipahami jangan sampai kita terjebak menjalankan bisnis yang marketnya sendiri kita tidak tau besar atau kecil sangking uniknya produk kita hehe.

Banyak Pesaing

Nah klo bisnis banyak pemainnya apa artinya? Tepat sekali pasarnya cukup besar dan potensial untuk digarap, yah tentu tidak akan mudah sepertinya halnya ketika saya masuk ke bisnis Bakso, masih ingat saya masa-masa di mana dua bulan awal sepi pengunjung (trial opening), paling hanya 3-5 konsumen datang itupun sepertinya ragu-ragu buat masuk, tapi yah memang itu bagian dari strategi untuk membiasakan dulu kegiatan operasional biar jika nanti ramai sudah tidak "shock".

Banyak pesaing artinya konsumen sudah sangat teredukasi dengn produk tersebut sehingga "pertarungannya" tidak lagi soal membentuk pasar yang belom ada tapi tentang bagaimana "memindahkan" pasar yang ada untuk mengkonsumsi Brand kita. Di sini peran kreativitas, marketing dan strategi bisnis akan memegang peranan yang sangat besar, yah tapi sekali lagi, ga pusing-pusing amat buat membentuk market baru.

Jadi, Unik penting, tapi potensi jauh lebih penting untuk dipahami dari awal, bukan berarti kita tidak boleh menggarap yang niche marketing tapi lihat dan hitung dulu apakah potensinya cukup besar untuk kita garap, Pesaing juga boleh banyak tapi jika potensi masih besar dan kita melihat ada celah untuk bisa menjadi besar tentu juga akan sangat menarik untuk digarap.

Semoga Bermanfaat.

Baca Popular Post Lainnya

Tingkatkan Leads dan Sales Via Affiliate Marketing
Tingkatkan Penjualan dgn Speak-Speak Dewa (SSP)
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan

Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

1 comment:

Agung Haryadi said...

Rasa rasanya makin kesini makin harus diperdalam lagi ilmu marketing yang kira kira bakal ampuh buat nge-gaet market yang udah atau nge-creat market yang bener bener baru. Ilmu, relasi, dan kesiapan terhadap perubahan besar besaran yang diciptakan oleh era digitalisasi jadi point penting bagi pengusaha pemula seperti saya.

Terimakasih atas ilmu melalui tulisan di blog ini. Rasa rasanya bukanya makin siap buat bisnis, saya malah makin merasa ilmu saya masih sangat kurang.

Agung - Owner, @martabak.ah!