Inovasi = .................

"Keren yah inovasi Gojek mas, ga kepikir saya dari hanya jasa penyedian gojek eh tau-tau bisa masuk ke applikasi dan menjadi "perusahaan" gojek terbesar di indonesia bahkan dunia, blom lagi layanan-layanan juga inovatif banget, go-food, go-tix, go-massage dll, kok bisa yah kepikiran membuat ide inovasi seperti itu". Gimana menurut mas Rex, seperti apa sih biar dalam bisnis kita bisa berinovasi dan menghasilkan hal yang luar biasa seperti Gojek.

Buset, nanyanya seperti salah alamat ini "guman saya" haha, lah wong saya ajah ga kebayang bagaimana caranya gojek bisa menjadi sebesar itu dan setinggi itu nilainya, istilahnya bukan level saya menjawabnya, belom competen haha.

Ngobrolin GoJek dalam konteks hari ini memang ga akan ada habisnya, satu kata Amazing Innovation, bagaimana tidak, dalam waktu singkat Gojek menjadi penyedian layanan ojek terbesar di dunia,m layanan antar makanan yang katanya juga terbesar di dunia sampai menjadi salah satu Unicorn Startup di indonesia (unicorn, valuasi mencapai 1.2M $ atau kurang lebih 15 Triliun rupiah).

Nah balik lagi pertanyaan bagaimana menurut saya? Saya tidak akan menjawab bagaimana Gojek tentunya karena keterbatasan informasi berkaitan dengan strategi inovasi yang dilakukan oleh gojek, tapi izinkan saya sharing dari sisi pendapat pribadi saya base on bisnis yang sudah pernah saya jalankan tentang bagaimana caranya kita berinovasi dan menghasilkan hal yang "luar biasa" dalam konteks bisnis yang kita jalankan.

By the way sebelum How melakukan inovasi, sedikit kita singgung apa sih Inovasi itu? nah ini jangan salah kaprah yah, tidak semua hal yang "baru" atau "Keren" atau "Wow" bisa dibilang sebuah inovasi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi (menurut beberapa devinisi para ahli) sebuah ide. gagasan atau penemuan bisa dikatakan sebuah inovasi. apa ajah berikut dalam point singkat (maybe next time kita bahas yah)
  • Implementasi sesuatu yang "baru" bagi perusahaan dan konsumen
  • Ada efek "wow" terhadap ide, gagasan atau penemuan tersebut
  • Relevan dengan focus dan arah bisnis perusahaan
  • Nilai tambah kepada konsumen dalam memenuhi need, want dan expectation
  • Nilai tambah kepada perusahaan dalam bentuk nama baik, omset, profit dan nilai perusahaan
  • Sustain dalam jangka panjang ide, gagasan atau penemuan tersebut

Ok kembali lagi bagaimana (How) kita bisa menciptakan INOVASI dalam bisnis kita?

1. Lihatlah insight apa yang dibutuhkan banyak orang
Banyak bukan yang butuh jasa transportasi? Butuh dibeliin makan ga pake repot dan bisa dimana ajah yang kita inginkan? Butuh mobil box buat antar dan pindah barang? Butuh jasa antar-antar dokumen? atau banyak tidak orang yang butuh penginapan murah? Bisa di booking kapan ajah lewat online di belahan bumi manapun? Menginap sesuai budget yang kita inginkan?

Yah semua hal di atas itu adalah Insight, sesuatu yang ditangkap oleh pemilik bisnis menjadi masalah bagi banyak orang yang artinya "masalah" ini adalah peluang bisnis yang luar biasa untuk bisa digarap dan dari sanalah akhirnya muncul Gojek atau airbnb.

2. Cari solusi untuk kebutuhan tersebut
Permasalahan adalah sumber utama menciptakan inovasi, mengapa? Dari permasalahan kita bisa menciptakan Solusi = Inovasi sejauh memenuhi 6 kriteria Inovasi. Gojek = Solusi. airbnb = solusi. youtube = solusi. warunk upnormal = solusi.

Masalah membutuhkan solusi artinya jika solusi ini menjawab masalah dan menjadi sebuah bisnis besar, itulah inovasi.

3. Beri nilai tambah dari yang sudah ada saat ini
Ojek, apakah sebuah Inovasi? jaman sekarang yah tentu bukan sebuah inovasi, di semua daerah juga ada ojek yang digunakan untuk berbagai keperluan, ketika Ojek diberi nilai tambah (Brand + Aplikasi Online + Community + Payment Sistem + Fasilitas) jadilah Gojek + Inovasi.

Artinya, kita bisa menciptakan inovasi melalui pemberian nilai tambah yang punya impact terhadap konsumen dan perusahaan tentunya dan nilai tambah ini memang DIAKUI oleh konsumen, artinya digunakan dan menjadi bagian hidup dari konsumen serta juga memberikan hasil seperti yang diharapkan oleh perusahaan, soh jika ada perusahaan yang heboh, dibahas di sana-sini, konsumen rame-rame menggunakan tapi kemudian dalam 6 bulan - 1 tahun menghilang ditelan bumi apakah hal tersebut layakan dilabeli Inovasi?

Jadi kembali lagi ke pertanyaan di awal tentang bagaimana kita bisa berinovasi di dalam bisnis, Problem + Insight + Solution + Value Added. 

Semoga bermanfaat.

Sedikit berbagi ilmu, dari beberapa pakar yang saya baca, tentang definisi Inovasi, berikut garis besar yang saya bisa rangkum.

Inovasi
Ide, gagasan atau Penemuan yang memberikan nilai tambah kepada konsumen, perusahaan dan masyarakat.

Popular post:

Private Label, Lampu Kuning Pemilik Brand
The Power of Free Marketing Ala Google
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan


Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

Comments

This comment has been removed by the author.
isam inside said…
kang Rek mau nanya buku2 yang menurut kang Rex recomended untuk membedah atau mempelajari strategi marketing apa ya?...nuhun

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online