3 Inspirasi Bisnis dari Manchester City


Sebagai pencinta bola kemarin malam bisa dikatakan salah satu pertandingan bola paling mendebarkan yang pernah saya tonton dalam beberapa bulan ke belakang. Bagaimana tidak, Manchenter City salah satu club sepakbola Inggirs yang musin ini tampil dengan segudang bintang bertarung di laga terakhir melawan QPR untuk sebuah moment yang mereka tunggu-tunggu selama lebih dari 40 tahun, menjuarai kasta tertinggi sepakbola inggris yaitu Premier Leage, dengan catatan bisa menang melawan QPR.

Dibuka dengan sangat meyakinkan dengan unggul 1-0 di babak pertama, The Citizens harus kebobolan dua gol ketika pertanding tersisah kurang lebih 20 menit lagi, di sisi lain Manchester United yang juga memiliki point yang sama dengan The Citizens sedang unggul 1-0 atas Sunderland (The Citizens tetap juara jika point sama kerena unggul selisih gol). Menit-menit berlalu, serangan bertubi-tubi terus mengancam gawang QPR apa mau dikata, Gol tidan juga datang (dramatisir banget yah haha ..... tapi emang begitu mencekam kok hehe).
Sampailah masuk ke menit 90 (dimana waktu pertanding bola hampir berakhir jika ada perpanjangan waktu) di menit ke 92 tiba-tiba sundulan Edin Dzeko mengoyak gawang QPR dan kedudukan menjadi 2-2. Pada kondisi ini, jika pertanding berakhir maka pesaing City yaitu MU tetap akan menjadi juara karena mereka menang dari sunderland 1-0. ...... tapi ternyata drama belum berakhir, di sisa waktu 1 menit tiba-tiba Kun Aguero dengan sedikit mengocek boleh berhasil membuat tendangan keras dan ....... GOL meledaklah seluruh isi stadiun bergembira, yah Manchester City juara setelah 44 tahun menunggu.

Lah ini saya kok malah jadi reporter bola yah hehe, ok back to business dalam hati setelah pertandingan itu saya sedikit merenung dan sempat saya tweet melalui akun twitter saya, jika pertandingan yang barusan saya tonton dijadikan sebuah pelajaran di dalam berbisnis setidaknya ada 3 hal penting yang bisa kita pelajari dari pertandingan tersebut:

Pertama Never Give Up
Jangan pernah berhenti untuk terus bisa sukses sampai peluit (kematian) tiba. Saya jadi teringat salah satu pembicara seminar yang pernah saya ikuti mengatakan “orang yang gagal itu adalah orang yang terlalu cepat memutuskan untuk berhenti”. Jika saja semangat pemain City hilang setelah memasuki menit ke 90 mungkin keajaiban (yang menurut kata orang, tapi saya lebih suka menyebutnya takdir) tidak akan pernah terjadi. Kita manusia ini diwajibkan untuk berusaha sekuat-kuatnya, namun soal hasil itu adalah keputusan yang DI Atas, yang penting jangan pernah menyerah dan berhenti karena bisa jadi langkah berikutnya ketika kita memutuskan untuk berhenti langkah tersebutlah yang membawa kesuksesan untuk kita.

Kedua Give Your Best
Manfaatkan waktu dengan kerja keras, belajar dan doa. Setiap orang diberikan waktu yang sama yaitu 24 jam untuk bisa sukses dan berhasil, seperti pertandingan kemarin kedua tim diberikan waktu yang sama 90+ untuk bertanding, diberikan lapangan yang sama, wasit yang sama dan aturan yang sama namun tidak ada yang menjamin hasil sesuai keinginan mereka. Semua pada akhirnya ditentukan oleh berapa keras kita berusaha, belajar dan berdoa untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Memang dalam bisnis tidak semua fasilitas kita miliki sama untuk sukses, namun fasilitas yang diberika Tuhan berupa Otak, tenaga dan Hati rasanya lebih dari cukup untuk seseorang bisa sukses, cukup banyak dalam sejaran bisnis kita lihat orang sukses dengan modal seadanya bahkan memulainya dengan modal “dengkul” doang. Tinggal bagaimana kita bisa memaksimalkan kapasitas  fasilitas tersebut dengan maksimal sehingga bisa membantu kita sukses.

Ketiga It's All About Strategy Also
Strategi adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis, keputusan pelatih Manchester City untuk memasukan Edin Dzeko menggantikan teves menurut saya merupakan keputusan yang sangat tepat mengingat begitu rapatnya mengawalan yang dilakukan oleh bek-bek QPR. Edin Dzeko yang memiliki badan cukup tinggi bisa membuka celah untuk bisa mencetak gol melalu sundulan karena tendangan sudut City cukup banyak, dan ternyata terbukti Gol kedua City berawal dari tendangan sudut yang kemudian di sundul oleh Dzeko.

Kadang banyak juga yang berbisnis asal seruduk ajah tanpa mempertimbangakan aspek strategi yang matang, tidak salah memang apalagi kalo baru memulai bisnis, kebanyak strategi juga nanti malah ga jalan-jalan dan muncul rasa takut, namun adalah tetap penting untuk setiap pebisnis mempelajari aspek strategi dalam bisnis karena tentu kita ingin bisnis kita maju, dengan semakin berkembanganya bisnis maka pesaing akan semakin banyak dan kuat sehingga apa yang membuat kita sukses di awal belum tentu relevant dengan kondisi yang ada saat ini.

Akhirnya kalo belom sukses juga gimana? Coba pikir lagi apa makna sukses, kalo semua dinilai dengan uang tentu tidak banyak orang yang sukses di dunia ini karena tetap saja mereka mencari uang lebih dan lebih. Tapi jika sukses dinilai dari “value added” yang bisa kita hasilkan untuk banyak orang dan terutama untuk diri kita sendiri juga di mata Yang Di Atas, dengan kerja keras, belajar, doa dan ikhlas percayalah kita semua berhak untuk bisa sukses. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: thelionspitch.com

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online