Mau LAKU? Pahami Calon Konsumenmu

"Apa yang paling penting dalam berjualan mas biar laku?" Seringkali dalam banyak diskusi atau workshop pertanyaan ini muncul dari partner diskusi atau peserta workshop, pertanyaan yang membutuhkan jawabam Multi Dimensi haha. Mengapa, yah karena BIAR LAKU dalam bisnis itu tidak bisa berdiri sendiri atau terjadi hanya karena 1 faktor, sangat banyak faktor yang harus dipenuhi ketika produk kita ingin LAKU, misalnya saya kasih contoh apakah harga murah cukup untuk membuat produk kita LAKU? Bagaimana kalo semua orang menjual MURAH?

Atau contoh lain apakah dengan promosi yang gencar dengan budget besar akan pasti membuat produk kita akan LAKU? Kalo semudah itu tentu berlombah-lombah ajah promosi yang banyak dan gencar, tapi pada prakteknya banyak yang sudah promosi gencar produknya tetap ga LAKU dipasaran khan?

Jadi harus mulai dari mana sehingga kita bisa membuat produk yang kita jual akhirnya bisa LAKU di pasar dan bukan sekedar LAKU tapi terus LAKU dan mendatangkan keuntungan yang konsisten bagi kita?

Seperti yang sudah saya singgung, banyak tahap yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis sehingga produknya bisa LAKU secara kontinue di pasar, namun jika ditanya, mulai dari mana maka secara pribadi saya akan memberikan jawaban mulailah dari PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN. Point jawaban ini ingin mengatakan bahwa;
  1. Bisnis itu dimulai dari menemukan dan memahami apa kebutuhan, keinginan dan ekspektasi calon konsumen. Siapa konsumen kita, berapa umurnya, tinggal di mana, ngapain ajah tiap hari dan berbagai informasi mengenai mereka.
  2. Produk diciptakan setelah tahap pertama dilalui, bukan sebaliknya, sudah ada produknya baru kemudian disesuaikan konsumennya siapa (biarpun pada prateknya inilah yang paling sering terjadi, biasanya orang sudah punya dulu ajah yang akan dijual baru kemudian mikirin konsumennya, tidak salah tapi hal ini bisa kita bahas lain kali)

Mengapa jika ingin membuat sebuah bisnis yang LAKU, PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN akan menjadi sangat penting sehingga ketika berbisnis kita tidak seperti berjudi dengan nasib baik ataupun buruk? Saya berikan satu contoh sederhana seperti case dibawah

"Jaman sekarang tentu semua orang mengenal layanan yang bernama GOFood dari Gojek, mungkin didaerah yang sudah tersentu layanan GoFood ini sudah jadi hal umum masyarakatnya memesan makan melakui GoFood, ingin makanan apapun sejauh ada di list GoFood tinggal buka aplikasinya, klak klik beberapa tahap, done, ga lama makanan tiba di depan rumah dan kantor" ........ dari sedikit cerita di atas kita bisa mengambil pelajaran bahwa pola belanja konsumen terhadap makanan mengalami pelebaran dari yg dulu "beli bungkus sendiri atau delivery kalo tempat makanannya menyediakan layanan menjadi Beberapa tombol klik"

Apa artinya? .............. coba pikirkan bagaimana contoh diatas bisa menjadi trigger untuk kita Memahami calon konsumen kita

PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN dalam teori ilmu bisnis sangat penting untuk semua pebisnis khususnya sebagai tahap awal untuk menciptakan produk yang LAKU dan bisa terus LAKU secara kontinue.

1. Kepada siapa kita berjualan
PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN akan memberikan detail informasi kepada siapa kita berjualan, apa yang menjadi keinginan konsumen tersebut, apa yang menjadi kebutuhan konsumen tersebut, faktor apa saja yang membuat mereka akan membeli produk kita  dan mengapa mereka akan membeli produk kita dibandingikan pesaing.

2. Berapa besar effort yg harus kita lakukan
PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN akan memberikan gambaran berapa besar effort yang harus diluarkan untuk membuat produk kita LAKU, effort ini terkait dengan besarnya Modal, kapasitas SDM dan infrastruktur yang harus disiapkan untuk menggarap pasar tersebut.

3. Kreativitas yg digunakan
PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN akan memberikan gambaran kreativitas seperti apa yang harus disiapkan dan dieksekusi sehingga calon konsumen kita pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk kita bukan produk kompetitor kita.

4. Produk dan layanan apa yang paling cocok
PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN akan memberikan kita gambaran yang jelas mengenai produk dan layanan seperti apa yang akan kita keluarkan, detailnya seperti apa dan sekaligus tentu kita yakin produk ini akan cocok, jadi bukan sebaliknya sudah punya produk baru kemudian dicocok-cocokin dengan calon konsumen kita.

Nah sekali lagi coba kita ulangin, mulai dari mana agar kita bisa menjualan produk yang laku? Yah dimulai dari PEMAHAMAN mengenai CALON KONSUMEN.

(Artikel selanjutnya nanti kita akan bahas gimana cara memahami calon konsumen kita..... see you)

Salam Kreatif


Baca Popular Post Lainnya

Tingkatkan Leads dan Sales Via Affiliate Marketing
Tingkatkan Penjualan dgn Speak-Speak Dewa (SSP)
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan
Brown & Cony: Is it love?

Creasionbrand I Creative Sales & Marketing Consultant

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online