Jun 4, 2014

Bosan Ala Marketer

Dunia bisnis yang sangat dinamis membuat kita pelaku di dalamnya baik itu business owner maupun professional yang berkerja di dalamnya terus menerus dihadapkan pada sesuatu yang baru dan bergerak sangat cepat, yah bagi yang mencintai duni ini hal ini sih malah jadi "candu" yang membuat kita makin ketergantungan dan menikmati setiap waktu yang terjadi di dalamnya.

Tiap hari kita sebagai owner bisnis atau professional dituntut untuk terus bisa memberikan kontribusi besar dan mencapai target yang dibuat dengan ide-ide yang outstanding, eksekusi yang lugas dan cepat dan pemikiran-pemikiran yang terus dipacu sehingga bisa mencapai objectives yang dibuat dan memenangkan kompetisi pasar yang Ada.

Tapi pernahkah di satu titik Anda merasa Jenuh? Bosan? Dan bahkan malas sekali untuk berpikir urusan bisnis? Situasi di mana sehebat apapun Anda tiba-tiba menjad have no idea apa yang harus dilakukan karena pikiran dan otak Anda menjadi sangat lelas karena semua kedinamisan tadi? Secara pribadi saya jawab Ya, ada satu waktu saya mengalami hal seperti ini, termasuk ketika saya menulis saat ini wkwk. Nah tentu sebagai business owner atau professional kita harus bisa mencari jalan keluar untuk mengatasi hal ini karena bisnis terus berputar dan tidak menunggu kita untuk kembali siap.

Bahasan kali ini saya tidak ingin sharing soal case study atau hal-hal yang terlalu berbau marketing deh karena saya lagi merasa Bosan haha, kali ini saya ingin coba sedikit sharing bagaimana mengatasi hal tersebut ala Gue tentunya sehingga tidak butuh waktu lama mengembalikan apa yang biasa kita sebuat passiona dan atusias kita untuk kembali di dunia yang kita cintai ini yaitu bisnis dan marketing


1. Just Walk Around
Yah kadang jika sudah suntuk dan tidak ide, jalan-jalan merupakan solusi jitu untuk membuat otak menjadi refresh dan relax. Pilih tempat jalan-jalan yang membuat kita bisa melupakan sejenak kesuntukan yang biasa kita alami untuk menjadikan inspirasi yang lebih segar dan fresh. Yah soal ini bisa pake budget kecil ato budget besar tergantung dengan kantor kita hehe.

Jalan-jalan juga memberikan banyak inspirasi baru dari apa yang kita lihat selama jalan-jalan tersebut, karena itu carilah tempat yang baru untuk melakukan hal ini ketika sedang suntuk dan tidak ada ide dalam kegiatan bisnis yang biasa kita lakukan sehari-hari.

2. Do Your Hobby
Saya termasuk yang sering menjalankan hal ini sedang suntuk dengan rutinitas sebagai seorang business owner dan konsultan creative, dan salah satu hobi saya adalah Masak. Nah kebeneran saya punya @NasgorMafia salah satu warung nasi goreng yang saat ini sudah punya 8 warung, ketika suntuk sering sekali saya pergi ke salah satu warung untuk kemudian "magang" menjadi koki.

Dengan melakukan hobi masak ini sejenak lelah dan suntuk yang melanda bisa ditinggal dan hal ini membuat pikiran menjadi fresh kembali, jadi coba tips ini, cari hobi yang berasal dari hati Anda, lakukanlah hobi itu saat pikiran Anda jenuh, lakukan saja tidak usah pedulikan waktu dan kondisi saat itu, kelak pikiran kita akan kembali fresh dan siap Rock & Roll lagi.

3. Yeah let's eat
Wow ini sih kalo kata banyak orang MoodBooster bangett, bosan suntuk mendadak bisa hilang nih kalo diajak makan apalagi makannya yang lagi membuat kita pengen bingitt. Cara mengusir bosan dan suntuk melalui makan ini walaupun cukup efekti biasanya lumayan butuh modal hehe, apalagi kalo makannya pengen enak dengan suasan tempat yang nyaman, silahkan di cek dompetnya dulu.

Eskrim, dessert merupakan deretan MoodBosster yang sangat efektif kalo buat saya hehe, tapi ingat memilih jalur ini untuk mengatasi rasa bosan jangan sering-sering karena punya impact terhadap kantor dan jumlah kalori haha, nanti malah muncul rasa bersalah karena terlalu banyak kalori yang masuk yang ujung-ujung malah jadi suntuk kembali.(-:

4. Ikhtikaf
Jujur beberapa kali saya mencoba ikhtikaf dan impactnya sangat manjur, mungkin buat yang belom tahu istilah ihktikaf ini maksudnya kita mencoba berdiam diri (biasanya di tempat ibadah) untuk mengosongkan pikiran atau mengisinya dengan hal-hal yang positif yang berkaitan dengan hubungan kita manusia dengan Tuhan kita.

Amabilah waktu 3-5 jam untuk berdiam diri, merenung dan kemudian mungkin tertidur (cara gue jangan ditiru), Insya Allah ketika selesai kita seperti mendapatkan Insight kembali dan semangat untuk kembali bergulat dengan dunia bisnis dan marketing yang kita jalankan selama ini.

5. Sleep sometimes help
Yah tidur juga cara yang efektif untuk menghilangkan bosan dan jenuh, yah tentu jangan Anda lakukan di kantor dong wkwk, carilah Spot untuk sebentar memejamkan mata seperti mussolah kantor (hayo siapa nih yang sering) untuk menghilangkan bosan dan jenuh yang sedang melanda, sebaiknya kalo mengambil jam kerja mitalah izin "Bos gua izin 30 menit tidur yah, bosan banget, nanti setelah selesai ide gua pasti lebih ok dan gua tambah jam balik deh 30 menit".

Kalo saya sebagai Bos, saya punya kecenderungan untuk mengizinkan hal ini walaupun nampak tidak professional, karena apa artinya jika yang bersangkutan tidak produktif karena bosan dan jenuh karena bisa jadi kualitas kerjanya malah jauh dari harapan nantinya, toh ada konpensasi waktu yang tetap akan diganti, itu saya, ga tau deh kalo Bos Anda di kantor, tapi kalo Anda yang jadi Bos nya yah atur-atur ajah lah wkwk.

6. Listening he music
Musik keras-keras juga salah satu cara yang cukup efektif mengatasi rasa bosan dan suntuk yang menghampiri sekali waktu ketika kita melakukan bisnis atau pekerjaan walaupun prilaku ini juga ujung-ujung menggangung orang lain wkwk.

Saya tidak terlalu memahami apa ada riset yang menunjukan hubungan dengan musik dan relaksasi namun ini menjadi jalan yang cukup efektif menurut saya, nah salah satu pilihan lagi yang selalu membuat saya relaks adalah album Opick heheh (bukan iklan loh hanya sebuah testimonial wkwk).

7. Writing is healing 
Nah ini biasanya sih kurang lazim yah, ada juga lagi suntuk terus dibawah nulis malah makin suntuk wkwk, tapi pada prateknya saya merasakan menulis adalah jalan untuk menghilangkan suntuk yang cukup efektif, yah tentu menulis apa saja yang Anda inginkan saat itu dong, misal ingin menulis puisi cinta, yah silahkan tulis, intinya kita menciptakan sesuatu yang membuat otak kita "bahagia" dan relaks melakukannya.

Pernahkah Anda jenuh sebagai seorang bisnis owner atau seorang marketer? Yah pasti, karena itulah sebagai bagian dari proses kreatif dan siklus bisnis kali ini saya sharing beberapa tips untuk mengatasi kejenuhan yang muncul hehe, tentu banyak lagi tips yang mungkin bisa dilakukan, monggo kalo mau di sharing di kolom komen. Semoga bermanfaat.

Artikel Populer yg Banyak di baca:

Ide itu Mahal Bung
Turning Your Idea Into Business
30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto
7 Bisnis Sampingan Dashyat Lewat Twitter
Hotel Internet Marketing, 5 Things is a must

Creasionbrand
(Creative Sales & Idea Consultant)

2 comments:

Christian Tambunan said...

Inspiratif om, ditunggu tulisan yg lain nya :)

angel said...

Tulisan-tulisan blog ini benar-benar bagus, inspiratif, berilmu dan bermanfaat. Saya suka benar-benar suka