Sep 17, 2012

1, 3, 4 dan Pembelipun Berjibun


“ Hey, itu ada kerumunan apa? kok penuh banget.” Reflek saya langsung mencari papan nama yang ada diantara kerumunan itu, akhirnya terlihat sebuah nama  ‘Tea Presso’.“O...ada produk teh baru, paling jualan teh kaya yang lain cuma kayaknya yang ini ada bubblenya.” Demikian pembicaraan antara saya dan seorang teman ketika melewati sebuah foodcourt di salah satu mall di Bandung.

Penasaran...kata ini yang terlintas pertama di benak saya ketika melihat fenomena ini. Akhirnya kami mendekati spot berjualan teh tersebut. Awalnya kami hanya ingin melihat-lihat, sebenarnya jualan teh kayak apa sih kok sampai ramai antriannya. Sampai akhirnya pandangan saya tertahan di sebuah standing aklirik yang terpasang beberapa di depan meja jualan yang bertulis Buy One Get One.

Wow..wow apa ini, yang tadinya datang hanya buat lihat-lihat akhirnya saya sudah berada di depan si mbak penjaga outlet buat mencari tahu lebih banyak produk-produk yang mereka jual dan berapa kisaran harganya. Jika dilihat dari sisi produk lumayan variatif dari mulai teh biasa denga berbagai rasa sampai ditambah topping bubble, susu, kismis dan bisa dijadikan shake juga. Hmm menarik, mata saya langsung menelusuri daftar harga yang tertera di samping dan yang termurah 15.000 rupiah. Otak matematika saya langsung berhitung 15 ribu rupiah dibagi 2 adalh 7.500 rupiah, secara alam bawah sadar saya berfikir teh dengan branding yang rapi serta lokasi berjualannya ada di tengah mall elit kok jadi kayak yang murah ya. Akhirnya saya putuskan untuk beli !


“Ini buy one get one semua produk mbak?”. Tanya saya “O tidak ini hanya yang untuk produk basic pak.” jawab mbak penjaga sambil menunjukkan satu kolom yang adalah varian basic dari produk yang dijual. “mmm...ok”. “ o...ya mau ditambah bubblenya pak supaya lebih enak, banyak yang suka pak sama kombinasi bubblenya.” “wah udah mulai upselling” Pikir saya sambil melihat kesekeliling memperhatikan perilaku dari pembeli lainnya. Dan luar biasa dari semua kebanyakan orang yang beli ternyata tidak ada yang hanya membeki product basic saja, banyak yang membeli dengan berbagai topping tambahan bahkan yang membeli di luar list produk buy one get one. Hebat juga ni penjual teh. Akhirnya saya putuskan untuk beli teh dengan topping karena penasaran juga dengan rasa yang diberikan.

Kalau coba buat kesimpulan menggunakan pendekatan creative sales  fenomena menarik di atas, ada beberapa program dan aktivitas yang ternyata cukup memiliki dampak luar biasa dalam penjualan, Kira-kira apa saja yang tercipta dari aktivitas dan program tersebut

Yang pertama membuat orang tertarik untuk menghampiri stand tersebut karena lokasinya yang di terletak di area yang banyak dilalui orang, untuk produk makanan dan minuman baru, taktik placing  yang didukung dengan branding yang tepat merupakan kunci utama dalam membangun daya tarik orang untuk mau melihat, sehingga taktik ini dapat menciptakan Buy Attention (credo 1) bagi calon konsumen.

Yang Kedua, ketika calon konsumen sudah mulai penasaran dan mulai sekedar lewat untuk melihat, STOPPPP!!!! Ada promo buy one get one yang kemudian bisa menciptakan buy Leads (credo 2) bagi brand, karena konsumen yang tadinya Cuma aware akhirnya menjadi tertarik untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang produk dan sudah menjadikan dirinya prospek yang siap dituai.

Yang Ketiga, ditutup dengan aktivitas komunikasi produk varian yang dikemas dengan pemaparan mbak penjaga outlet yang menarik membuat konsumen mau melakukan pembelian dengan nilai lebih banyak dibandingkan yang direncanakan di awal, dalam konsep creative sales disebut dengan Buy More (Credo 4).

Kombinasi aktivitas dan program dari 3 credo dalam creative sales ini merupakan contoh sederhana yang sering kali kita lihat dalam keseharian kita, tetapi dampaknya wow. Terkadang kita hanya perlu menjalankan beberapa aktivitas dan program yang sederhana. Tetapi beberapa program sederhana tadi dikombinasikan dan dijalankan dengan formula, timing dan kualitas yang tepat hasilnya akan  menjadi luar biasa.

So, sudah siap meramu program Creative Sales Anda.

creative sales #1 #3 #4

No comments: