Bisnis Itu Butuh Nyali SOB .......



Tadi malam saya dan rekan-rekan saya datang ke sebuah acara yang membuat saya salut dan mengacungkan jempol untuk orang-orang pengisi acara yang dikenal dengan nama Stand Up comedy. Dari mulai anak 2 SMA, anak kuliah, pengangguran sampai sipir penjara ada di sana ,mereka berlomba-lomba  mengungkapkan semua yana ada di pikiran mereka untuk membuat para penonton tertawa. Ada yang sudah mempersiapkan materi dengan sangat baik dan membawakan dengan luar biasa tapi ada juga yang muncul dengan bermodal message BBM group dan spontanitas ajah. Tapi ga masalah apapun hasilnya yang luar biasa dari pertunjukkan tadi malam adalah tidak ada yang merasa looser, tapi mereka semua merasa meraka adalah pemenang karena sudah punya nyali untuk tampil dipanggung.

Ada seorang peserta yang ketika di panggung performancenya garingnya minta ampun, di akhir acara dia cuma bilang ga papa gua masih garing..tapi gua yakin kalau udah 20 kali pasti bagus,,lha kalau udah 20 kali belum bagus baru gua harus nyadar emang ga bakat.

Begitu juga ketika kita memulai sebuah bisnis, memang yang terbaik adalah jika kita sudah mempersiapkan segalanya dengan matang, rencana jangka pendek, rencana janka menengah, keuangannya dan berbagai macam atribut bisnis lainnya, Tapi ada pertanyaa yang lebih penting dari semua  itu di awal, apakah Anda punya nyali untuk naik panggung, setidaknya berfikir menjadi seorang wirausahawan dan siap menjalani proses dengan resiko yang relatif besar??!!!

Lha baru setelah sudah muncul keberanian, yang harus diingat adalah bukan Cuma berani saja asal tubruk ada beberapa kiat yang bisa saya share untuk memulai sebagai wirausaha :

Yang pertama : Punya  Nyali bagus, tapi Jangan Dodol
Banyak orang ketika mendengar motivasi dari banyak motivator di buku-buku dan tv langsung dengan serta merta mengartikan kata-kata harus punya nyali dengan langsung nyruduk aja tanpa perhitunga. Ngitung itu perlu sob, tapi yang dihitung disini adalah menghitung resiko terbesar yang sanggup kita tanggung. Kalau kepepet ga ada opsi sih bisa aja pakai asumsi resiko yang unlimited, lha kalau pembawaan pribadinya panikan gimana, jangan-jangan malah jadi stress dan trauma karena kaget dengan kegagalan yang didapat. Karena prinsip pertama dari pebisnis adalah harus siap gagal.

Yang Kedua : Jangan Dipikirin tapi Dijalanin
Wah kata-kata ini terinspirasi dari Mongol si Sipir Penjara Bintang Tamu di Stand Up Comedy tadi malam. Memang dalam berbisnis kalau banyak mikir ujung-ujungnya  ga ada yang jadi, makanya banyak teman saya yang sekarang sukses dengan bisnisnya dulunya pas kuliah kalau ga DO, kuliahnya biasa-biasa aja, Kondisi setelah keluar kampus yang menawarkan opsi minim inilah yang membuat mereka bekerja tanpa banyak ngitung, pokoknya kerja terus aja lah, lagian kalau gua ga kerja ga bisa makan, emang siapa gua? Hehe.

Tapi jangan salah,  pemikiran inilah yang menjadikan mereka sebagi pengusaha-pengusaha sukses di Bandung dengan mental kerja yang solid dan tak mengenal lelah. Mereka menjalani apapun yang sedang dihadapi dengan usaha terbaik bukannya menghabiskan waktu dengan Cuma berfikir, “ waduh kalau kerja gini dapet Cuma segini  kayaknya rugi, mendingan kalau gini gua santai aja, si bos bla bl a blab la bla DUARR..malah ga jadi-jadi J

Yang Ketiga Selalu Bersyukur dan Belajar
Ketika memulai bisnis kegagalan itu adalah sesuatu yang melekat dan bergerak dengan komposisi yang linier dengan opportunity yang ada *waduh bahasanya berat amat ya, Hehehe tapi bener kok ga bohong gagal itu adalah teman hidup para pengusaha, tapi jangan jadi trauma karena setiap proses dari sebuah bisnis aalah pembelajaran untuk bisa meningkatkan kualitas dari wawasan dan pola berfikir kita. Jika kita dari awal Cuma skeptis dan negatif udah lah pasti ga dapat apa-apa selain buang-buang waktu, tapi kalau kita positif kita pasti akan lebib bersemangan ketika gagal. Seperti kata Syahrini “Alhamdulillah..Sesuatu J”

Yups tiga tips ini bisa menjadi bekal buat rekan-rekan yang mau atau sedang memulai usaha. Selamat berusaha !

salam.
Creative Sales Partner

sumber. Jauthorspeaks.wordpress.com

Comments

Betul banget Sukses Selalu bwt creasion brand
dwarapala.com said…
jangan banyak mikir, jalani dengan sepenuh hati dan segenap tenaga serta terus belajar..cocok creasion brand!!
Thank you, sukses juga untuk Majalah Sinode :)

Thank you atas kunjungan nya ke Blog kita ya Dwarapala :)

@saritasutedja

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online