Aug 20, 2010

Gerbong Khusus Wanita, Here Comes The Opportunities.

Beberapa waktu lalu seperti wacana yang sudah lama muncul dari PT. Kereta Api (PT KA) bahwa akan diluncurkan gerbong khusus wanita yang sementara ini baru beroperasi pada kereta KRL Jurusan Jakarta-Bogor. Banyak tanggapan beragam dari masyarakat tentu, bagi wanita tentu saja hal ini menjadi suatu inovasi yang menggembirakan, karena melalui kebijakan ini pada saat naik, wanita akan cenderung lebih merasa aman, dan terutama bagi wanita hamil atau manula.

Namun tidak sedikit juga masyarakat yang memberikan respon negatif mengenai hal ini, seperti dicantumkan melalui situs Okezone.com, Ema Kusuma Ali, warga Perumnas Depok yang menjadi penumpang setia KRL untuk menuju kantornya di kawasan Kota, Jakarta Utara menyatakan meski menyambut dengan gembira, namun Ema pesimis gerbong khusus perempuan itu akan langgeng ditempati kaum hawa. Ema sebagai salah satu konsumen PT. KA pesimis karena bisa jadi seperti beberapa kebijakan di negara kita ini, hanya berlangsung awal-awalnya saja, apabila petugas tidak tertib maka bisa saja kebijakan ini tidak berjalan (pria tetap masuk). Namun ada baiknya kita bersikap optimis bahwa kebijakan ini memberikan kenyamanan lebih bagi konsumen.

Anyway terlepas dari kebijakan tersebut, dari isu ini kita bisa mempelajari 2 hal. Yang pertama adalah mengenai inovasi itu sendiri. Banyak yang bilang, dari pakar, motivator sampai banci twitter pun posting di status mereka bahwa tidak ada yang tetap, selain perubahan itu sendiri. Saat kita ingin bisnis kita survive kita harus selalu siap untuk berubah. Terkadang memang perubahan tidak mudah, pertentangan pasti terjadi baik di dalam badan organisasi maupun dari luar.

Seperti halnya PT KA yang siap untuk diterjang tantangan berkaitan dengan adanya perubahan ini. Landasi selalu niat baik dan tujuan untuk menjadi lebih baik, menurut saya inovasi yang dilakukan PT KA ini menjadi suatu jawaban dari hal-hal negatif yang sering muncul, seperti pelecehan seksual, copet, penculikan, dll. Dan usaha ini menjadi salah satu bentuk inovasi PT KA untuk mempertahanakan konsumen wanitanya. Fokus seperti yang dilakukan oleh PT KA bisa menjadi inspirasi bagi kita, bahwa kepentingan dan kepuasan konsumen kita sendiri bisa menjadi landasan berpikir inovasi apa lagi yang perlu kita lakukan.

Dan pelajaran kedua yang bisa kita ambil tentu adalah peluang bahwa pasar wanita merupakan pasar yang sangat potensial untuk digarap. Seperti sering disampaikan pakar-pakar marketing dunia bahwa kecenderungan pergeseran dunia pemasaran ke arah feminin, dan seperti data yang dikeluarkan oleh Euro RSCG dalam mengamati dominasi wanita dalam keputusan pembelian memperlihatkan peningkatan yang signifikan, termasuk dalam keputusan pembelian barang-barang yang awalnya didominasi pria, seperti salah satunya mobil.

Melihat pergeseran sifat pasar ini, wanita semakin menjadi suatu kelompok pasar yang potensial. Terlihat bagaimana banyak brand/bisnis yang kian mengutamakan wanita, seperti jika Anda ke tempat perbelanjaan, hampir di setiap area parkir mereka terdapat tempat parkir khusus wanita. Entah apalagi inovasi yang akan ada untuk memanjakan konsumen wanita, silakan Anda mulai melihat-lihat peluang inovasi apa yang bisa Anda lakukan untuk menyenangkan konsumen Anda yang satu ini, dan hampir dapat dipastikan konsumen wanita yang senang akan menjadi loyal customers dan bahkan merekomendasikan produk Anda. Anda belum meragukan kemampuan WOM mereka kan?

No comments: