Posts

Showing posts from July, 2009

Salah kaprahnya Branding!

Image
Di kalangan pebisnis, terutama bisnis yang masih tergolong konvensional, seringkali pemahaman mengenai proses pembangunan brand masih lemah. Selain kurangnya awareness mereka terhadap pentingnya pembangunan sebuah brand, mereka seringkali juga “salah kaprah” terhadap peran brand dalam perjalanan bisnis mereka. Hal inilah yang seringkali menghambat perkembangan perusahaan konvensional untuk memenangkan market, terutama menghadapi persaingan dengan para bisnis raksasa dari luar negeri yang sudah menjadikan brand sebagai ujung tombak penjualan produk mereka.
Tengok saja kiprah Unilever dan P&G yang selalu memegang pangsa pasar dominan dari kategori produk-produk mereka, sejak awal masa kemerdekaan mereka tidak pernah lepas dari program-program pembangunan brand. Mulai dari pemasangan poster-poster, iklan radio hingga iklan TV yang kini menjadi media paling berpengaruh di Indonesia, para raksasa bisnis tersebut tidak pernah berhenti membangun brand mereka.












sumber gambar:
herik.multiply…
Bisnis = otak kiri + otak kanan


Selama ini bertemu dengan berbagai karakteristik pebisnis membuat saya belajar banyak. Satu kesimpulan besar, adalah mereka pebisnis yang sukses adalah seorang yang jenius! Dulu pada waktu masih menjadi mahasiswa dan berada di lingkungan orang-orang teknik, saya merasa bahwa orang teknik itu jenius banget yah!! Ya.. beberapa tahun setelah bergelut di bidang perekonomian dan bertemu dengan orang-orang yang mampu membangun bisnis dari nol hingga beromset besar membuat saya berubah pikiran. Saya rasa pebisnis adalah orang paling jenius dibandingkan profesi lainnya, dan kenyataannya mereka tidaklah harus bergelar S1, S2, S3 atau es teler…

Latar belakang opini saya tersebut adalah bahwa seorang pebisnis yang sukses tidak hanya mampu mengembangkan otak kiri mereka, yaitu berupa pengelolaan keuangan, jalur distribusi dan sistem stok barang, tetapi juga otak kanan mereka, berupa konsep produk atau jasa yang mereka tawarkan, kemampuan psikologi mereka dalam melaku…
Let Your Business Through It!


Masih terbayang jelas diingatan saya ketika pertama kali saya datang ke perusahaan yang memanggil saya untuk interview kerja dulu. Sampai di depan ruko saya masih merasa biasa-biasa saja, tapi ketika sampai di depan pintu masuk kantor, saya sempat terhenti, ragu. “Bener nggak ya ini kantornya?”, gumam saya dalam hati. Begitu masuk ke dalam, saya makin ragu saja “Maaan, kantor apaan nih??!”. Hahaa, bayangkan saudara-saudara…Kantor yang berada di lantai 2 tepat di atas toko Circle K, yang untuk kesan kita harus melewati gorong-gorong sempit, dengan luas ruangan hanya sekitar 10 x 5 m² dan karyawan tidak lebih dari 15 orang yang semuanya anak muda! Kalau Mama saya tahu sih pasti saya langsung disuruh pulang tanpa harus diinterview dulu segala!=D (Yah layaknya ibu-ibu pada umumnya, dia sangat menginginkan anaknya kerja di perusahaan besar dan ternama gitu deh!;p)

Lebih dari setahun waktu berlalu dari hari itu, dan lihatlah perusahaan itu seperti apa sekarang. M…
Result Oriented Management,
It’s Not a Nightmare for Us


Saya tipe orang yang sangat ‘menggilai’ berkumpul dengan teman-teman, baik itu teman kerja, teman kuliah, SMA, SMP, bahkan teman sedari TK pun masih saya jaga silaturahminya sampai sekarang. Menjadi lebih menyenangkan lagi karena topic obrolan kita setiap kali berkumpul tidak lagi hanya seputaran cinta, keluarga, ataupun pertemanan, tapi ditambah dengan topic pekerjaan. Karena semua dari kami mayoritas telah bekerja untuk orang lain (bukan wiraswasta maksudnya), sudah dipastikan cerita-cerita mengenai situasi kerja, sifat para atasan, corporate culture, dan curhatan mengenai pekerjaan tak pernah absen menjadi bahan obrolan kami.

“ Gw suka kesel deh kalau si bos ngasih gw tugas yang susaaah banget dan dengan manisnya bilang “Terserah gimana kamu caranya, yang penting saya mau besok tugasnya sudah selesai!”…ampun deh! Suka nggak mau tau proses, maunya hasil aja!”, ini curhatan salah satu teman SMP saya yang sekarang ini sedang bekerja…