Data...Apa Pentingnya?


Sejauh mana menurut pandangan Anda pentingnya sebuah data? Bagi banyak orang, data hanyalah angin lalu yang mungkin hanya merepotkan untuk mendapatkan dan mengelolahnya. Tapi jauh di atas fungsi tersebut, data adalah modal mutlak keberhasilan strategi sebuah bisnis.

Dan hebatnya ternyata banyak sekali perusahaan yang berjalan tanpa data, baik yang bersifat “past“, “present” atau “future”. Jadi hampir bisa dikatakan perusahaan selama ini berjalan BUTA!! Ya.. setidaknya begitulah yang kami temukan dari beberapa klien yang kami tangani, baik dalam skala lokal maupun nasional. Bagi beberapa (atau banyak) perusahaan data menjadi sesuatu yang asing dan tidak menjadi prioritas (bahkan tak terpikirkan sama sekali). Ada pula yang hampir seluruh periode kerjasama, yang kami lakukan adalah meyakinkan bahwa data itu penting dan terus menerus merributkan hal ini (dan kami belum berhasil!)

Dengan data, Anda bisa menaklukan pasar apapun yang Anda masuki, Anda bisa mengalahkan siapapun pesaing Anda, setidaknya itulah yang kami yakinin, yah tentu dengan asumsi bahwa produk dan strategi Anda tepat di pasar tersebut. Sampai-sampai kalo tidak salah dahulu Unilever dan P&G harus perperang sampai dipengadilan gara-gara hal ini.

Menurut salah satu pasar pemakaran, data adalah bentukan paling sederhana dari informasi Dan dari informasi ini lah yang menjadi point penting dalam menentukan dan menjalankan strategi bisnis. Data bisa didapatkan dari mana saja, dan terkait dengan bisnis yang kita jalani, terutama adalah mengenai perusahaan itu sendiri, pesaing, pasar dan konsumen. Atau lingkup yang sering kita bahas adalah berkisar pada 4C (costumer, competitor, company dan change). 4 lingkup yang mutlak ini harus dimiliki sebuah perusahaan, selayaknya didukung dengan sistem yang kompeten dalam mengumpulkan data akurat, baik yang mengukur masa lalu, sekarang dan masa depan. Hal ini tentu saja untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan/produk telah berjalan, bagaimana kondisi perusahaan/produk dibandingkan dengan pesaing, bagaimana produk di mata konsumen dan peluang apa yang bisa digarap produk di masa yang akan datang. Seluruh informasi tersebut adalah sebuah tambang emas bagi perusahaan.

Jai sekali lagi, berkerjalah berdasarkan data karena dari sinilah semua inpormasi akan muncul yang kemudian menjadi fakta-fakta bisnis yang bisa anda manfaatkan untuk mengatur langkah strategis perusahaan ke depannya dan dari sinilah pula anda akan mempu menghadapi perubahan dan memprediksi masa depan bisnis perusahaan. Hal ini sepertinya terlihat sulit, padahal jika dilakukan sebagai rutinitas "strategis", proses pencarian dan pengolahan data ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, Anda hanya perlu tahu bagaimana cara memulainya, ketika sudah berjalan semua akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan tentunya.

Misalnya dengan skala kecil mengukur kepuasan konsumen melalui kuisioner; atau mengukur loyalitas pegawai; atau yang paling sederhana adalah merapihkan laporan keuangan anda dan mulai membuat chart dari bulan ke bulan sejauh mana penjualan anda berkembang? Atau malah menurun? Nah jika anda menjalankan ini sebagai rutinitas strategis, Anda akan menemukan bahwa hal-hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan membantu Anda menyelesaikan dan menyusun rencana berikutnya untuk terus mempertahankan atau melakukan perbaikan terhadap proses-prose tersebut di atas, dan jangan Anda kita pesaing Anda melakukan hal ini karena hal ini sangat sederhana dan kadang dilupakan. Mereka mungkin lebih sibuk melihat rating iklan dan harus beriklan di mana, membaca data-data nasional dari lembaga riset dan sibuk dengan urusan-urusan yang "besar-besar" he....he, yah tentu ini juga sangat perlu sekali tapi mengapa tidak memulai dari urusan yang sederha tapi impacfull?

kemudian dari sana diharapkan langkah-langkah kecil tersebut bisa menjadi jalan untuk sistem informasi yang lebih luas dan bermanfaat bagi perkembangan bisnis anda. Maka dari sekarang... jangan lengah terhadap informasi, karena informasi adalah kuncinya...

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online