Nov 22, 2017

2. Q&A (SOP + Fast Growing + Consultant)

Tadi pagi asik ngobrol dengan temen di group Whatsapp ada pertanyaan yang menarik yang dikemukakan oleh beliau yang saya rasa cukup ok untuk dibahas dan mungkin bisa bermanfaat bagi setiap pebisnis.

"Mas, ini kita udah cukup banyak cabang, cuman sejujurnya kita bingung bagaimana yah biar lebih terstandart, bisa berkembang lebih professional dan tumbuh cepat?"

Ok basically pertanyaan diatas ada 3 hal yang ditanyakan dan semua pertanyaan yang berat untuk dijawab karena sejujurnya saya juga terus improvement persoalan-persoalan di atas, tapi its ok mungkin saya bisa sharing base on pengalaman apa yang sedang kita jalankan dan sudah pernah kita jalankan.

1. Standarisasi
Point paling utama dalam melakukan standarisasi adalah DOKUMENTASI - TRAINING - IMPLEMENTASI - KONTROL - EVALUASI - IMPROVEMENT circle. Hal apapun ikut semua circle ini jika kita ingin membangun standarisasi yang kuat bagi bisnis kita. Contoh klo kita punya bisnis kuliner, tata cara masuk, tata cara layanan, tata cara kebersihan dan semua hal yang terkait bisnis kita tidak ada DOKUMENTASI bagaimana bisa terstandart?


Dokumentasi banyak cara yang bisa dilakukan, paling lazin biasa Tertulis, bisa juga dengan Video atau mungkin biar kekinian pake Animasi dan Aps, kembali lagi pointnya adalah apa yang ada dilapangan di dokumentasikan sehingga bisa muda di aplikasikan oleh siapapun dan di mananpun ke depannya.

Setelah dokumentasi lengkap, hal juga paling penting adalah Training secara berkala karena biar bagaimanapun sejauh yang menjalankan SOP adalah manusia makan sampai kapanpun tetap harus dilakukan training secara berkala. Dari training kemudian akan dilakukan implementasi, nah ini tahap paling menentukan sebetulnya jadi harus ada fungsi kontrol yang ketat serta di evaluasi pelaksanaannya dan juga dari sana kita selalu melakukan improvement untuk perbaikan dan inovasi.

2. Bisa Berkembang Professional
Nah klo ini artinya kamu sebagai pemilik bisnis berkomitmen menjalankan perusahaan sesuai dengan asa professional, punya organisasi, legal, punya SOP dan dijalankan secara taratur dan terencana serta menghilang mental "Owner, saudara owner atau apapun yang masih owner centric". Nah bagian ini basically mudah dibicarakan tapi cukup sulit dijalankan karena biasanya banyak yang terkendala dengan masalah teknis dan knowledge, saran saya untuk percepatan sebaiknya kita memiliki mentor atau merekrut orang yang memang punya pengalaman di bidang ini.

3. Tumbuh Cepat
Ada 3 hal yang penting untuk bisa tumbuh cepat, 1. Visi 2. Organisasi 3. Uang tanpa ketiga hal tersebut akan cukup sulit untuk bisa tumbuh dengan cepat. Visi terkait dengan keinginan semua share holder tentang masa depan akan seperti apa, apa yang ingin dituju, mengapa hal tersebut ingin dituju. Organisasi adalah pondasi dan komitmen untuk mencapai visi tersebut sesuai dengan rencana yang dibuat dan terakhir uang adalah daya leverage untuk mendukung organisasi bergerak untuk bisa tumbuh cepat.

"Oh iya mas, kita sebagai pebisnis apa butuh yah konsultan untuk membimbing kita agar bisa lebih cepat berkembang?

Sederhana ajah, klo kita tidak cukup ilmunya sebagai owner maka konsultan dibutuhkan untuk memberikan pandangan-pandangan tentang bagaimana suatu proses bisnis sebaiknya berjalan serta menyusun berbagai planning dan strategi maka kita butuh konsultan. Contoh kita mau kembangin franchise tapi ga ngerti nah mending pake konsultan biar tidak meraba-raba atau kita mau membangun sistem keuangan yang baik tapi ga ngerti yah sebaiknya gunakan konsultan, bisa sih coba-coba cuman menurut saya resiko dan waktu kurang sepadan pada akhirnya.

"Cara pilihnya bagaimana?" nah ini yang paling penting ketika memutuskan menggunakan konsultan, pelajari track record nya, searching di online, klo ada website dan mungkin klien2nya kalo perlu datangin klien2nya untuk bertanya bagaimana pendapat mereka mengenai konsultan ini, klo dia ada workshop or training coba datangin dan bayar untuk ikut workshop.

Memilih konsultan itu SUSAH apalagi kita tidak banyak kenal dengan orang-orang yang memang ada didunia konsultan, jadi saran saya juga banyak-banyak tanya dengan temen2 di dunia yang sama apakah mereka menggunakan konsultan, siapa konsultannya dan bagaimana layanan dan result setelah menggunakan konsultan tersebut. Mahal tidak berarti paling bagus, Murah tidak berarti paling jelek, relatif sekal soal ini jadi pastikan jangan sampai salah pilih.

Semoga beberapa pertanyaan di atas bisa sedikit memberi inspirasi untuk bisnis kita.

Artikel yg juga sering di baca

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!
5 Cara Naikin Profit tanpa Naikin Penjualan
The Power of IG Recommendation
Kisah Sukses Penjualan dgn Lubang Odol "Lebih Besar"

Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

3 comments:

Deschaira said...

Berguna sekali kang rex..
Haturnuhun smoga berkah

ares fadella mochamad said...

Hatur nuhun kang 👍

Anonymous said...

mau gabung grup wa nmernya brp?